Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
SKRIPSI
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING TOGETHER BERBANTUAN MEDIA BARCODE UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI 14 BANDA ACEH
Pengarang
JUMADI - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Husaini - 196108081988111001 - Dosen Pembimbing I
Abdul Azis - 199107042021021101 - Dosen Pembimbing II
Zulfan - 198606022015041003 - Penguji
Nomor Pokok Mahasiswa
1706101020015
Fakultas & Prodi
Fakultas KIP / Pendidikan Sejarah (S1) / PDDIKTI : 87201
Subject
Kata Kunci
Penerbit
Banda Aceh : Fakultas KIP Pendidikan Sejarah., 2024
Bahasa
No Classification
-
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
Penelitian ini berjudul “Penerapan Model Pembelajaran Learning Together Berbantuan Media Barcode Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Di SMA Negeri 14 Banda Aceh”. Tujuan penelitian yaitu mendeskripsikan proses penerapan model pembelajaran learning together berbantuan media barcode pada mata pelajaran sejarah kelas XI SMA Negeri 14 Banda Aceh , Respon guru & siswa dan pada saat pembelajaran sejarah dengan model learning together berbantuan media media barcode di SMA Negeri 14 Banda Aceh Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian filsafat postpositivisme adapun yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah siswa XI SMA Negeri 14 Banda Aceh yang berjumlah 27 orang siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan angket Hasil yang didapatkan dalam penelitian dari proses penerapan model learning together berbantuan media barcode yang diamati menggunakan lembar observasi aktivitas guru ialah sebesar 86,25% dengan kategori baik sekali, Respon guru & siswa terhadap penerapan model learning together berbantuan media barcode yang diamati menggunakan angket termasuk dalam kategori sangat baik ialah sekitar 82,77% Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan model learning together berbantuan media barcode pada pembelajaran sejarah di XI SMA Negeri 14 Banda Aceh dapat dilaksanakan dengan baik.
Kata Kunci: Model Learning Together, Media barcode, Minat
This research is entitled "Application of the Learning Together Learning Model Assisted by Barcode Media to Increase Students' Interest in Learning at SMA Negeri 14 Banda Aceh". The aim of the research is to describe the process of implementing the learning together learning model assisted by barcode media in the history subject class using a qualitative approach with a post-positivist philosophy research type, the subjects in this research were 27 students of XI SMA Negeri 14 Banda Aceh. The data collection techniques used were observation and questionnaires. The results obtained in the research from the process of implementing the learning together model assisted by barcode media which were observed using the teacher activity observation sheet were 86.25% in the very good category. The response of teachers & students to the implementation of the learning together model assisted by barcode media which was observed using a questionnaire which was included in the very good category, namely around 82.77%. The conclusion of this research is that the application of the learning together model assisted by barcode media in history learning at XI SMA Negeri 14 Banda Aceh can be implemented well. Keyword: Learning Together Model, Barcode Media, Interest
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) BERBANTUAN MEDIA LUDO DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI 1 DARUSSALAM ACEH BESAR (Putri Rahmadani Desky, 2022)
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TWO STAY TWO STRAY BERBANTUAN MEDIA PAPAN BULETI UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS XI IPA SMA NEGERI 1 KUTA BARO (Hadawiyah Husni, 2023)
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONCEPT SENTENCE BERBANTUAN MEDIA KARTU DOMINO PADA MATA PELAJARAN SEJARAH DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS X MIA SMA NEGERI 3 MEULABOH (YOLANDA AGNESSIA, 2022)
PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER BERBANTUAN MEDIA ULAR TANGGA PADA PEMBELAJARAN SEJARAH SISWA KELAS XI IPS I SMA NEGERI 3 BIREUEN (FAJAR RAMADHANA, 2023)
PENERAPAN MEDIA VIDEO BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR IPS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 INGIN JAYA (Nabila Tastury, 2024)