Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
SKRIPSI
PENINGKATAN KEMAMPUAN SPASIAL SISWA MELALUI PEMBELAJARAN DENGAN KONTEKS BENTENG INDRAPATRA BERBANTUAN AUGMENTED REALITY
Pengarang
Salsabila Nasiha - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Mailizar - 198105252006041002 - Dosen Pembimbing I
Cut Khairunnisak - 198411272015042003 - Dosen Pembimbing II
Nomor Pokok Mahasiswa
2006103020085
Fakultas & Prodi
Fakultas KIP / Pendidikan Matematika (S1) / PDDIKTI : 84202
Subject
Kata Kunci
Penerbit
Banda Aceh : Fakultas KIP Pendidikan Matematika., 2024
Bahasa
No Classification
-
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
Salsabila Nasiha. (2024). Peningkatan Kemampuan Spasial Siswa melalui Pembelajaran dengan Konteks Benteng Indrapatra Berbantuan Augmented Reality. [Skripsi. Universitas Syiah Kuala]. Dibawah bimbingan Prof. Dr. Mailizar, M.Pd. dan Cut Khairunnisak, S.Pd., M.Sc..
Kemampuan spasial penting dipelajari dalam berbagai bidang keilmuan, salah satunya dalam bidang pendidikan. Kemampuan spasial merupakan kemampuan yang penting untuk membantu siswa memahami konsep abstrak yang sulit dalam berbagai pelajaran. Namun, kenyataannya tidak semua siswa memiliki kemampuan spasial yang baik. Hal ini disebabkan oleh kurangnya kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal yang mengharuskan mereka menghubungkan ide ide imajinatif untuk mengasah kemampuan spasial siswa. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, dapat dilakukan dengan membuat proses pembelajaran lebih bermakna bagi siswa melalui implementasi konteks nyata dalam pembelajaran spasial, seperti menggunakan konteks Benteng Indrapatra. Siswa dapat mengamati bentuk benda-benda dan bangunan dengan memanfaatkan media yang memvisualisasikan dunia nyata yaitu Augmented Reality. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan spasial siswa melalui pembelajaran dengan konteks Benteng Indrapatra berbantuan Augmented Reality. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan rancangan penelitian pre experimental design menggunakan one group pretest posttest. Populasi penelitian ini adalah siswa siswi kelas VIII SMP Negeri 18 Banda Aceh dengan sampel sebanyak 27 siswa yang ditentukan melalui teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan nilai pretest dan posttest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan spasial siswa setelah diterapkan pembelajaran dengan konteks Benteng Indrapatra berbantuan Augmented Reality dengan Z hitung lebih besar dari Z tabel, yaitu 4,541 lebih besar dari 1,645 dan diperoleh nilai keseluruhan n gain siswa ialah 0,7 yang berada pada kategori tinggi. Oleh karena itu, pembelajaran dengan konteks Benteng Indrapatra berbantuan Augmented Reality dapat meningkatkan kemampuan spasial siswa.
Salsabila Nasiha. (2024). Increasing Students Spatial Abilities through Learning in the Indrapatra Fort Context Assisted by Augmented Reality. [Thesis. Syiah Kuala University]. Under the guidance of Prof. Dr. Mailizar, M.Pd. and Cut Khairunnisak, S.Pd., M.Sc.. Spatial abilities are important to be studied in various scientific fields, one of which is in the field of education. Spatial skills are important to help students understand difficult abstract concepts in various lessons. However, the reality is that not all students have good spatial abilities. This is due to the lack of students ability to solve problems which requires them to connect imaginative ideas to hone students spatial skills. To overcome these problems, it can be done by making the learning process more meaningful for students through the implementation of real context in spatial learning, such as using the context of Fort Indrapatra. Students can observe the shape of objects and buildings by utilizing media that visualize the real world, namely Augmented Reality. This study aims to determine the improvement of students spatial ability through learning in the context of assisted Fort Indrapatra Augmented Reality. The approach used in this study is a quantitative approach with a pre experimental design using one group pretest posttest. The population of this study is grade VIII students of SMP Negeri 18 Banda Aceh with a sample of 27 students determined through a simple random sampling technique. The data collection technique uses pretest and posttest scores. The results of the study showed that there was an increase in students spatial abilities after learning in the context of Fort Indrapatra assisted by Augmented Reality with Z hitung more than Z tabel, which was 4,541 more than 1,645 and the overall n gain score of students was 0,7 which in the high category. Therefore, learning in the context of Fort Indrapatra assisted by Augmented Reality can improve students spatial abilities.
KEMAMPUAN SISWA MERANCANG MINIATUR BENTENG INDRAPATRA BERBANTUAN AUGMENTED REALITYRNDI SMP NEGERI 18 BANDA ACEH (AFIFAH RAHMAH, 2024)
SELF-CONFIDENCE SISWA MELALUI PROJEK PUISI DENGAN KONTEKS STUNTING BERBANTUAN AUGMENTED REALITY PADA MATERI STATISTIKA (Citra Hening Fiana, 2024)
KEMAMPUAN SISWA MENYELESAIKAN PERMASALAHAN MELALUI PROJEK KOMIK DENGAN KONTEKS STUNTING BERBANTUAN AUGMENTED REALITY PADA MATERI STATISTIKA (Arief Fahnawi, 2024)
KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA MELALUI PROJEK MADING DENGAN KONTEKS STUNTING BERBANTUAN AUGMENTED REALITY PADA MATERI STATISTIKA (Maulita Syafira, 2024)
ANTUSIASME SISWA TERHADAP VIDEO DENGAN KONTEKS STUNTING BERBANTUAN AUGMENTED REALITY PADA MATERI STATISTIKA (Rifo Faldano, 2024)