IMPLEMENTASI PROGRAM MERDEKA BELAJAR KAMPUS MERDEKA (MBKM) MAHASISWA PROGRAM STUDI PENJASKESREK FKIP USK | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

IMPLEMENTASI PROGRAM MERDEKA BELAJAR KAMPUS MERDEKA (MBKM) MAHASISWA PROGRAM STUDI PENJASKESREK FKIP USK


Pengarang

TEKAD SAPUTRA - Personal Name;

Dosen Pembimbing

Nyak Amir - 197411251999031002 - Dosen Pembimbing I
Razali - 196510021992031001 - Dosen Pembimbing II
Yeni Marlina - 198206262006042002 - Penguji
Sukardi Putra - 196404101992031001 - Penguji



Nomor Pokok Mahasiswa

1906104020058

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi (S1) / PDDIKTI : 85201

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Fakultas KIP Jasmani Kesehatan dan Rekreasi., 2024

Bahasa

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK

Tekad Saputra, (2019). Implementasi Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Mahasiswa Program Studi Penjaskesrek FKIPUSK
Program Merdeka Belajar kampus Merdeka (MBKM) Unggul merupakan bagian dari kebijakan merdeka belajaroleh kementerian pendidikan, kebudayaan, riset dan teknologi republik indonesia mengkonversi 21 SKS atau setara dengan 10 mata kuliah dibebaskan oleh pihak kampus yang bertujuan untuk mengasah kemampuan sesuai bakat dan minat dengantujuan langsung kedunia kerja sebagai persiapan karier masa depan. Berhubungan dengan hal tersebut, maksud dari penelitian ini ialah untuk mengetahuipelaksanaan kegiatan program MBKM di Sekolah-sekolah Penempatan mahasiswa MBKM Seperti SD Negeri Neuheun, SD Negeri 1 Lampaseh dan SMP 2 Masjid Raya, Kabupaten Aceh Besar.Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Informan dalam dalam penelitian ini terdiri dari Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), Guru Pamong dan Mahasiswa yang terlibat dalam program MBKM.Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan teknik deskriptif kualitatif yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan.Berdasarkan hasil analisis data di lapangan bahwa: (1) Sebanyak 10 Mata Kuliah atau setara dengan 21 SKS yang terlaksankan disekolah penempatan hanya 5 mata kuliah, sedangkan lima mata kuliah lagi yang terkonversi di jalankan diprodi masing-masing sesuai dengan arahan dosen pengampuh mata kuliah tersebut. (2)Program mata kuliah Pengenalan Lapangan Persekolahan PLP II, mata kuliah micro teaching, mata kuliah Kuliah Kerja Nyata (KKN), mata kuliah pengembangan model bermain dan mata kuliah olahraga rekreasi/sport culture sudah dijalankan dengan baik dan benar sesuai buku pedoman MBKM oleh mahasiswa yang mengikuti program MBKM disekolah penempatan tersebut. (3)Sedangkan mata kuliah kepemimpinan dan kebijakan olahraga, mata kuliah sport religion, mata kuliah pendidikan kepramukaan, mata kuliah sport masagge dan mata kuliah pembinaan kondisi fisik maka dari lima mata kuliah tersebut tidak dijalankan disekolah penempatan akan tetapi dilaksanakan di prodi masing-masing sesuai dengan dosen pengampuh mata kuliah tersebut mau atau tidaknya dikonersikan. Pelaksanaan praktik program MBKM dari hasil responden sangat mendukung dengan adanya program MBKM dengan adanya program ini minat belajar siswa/i lebih meningkat karena banyaknya menemukan hal-hal yang baru dari Mahasiswa program MBKM, mahasiswa program MBKM juga sudah menjalankan 50% mata kuliah yang dikonversikan oleh pihak kampus. Sedangkan kendala berupa jarak penempatan dari tempat tinggal atau kost mahasiswa/i yang mengikuti program pelaksanaan MBKM sangat jauh terkadang mereka sering terlambat karena faktor jarak yang terlalu jauh.
Kata Kunci: Implementasi, Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM)

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK