PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN MENCAPAI HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MATERI LARUTAN PENYANGGA DI MAN 1 BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN MENCAPAI HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MATERI LARUTAN PENYANGGA DI MAN 1 BANDA ACEH


Pengarang

Dara Raudhatul Jannah - Personal Name;

Dosen Pembimbing

Sri Winarni - 197910162008122003 - Dosen Pembimbing I
M. Nasir - 196402011990031002 - Dosen Pembimbing I



Nomor Pokok Mahasiswa

1906103040081

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Kimia (S1) / PDDIKTI : 84204

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : ., 2024

Bahasa

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Dara Raudhatul Jannah. (2024). Penerapan Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Mencapai Hasil Belajar Peserta Didik Materi Larutan Penyangga di MAN I Banda Aceh. [Skripsi. Universitas Syiah Kuala]. Dibawah Bimbingan Drs. M Nasir, M.Si. dan Dr. Sri winarni, S.Pd., M.Pd.
PBL merupakan metode pembelajaran dimana peserta didik dihadapkan dengan masalah-masalah yang ada dalam kehidupan nyata, untuk kemudian digunakan sebagai pemicu dalam proses belajar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan hasil belajar dan mendeskripsikan aktivitas peserta didik dengan model pembelajaran PBL. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah sebanyak 38 orang peserta didik kelas XI IPA-5 MAN 1 Banda Aceh. Pengumpulan data diperoleh dari LKPD, observasi aktivitas peserta didik, tes tulis, dan angket tanggapan peserta didik terhadap model pembelajaran PBL. Instrumen penelitian seperti RPP, soal tes berbentuk pilihan ganda, LKPD dan lembar observasi aktivitas peserta didik dilakukan validasi sebelum digunakan. Hasil observasi aktivitas peserta didik dari pertemuan pertama sampai pertemuan keempat berturut-turut persentasenya sebesar 72,67 kategori cukup baik, 76,00 kategori baik, 82,67 kategori baik dan 89,67 kategori sangat baik. Hasil belajar peserta didik secara klasikal menggunakan model pembelajaran PBL adalah sebesar 84% dengan kategori sangat baik. Hasil belajar peserta didik dalam beberapa kelompok menggunakan LKPD menunjukkan performa yang konsisten dan beberapa kelompok lainnya masih perlu dilakukan peningkatan. Hasil belajar peserta didik secara keseluruhan menggunakan model pembelajaran PBL adalah sebesar 68,73 dengan kategori sangat baik. Hasil persentase tanggapan peserta didik yang diperoleh sebesar 3,60 dengan kategori cukup. Berdasarkan hasil penelitian, aktivitas peserta didik dalam menggunakan model pembelajaran PBL terjadi peningkatan yang ditandai dengan meningkatnya persentase perolehan nilai. Hasil belajar peserta didik tuntas secara klasikal dan tanggapan peserta didik memberikan respon yang cukup positif terhadap model pembelajaran PBL.

Kata Kunci : PBL, Aktivitas Peserta Didik, Hasil Belajar.

Dara Raudhatul Jannah. (2024). Application of Problem Based Learning to Improve Activities and Achieve Learning Outcomes of Buffer Solution Materials Students at MAN I Banda Aceh. [Thesis. Syiah Kuala University]. Under the guidance of Drs. M Nasir, M.Si. and Dr. Sri winarni, S.Pd., M.Pd. PBL is a learning method where students are faced with problems that exist in real life, to then be used as a trigger in the learning process. This study aims to analyze the improvement of learning outcomes and describe student activities with the PBL learning model. The research conducted is quantitative research with the type of research used is descriptive. The subjects in this study are as many as 38 students of class XI Science-5 MAN 1 Banda Aceh. Data collection was obtained from LKPD, observation of student activities, written tests, and questionnaires of student responses to the PBL learning model. Research instruments such as lesson plans, multiple-choice test questions, LKPD and student activity observation sheets are validated before use. The results of the observation of student activities from the first meeting to the fourth meeting in a row were 72.67 in the fairly good category, 76.00 in the good category, 82.67 in the good category and 89.67 in the very good category. The learning outcomes of students classically using the PBL learning model were 84% with the category of very good. The learning outcomes of students in several groups using LKPD showed consistent performance and several other groups still needed to be improved. The overall learning outcome of students using the PBL learning model was 68.73 with the very good category. The result of the percentage of student responses obtained was 3.60 with the category of adequate. Based on the results of the study, there was an increase in student activities in using the PBL learning model, which was marked by an increase in the percentage of score acquisition. The students' learning outcomes were classically complete and the students' responses gave a fairly positive response to the PBL learning model. Keywords: PBL, Student Activities, Learning Outcomes.

Citation



    SERVICES DESK