PEMBENTUKAN KARAKTER DIGITAL CITIZENSHIP DALAM MEWUJUDKAN GOOD CITIZENSHIP PADA PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI BUNGA BANGSA KABUPATEN NAGAN RAYA | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

PEMBENTUKAN KARAKTER DIGITAL CITIZENSHIP DALAM MEWUJUDKAN GOOD CITIZENSHIP PADA PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI BUNGA BANGSA KABUPATEN NAGAN RAYA


Pengarang

FARILAWATI - Personal Name;

Dosen Pembimbing

Sanusi - 197304141998021001 - Dosen Pembimbing I
Hasbi Ali - 197011222005011002 - Dosen Pembimbing II



Nomor Pokok Mahasiswa

2006101010024

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (S1) / PDDIKTI : 87205

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : .,

Bahasa

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK

Farila Wati (2024). Pembentukan Karakter Digital Citizenship dalam mewujudkan good citizenship pada Peserta didik di SMA Negeri Bunga Bangsa Kabupaten Nagan Raya. [Skripsi. Universitas Syiah Kuala]. Dibawah bimbingan Dr. Sanusi, S.Pd, M.Si dan Hasbi Ali, S.Pd., M.Si.

Pembentukan karakter Digital Citizenship dalam mewujudkan good citizenship pada peserta didik di SMA Negeri Bunga Bangsa Kabupaten Nagan raya tentunya dilakukan dengan banyak strategi dan cara. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui peran guru dalam Pembentukan karakter Digital Citizenship dalam mewujudkan good citizenship pada peserta didik di SMA Negeri Bunga Bangsa Kabupaten Nagan raya (2) mengetahui faktor pendorong dan penghambat dalam Pembentukan karakter Digital Citizenship dalam mewujudkan good citizenship pada peserta didik di SMA Negeri Bunga Bangsa Kabupaten Nagan raya. Penelitian ini menggunakan metode kualititatif dengan jenis penelitian deskriptif, sumber data dalam penelitian berjumlah 4 orang yang terdiri dari Guru Agama, Guru Bimbingan Konseling, Guru PPKn, dan WakaKesiswaan. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa (1) peran guru: sebagai informator, sebagai organisator, sebagai motivator, sebagai penggerak, sebagai mediator, sebagai evaluator, sebagai fasilitator, dan sebagai Inisiator. (2) Faktor pendorong seperti sinergitas guru yang sangat baik dan kompeten, adanya sinergitas dari orang tua, lembaga luar sekolah dan masyarakat. Disamping itu dalam penerapan nya juga masih memiliki faktor penghambat seperti kurang nya pengetahuan guru akan teknologi dan tingkat sarana dan prasaranan yang masih terbatas dan adanya kondisi guru yang sudah tua dan sulit mensosialisasikan Digital Citizenship di lingkup sekolah. Simpulan: (1) Peran guru di SMA Bunga Bangsa, Kabupaten Nagan Raya, telah optimal dalam mengintegrasikan Digital Citizenship melalui berbagai peran mereka. (2) Sinergi guru dan dukungan eksternal menjadi faktor pendorong utama, sedangkan keterbatasan dana, kurangnya pengawasan orangtua, dan beberapa guru yang belum memahami Digital Citizenship menjadi faktor penghambat. Saran: (1) Agar sekolah tetap mempertahankan pola pembentukan karakter Digital Citizenship pada peserta didik agar membentuk generasi yang memiliki karakter dan moral yang baik dan sesuai dengan nilai-nilai Pancasila. (2) Agar guru selalu meningkatkan kapasitas sebagai guru dan menyesuaikan dengan perkembangan teknologi. (3) Agar peneliti selanjutnya dapat mengembangkan penelitian yang ingin diteliti dan memahami tentang fokus kajian yang akan diteliti dengan memperbanyak studi literatur yang berkaitan.

Kata. Kunci : Digital Citizenshi,Good citizenship, Karakter.

ABSTRACT Farila Wati (2024). Formation of Digital Citizenship Character in realizing good citizenship for students at Bunga Bangsa State High School, Nagan Raya Regency. [Thesis. Syiah Kuala University]. Under the guidance of Dr. Sanusi, S.Pd, M.Si and Hasbi Ali, S.Pd., M.Si. The formation of Digital Citizenship character in realizing good citizenship for students at Bunga Bangsa State High School, Nagan Raya Regency is of course carried out using many strategies and methods. This research aims to (1) determine the role of teachers in the formation of Digital Citizenship character in realizing good citizenship in students at SMA Negeri Bunga Bangsa Nagan Raya Regency (2) determine the driving and inhibiting factors in the formation of Digital Citizenship character in realizing good citizenship in students at Bunga Bangsa State High School, Nagan Raya Regency. This research uses a qualitative method with a descriptive research type, the data sources in the research are 4 people consisting of a Religion Teacher, Counseling Guidance Teacher, Civics Teacher, and Deputy Head of Student Affairs. Data collection techniques use interviews. The results of this research show that (1) the role of the teacher: as informator, as organizer, as motivator, as mobilizer, as mediator, as evaluator, as facilitator, and as initiator. (2) Driving factors such as the synergy of very good and competent teachers, the synergy of parents, institutions outside the school and the community. Apart from that, its implementation still has inhibiting factors such as teachers' lack of knowledge of technology and the level of facilities and infrastructure which is still limited and the condition of teachers who are old and find it difficult to socialize Digital Citizenship in the school environment. Conclusions: (1) The role of teachers at Bunga Bangsa High School, Nagan Raya Regency, has been optimal in integrating Digital Citizenship through their various roles. (2) Teacher synergy and external support are the main driving factors, while limited funds, lack of parental supervision, and some teachers who do not understand Digital Citizenship are inhibiting factors. Suggestions: (1) So that schools continue to maintain the Digital Citizenship character formation pattern in students in order to form a generation that has good character and morals and is in accordance with the values of Pancasila. (2) So that teachers always increase their capacity as teachers and adapt to technological developments. (3) So that future researchers can develop the research they want to research and understand the focus of the study to be researched by increasing the number of related literature studies. Say. Keys: Digital Citizenship, Good Citizenship, Character

Citation



    SERVICES DESK