Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
SKRIPSI
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENTS (TGT) BERBANTUAN MEDIA KOKAMI (KOTAK KARTU MISTERI) PADA MATERI SENI TARI TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS VIII SMPN 1 BAITUSSALAM
Pengarang
Marlinda Wahyuni - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Ismawan - 196808151995121002 - Dosen Pembimbing I
Nurlaili - 197506102006042001 - Dosen Pembimbing II
Samsuri - 198902062015012101 - Penguji
Mukhsin Putra Hafid - 197607022006041001 - Penguji
Nomor Pokok Mahasiswa
2006102030053
Fakultas & Prodi
Fakultas KIP / Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik (S1) / PDDIKTI : 88209
Subject
Kata Kunci
Penerbit
Banda Aceh : Fakultas KIP Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik (S1)., 2024
Bahasa
No Classification
-
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
ABSTRAK
Marlinda Wahyuni. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games
Tournaments Berbantuan Media Kokami (Kotak Kartu Misteri) Pada Materi Seni Tari
Terhadap Minat Belajar Seni Budaya Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Baitussalam.
Dibawah bimbingan Ismawan, S.Sn., M.Sn., dan Nurlaili, S.Pd., M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh model pembelajaran Teams Games
Tournament berbantuan media Kotak Kartu Misteri terhadap minat belajar seni budaya
siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Baitussalam. Pendekatan yang digunakan dalam
penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian true experimental
design berbentuk posttest-only control design yang mana terdapat dua kelas. Adapun
sampel pada penelitian ini ialah seluruh siswa kelas VIII-2 sebagai kelas eksperimen
yang berjumlah 25 siswa dan kelas VIII-3 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 23
siswa. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa model pembelajaran
kooperatif tipe Teams Games Turnament berbantuan media Kokami berpengaruh
terhadap minat belajar seni budaya siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Baitussalam. Hal
ini dapat dilihat pada hasil observasi tingkat minat belajar siswa pada saat prapenelitian
yang hanya mendapat nilai sebesar 21% dari presentase tertinggi 56%
dengan kecenderungan tingkat minat belasar 21 < 35 -1.7 = 21 < 28 dan masuk ke
dalam kategori minat belajar sangat rendah. Berbeda halnya pada hasil analisis data
observasi sesudah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games
Turnament berbantuan media Kokami, yang mana hasil observasi mendapat nilai
sebesar 55% dari presentase tertinggi 56% dengan kecenderungan 55 ≥ 35 +1.7 = 55 ≥
42 dan masuk kedalam kategori minat sanggat tinggi. Kategori tersebut didasarkan
pada tabel kategori tingkat minat belajar sisw a. Hal ini juga terlihat dari angket respon
siswa yang menjawab "Sangat Baik" memperoleh presentase sebanyak 93,75%,
sehingga dapat diketahui bahwa hipotesis (Ha) dalam penelitian ini diterima. Artinya
ada pengaruh antara Kooperatif tipe Teams Games Tournament berbantuan media
Kotak Kartu Misteri berpengaruh positif terhadap minat belajar seni budaya.
Kata Kunci : Model Pembelajaran Teams Games Turnament Berbantuan Media
Kotak Kartu Misteri, seni tari, minat belajar.
Tidak Tersedia Deskripsi
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENTS (TGT) BERBANTUAN MEDIA KARTU BONGKAR PASANG TERHADAP MINAT BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS XI IPS SMA N 5 BANDA ACEH (NURFAHZIRA, 2023)
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DENGAN BERBANTUAN MEDIA KOTAK MISTERI PADA MATERI SISTEM EKSKRESI MANUSIA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 BAITUSSALAM KABUPATEN ACEH BESAR (JULIA MESNA, 2023)
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) BERBANTUAN MEDIA LUDO DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI 1 DARUSSALAM ACEH BESAR (Putri Rahmadani Desky, 2022)
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENTS BERBANTUAN MEDIA SPINNING WHEELL TERHADAP MINAT BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 PEUKAN PIDIE (Muhammad Noval, 2023)
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE RECIPROCAL TEACHING BERBANTUAN MEDIA KOTAK KARTU MISTERI (KOKAMI) DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X IPS 2 MAN ACEH SINGKIL (Aidil Fitriadi, 2022)