IMPLEMENTASI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PRAMUKA DALAM PEMBINAAN PROFIL PELAJAR PANCASILA SISWA SD NEGERI 1 MATA IE | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

IMPLEMENTASI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PRAMUKA DALAM PEMBINAAN PROFIL PELAJAR PANCASILA SISWA SD NEGERI 1 MATA IE


Pengarang

Nazlina Aura Maharani - Personal Name;

Dosen Pembimbing

Ahadin - 196009181986031004 - Dosen Pembimbing I
Linda Vitoria - 198105062010122001 - Dosen Pembimbing II



Nomor Pokok Mahasiswa

2006104040063

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) / PDDIKTI : 86206

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : ., 2024

Bahasa

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Pembentukan karakter siswa yang terkandung didalam tujuan Pendidikan nasional dapat dilakukan salah satunya melalui kegiatan ekstrakurikuler. Ekstrakurikuler wajib yang harus diselenggarakan oleh satuan pendidikan dan wajib diikuti siswa salah satunya adalah pramuka. Dalam kegiatan ekstrakurikuler pramuka terdapat cara untuk membangun profil pelajar Pancasila pada siswa sekolah dasar, khususnya pada dimensi berkebhinekaan global dan bernalar kritis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi kegiatan ekstrakurikuler pramuka dalam pembinaan profil pelajar pancasila siswa SD Negeri 1 Mata Ie. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, pembina atau pelatih pramuka dan siswa kelas IV, V, dan VI sebanyak 85 orang yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler pramuka. Untuk memperoleh data, peneliti menggunakan Teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan tahap reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan serta menggunakan bentuk persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam implementasi kegiatan ekstrakurikuler pramuka pembina pramuka membiasakan siswa dengan hal-hal yang dapat membangun sikap berkebhinekaan global dan bernalar kritis pada siswa. Pembina pramuka juga memberikan materi tentang bagaimana sikap seorang pelajar Pancasila khususnya pada dimensi berkebhinekaan global dan bernalar kritis. Dapat disimpulkan bahwa kegiatan ekstrakurikuler pramuka dapat membangun sikap berkebhunekaan global dan bernalar kritis pada siswa SD Negeri 1 Mata Ie.
Kata Kunci: Implementasi, Ekstrakurikuler Pramuka, Profil pelajar Pancasila.

Forming student character as contained in national education goals can be done through extracurricular activities. One of the mandatory extracurricular activities that must be organized by the education unit and that students must participate in is scouting. In extracurricular scout activities there are ways to build Pancasila student profiles in elementary school students, especially in the dimensions of global diversity and critical reasoning. This research aims to determine the implementation of scout extracurricular activities in developing the Pancasila student profile of students at SD Negeri 1 Mata Ie. This research approach uses a qualitative approach with descriptive research type. The subjects in this research were school principals, scout leaders or trainers and 85 grade IV, V and VI students who took part in scout extracurricular activities. To obtain data, researchers used observation, interview and documentation data collection techniques. The data analysis technique is carried out in the stages of data reduction, data display and drawing conclusions and using a percentage form. The results of the research show that in the implementation of scout extracurricular activities, scout leaders familiarize students with things that can build attitudes of global diversity and critical reasoning in students. Scout leaders also provide material about the attitude of a Pancasila student, especially in the dimensions of global diversity and critical reasoning. It can be concluded that scout extracurricular activities can build attitudes of global diversity and critical reasoning in students at SD Negeri 1 Mata Ie. Keywords: Implementation, Scouting extracurricular activities, Pancasila student profile.

Citation



    SERVICES DESK