PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENTS (TGT) BERBANTUAN MEDIA KOKAMI (KOTAK KARTU MISTERI) PADA MATERI SENI TARI TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS VIII SMPN 1 BAITUSSALAM | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENTS (TGT) BERBANTUAN MEDIA KOKAMI (KOTAK KARTU MISTERI) PADA MATERI SENI TARI TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS VIII SMPN 1 BAITUSSALAM


Pengarang

Marlinda Wahyuni - Personal Name;

Dosen Pembimbing

Ismawan - 196808151995121002 - Dosen Pembimbing I
Nurlaili - 197506102006042001 - Dosen Pembimbing II
Samsuri - 198902062015012101 - Penguji
Mukhsin Putra Hafid - 197607022006041001 - Penguji



Nomor Pokok Mahasiswa

2006102030053

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik (S1) / PDDIKTI : 88209

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Fakultas KIP Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik (S1)., 2024

Bahasa

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)



ABSTRAK

Marlinda Wahyuni. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games
Tournaments Berbantuan Media Kokami (Kotak Kartu Misteri) Pada Materi Seni Tari
Terhadap Minat Belajar Seni Budaya Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Baitussalam.
Dibawah bimbingan Ismawan, S.Sn., M.Sn., dan Nurlaili, S.Pd., M.Pd.

Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh model pembelajaran Teams Games
Tournament berbantuan media Kotak Kartu Misteri terhadap minat belajar seni budaya
siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Baitussalam. Pendekatan yang digunakan dalam
penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian true experimental
design berbentuk posttest-only control design yang mana terdapat dua kelas. Adapun
sampel pada penelitian ini ialah seluruh siswa kelas VIII-2 sebagai kelas eksperimen
yang berjumlah 25 siswa dan kelas VIII-3 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 23
siswa. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa model pembelajaran
kooperatif tipe Teams Games Turnament berbantuan media Kokami berpengaruh
terhadap minat belajar seni budaya siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Baitussalam. Hal
ini dapat dilihat pada hasil observasi tingkat minat belajar siswa pada saat prapenelitian

yang hanya mendapat nilai sebesar 21% dari presentase tertinggi 56%
dengan kecenderungan tingkat minat belasar 21 < 35 -1.7 = 21 < 28 dan masuk ke
dalam kategori minat belajar sangat rendah. Berbeda halnya pada hasil analisis data
observasi sesudah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games
Turnament berbantuan media Kokami, yang mana hasil observasi mendapat nilai
sebesar 55% dari presentase tertinggi 56% dengan kecenderungan 55 ≥ 35 +1.7 = 55 ≥
42 dan masuk kedalam kategori minat sanggat tinggi. Kategori tersebut didasarkan
pada tabel kategori tingkat minat belajar sisw a. Hal ini juga terlihat dari angket respon
siswa yang menjawab "Sangat Baik" memperoleh presentase sebanyak 93,75%,
sehingga dapat diketahui bahwa hipotesis (Ha) dalam penelitian ini diterima. Artinya
ada pengaruh antara Kooperatif tipe Teams Games Tournament berbantuan media
Kotak Kartu Misteri berpengaruh positif terhadap minat belajar seni budaya.

Kata Kunci : Model Pembelajaran Teams Games Turnament Berbantuan Media
Kotak Kartu Misteri, seni tari, minat belajar.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK