PERAN GURU PPKN DALAM MENINGKATKAN SIKAP KEPEDULIAN RNSOSIAL PADA SISWA DI SMP NEGERI 1 TANGAN-TANGAN RNKABUPATEN ACEH BARAT DAYA | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

PERAN GURU PPKN DALAM MENINGKATKAN SIKAP KEPEDULIAN RNSOSIAL PADA SISWA DI SMP NEGERI 1 TANGAN-TANGAN RNKABUPATEN ACEH BARAT DAYA


Pengarang

Cut Rifa Fazila - Personal Name;

Dosen Pembimbing

Hasbi Ali - 197011222005011002 - Dosen Pembimbing I



Nomor Pokok Mahasiswa

2006101010009

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (S1) / PDDIKTI : 87205

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Fakultas KIP Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan., 2024

Bahasa

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Cut Rifa Fazila (2024). Peran Guru PPKn Dalam Meningkatkan Sikap Kepedulian Sosial Pada Siswa Di SMP N 1 Tangan-Tangan Kabupaten Aceh Barat Daya. Skripsi Universitas Syiah Kuala. Dibawah bimbingan Hasbi Ali, S. Pd., M. Si dan Erna Hayati, S.H., M. Hum

Peran Guru PPKn Dalam Meningkatkan Sikap Kepedulian Sosial pada siswa sangat berperan penting dalam membimbing, siswa memahami nilai-nilai Pancasila dan dalam meningkatkan sikap kepedulian sosial pada siswa agar siswa bisa menjadi lebih baik, saling menghargai, saling membantu atar sesama dan bertanggung jawab. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Strategi peran guru PPKn dalam meningkatkan sikap kepedulian sosial pada siswa di SMP Negeri 1 Tangan-Tangan Kabupaten Aceh Barat Daya. (2) Faktor Pendukung dan penghambat peran guru PPKn Meningkatkan Kepedulian sosial pada siswa di SMP Negeri 1 Tangan-Tangan Kabupaten Aceh Barat Daya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa SMP Negeri 1 Tangan-Tangan, yang terdiri dari 8 informan, guru PPKn 2 informan dan Siswa 6 informan. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara. Proses analisis data terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikkan kesimpulan. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa : (1) Strategi peran guru PPKn dalam meningkatkan sikap kepedulian sosial meliputi guru menggunakan berbagai strategi pemberian pemahaman, motivasi, nasihat, teguran, dan keteladanan, serta melibatkan siswa dalam kegiatan rutin seperti kerja bakti, dan melakukan penggalangan dana. (2) Faktor pendukung peran guru PPKn dalam meningkatkan sikap kepedulian sosial pada siswa yaitu seperti dukungan sekolah dan antusiasme siswa. Faktor Penghambat peran guru PPKn dalam meningkatkan sikap kepedulian sosial pada siswa adalah tidak adanya program yang terperinci dan memiliki program tahunan yang terencana dengan baik, kemudian tidak adanya Role Model dari beberapa guru lain selain guru PPKn. Saran penelitian ini yaitu : diharapkan untuk peneliti selanjutnya dapat melibatkan informan lebih banyak lagi dan menggunakan metode yang lebih efektif untuk mendapatkan hasil yang lebih akurat.

Kata kunci: Peran Guru PPKn, Kepedulian Sosial

Cut Rifa Fazila (2024). The Role of PPKn Teachers in Increasing Social Care Attitudes in Students at SMP N 1 Tangan-Tangan, Southwest Aceh Regency. Syiah Kuala University Thesis. Under the guidance of Hasbi Ali, S. Pd., M. Si and Erna Hayati, S.H., M. Hum The role of PPKn teachers in improving social care attitudes in students plays a very important role in guiding students to understand the values of Pancasila and in improving students' social care attitudes so that students can become better, respect each other, help each other and be responsible. This research aims to determine: (1) The role strategy of PPKn teachers in improving social care attitudes among students at SMP Negeri 1 Tangan-Tangan, Southwest Aceh Regency. (2) Supporting and inhibiting factors in the role of PPKn teachers in increasing social awareness among students at SMP Negeri 1 Tangan-Tangan, Southwest Aceh Regency. This research uses a qualitative approach and descriptive research type. The subjects in this research were teachers and students of SMP Negeri 1 Tangan-Tangan, consisting of 8 informants, PPKn teachers 2 informants and students 6 informants. Data collection in this research used interviews. The data analysis process consists of data reduction, data presentation and drawing conclusions. The results of this research conclude that: (1) The role strategies of Civic Education teachers in improving social care attitudes include teachers using various strategies for providing understanding, motivation, advice, warnings and modeling, as well as involving students in routine activities such as community service and fundraising . (2) Supporting factors for the role of PPKn teachers in improving students' social awareness attitudes include school support and student enthusiasm. Factors inhibiting the role of PPKn teachers in improving students' social awareness attitudes are the absence of detailed programs and well-planned annual programs, then the absence of role models from several teachers other than PPKn teachers. The suggestions for this research are: it is hoped that future researchers can involve more informants and use more effective methods to get more accurate results. Keywords: Role of Civics Teachers, Social Concern

Citation



    SERVICES DESK