Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
SKRIPSI
PENGEMBANGAN E-LKPD INTERAKTIF BERBASIS INKUIRI TERBIMBING MENGGUNAKAN LIVEWORKSHEETS PADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA
Pengarang
Lisa Dara Rahmayanti - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Sri Winarni - 197910162008122003 - Dosen Pembimbing I
Nomor Pokok Mahasiswa
2006103040022
Fakultas & Prodi
Fakultas KIP / Pendidikan Kimia (S1) / PDDIKTI : 84204
Subject
Kata Kunci
Penerbit
Banda Aceh : ., 2024
Bahasa
No Classification
-
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
Lisa Dara Rahmayanti. (2024). Pengembangan E-LKPD Interaktif Berbasis Inkuiri Terbimbing Menggunakan Liveworksheets pada Materi Kesetimbangan Kimia. [Skripsi. Universitas Syiah Kuala]. Dibawah bimbingan Dr. Sri Winarni, S.Pd., M.Pd., dan Drs. Zulfadli, M.Si.
Kurangnya penggunaan bahan ajar yang tepat dan tidak sesuai dengan kebutuhan menyebabkan kurangnya pemahaman peserta didik terhadap materi pelajaran serta minimnya pemanfaatan teknologi membuat pembelajaran menjadi monoton dan tidak variatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan E-LKPD berbasis inkuiri terbimbing menggunakan Liveworksheets pada materi kesetimbangan kimia untuk mengetahui kelayakan serta tanggapan dari guru dan peserta didik terhadap pengembangan E-LKPD. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4-D. Model 4D terdiri dari empat tahapan, yaitu define, design, develop, dan disseminate namun peneliti hanya melakukan sampai tahap develop. E-LKPD yang dikembangkan melibatkan enam kegiatan pembelajaran sesuai dengan sintaks model inkuiri terbimbing, dengan dukungan dari website Liveworksheets. Penelitian ini dilakukan di SMAN 1 Seulimeum pada kelas XI IPA 1. Instrumen pengumpulan data berupa lembar angket kebutuhan peserta didik, lembar validasi yang diberikan kepada dua validator dan angket tanggapan pengguna yang diberikan kepada 3 guru dan 20 orang peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pengembangan E-LKPD dinyatakan bagus dengan nilai CVI 1,00 dan nilai IRA yang diperoleh untuk E-LKPD sebesar 0,76 dengan kategori tinggi. Skor hasil tanggapan guru memperoleh persentase rata-rata sebesar 94,11% termasuk kategori sangat baik dan mendapatkan tanggapan yang sangat positif dari peserta didik dengan persentase rata-rata 88,88% (sangat baik) . Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa E-LKPD berbasis inkuiri terbimbing menggunakan Liveworksheets yang dihasilkan dinyatakan valid dan dapat digunakan dalam pembelajaran pada materi kesetimbangan kimia.
Kata kunci: Pengembangan, E-LKPD, Inkuiri Terbimbing, Liveworksheets, Kesetimbangan Kimia.
Lisa Dara Rahmayanti. (2024). Development of E-LKPD Based on Guided Inquiry Using Liveworksheets on Chemical Equilibrium Material. [Skripsi. Universitas Syiah Kuala]. Under direction of Dr. Sri Winarni, S.Pd., M.Pd., and Drs. Zulfadli, M.Si. The lack of use of appropriate teaching materials and not in accordance with the needs causes a lack of understanding of students of the subject matter and the lack of utilization of technology makes learning monotonous and not varied. This study aims to develop E-LKPD based on guided inquiry using Liveworksheets on chemical equilibrium material to determine the feasibility and responses from teachers and students to the development of E-LKPD. The research method used is Research and Development (R&D) with the 4-D development model. The 4D model consists of four stages, namely define, design, develop, and disseminate, but researchers only do up to the develop stage. The E-LKPD developed involved six learning activities in accordance with the syntax of the guided inquiry model, with support from the Liveworksheets website. This research was conducted at SMAN 1 Seulimeum in class XI IPA 1. The data collection instruments were in the form of a questionnaire sheet of students' needs, a validation sheet given to two validators and a user response questionnaire given to 3 teachers and 20 students. The results showed that the quality of E-LKPD development was declared good with a CVI value of 1.00 and the IRA value obtained for E-LKPD was 0.76 with a high category. The score of the teacher's response obtained an average percentage of 94.11% including the very good category and received a very positive response from students with an average percentage of 88.88% (very good). Based on the results of data analysis, it can be concluded that the E-LKPD based on guided inquiry using Liveworksheets produced is valid and can be used in learning on chemical equilibrium material. Keywords: Development, E-LKPD, Guided Inquiry, Liveworksheets, Chemical Equilibrium.
PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS SISWA DAN HASIL BELAJAR PADA MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN KELAS XI SMA NEGERI 8 BANDA ACEH (Maria Ulfa, 2015)
PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI MENULIS TEKS HASIL OBSERVASI DI SMP NEGERI 13 BANDA ACEH (DJAMAEL, 2022)
PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS INKUIRI TERBIMBING DALAM PEMBELAJARAN FISIKA UNTUK MATERI GERAK LURUS DI SMP NEGERI 3 LHOKNGA (PUTRI ZUHRA, 2018)
PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI ASAM BASA DI KELAS XI IA MAN KUTA BARO (MARZALENA, 2015)
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS MICROSOFT POWERPOINT PADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA UNTUK MAHASISWA PENDIDIKAN KIMIA FKIP UNIVERSITAS SYIAH KUALA (MUHAMMAD RAJA ILHAM, 2022)