Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
SKRIPSI
PENGARUH FAKTOR-FAKTOR KEPUASAN KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI KANTOR BADAN PUSAT STATISTIK PROVINSI NANGGROE ACEH DARUSSALAM
Pengarang
Faisal - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Nomor Pokok Mahasiswa
0201102020059
Fakultas & Prodi
Fakultas Ekonomi dan Bisnis / Akuntansi (S1) / PDDIKTI : 62201
Kata Kunci
Penerbit
Banda Aceh : Fakultas Ekonomi., 2008
Bahasa
Indonesia
No Classification
658.312 5
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
Tinggi rendahnya kinerja pegawai terkait erat dengan kepuasan kerja mereka. Pegawai yang puas dalam melaksanakan tugas akan cenderung mangat dalam melaksanakan pekerjaan yang pada akhirnya dapat berdampak
itif pada peningkatan kinerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh faktor-faktor kepuasan kerja terhadap kinerja pegawai Kantor Badan Statistik Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam.
Sampel penelitian adalah seluruh pegawai tetap instansi tersebut yang berjumlah 64 orang dan diambil dengan metode sensus. Instrumen pengumpulan yang digunakan adalah kuesioner yang dibagikan kepada setiap pegawai. Selanjutnya data dianalisis dengan menggunakan peralatan statistik regresi linier berganda.
Hasil penelitian menunjukkan faktor kepuasan kerja yang terdiri dari faktor psikologik, sosial, fisik dan faktor finansial/imbalan berpengaruh positif terhadap kinerja pegawai Kantor BPS Nanggroe Aceh Darussalam. Faktor yang
ling besar pengaruhnya terhadap kepuasan kerja pegawai adalah faktor ial/ imbalan. Sebaliknya variabel yang paling kecil pengaruhnya terhadap kepuasan kerja adalah faktor fisik. Hasil pengujian statistik menunjukkan nilai F hitung > F tabel, dapat diartikan secara simultan, keempat faktor kepuasan kerja (faktor psikologik, sosial, fisik dan faktor finansial/imbalan) berpengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai. Secara parsial hanya faktor psikologik dan faktor finansial/imbalan yang berpengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai. Sebaliknya faktor sosial dan faktor fisik secara parsial tidak berpengaruh signifikan.
Kesimpulan yang dapat diambil dalam penelitian ini adalah kinerja pegawai Kantor BPS NAD terkait erat dengan empat faktor kepuasan kerja, terutama faktor psikologik dan faktor finansial/imbalan. Karena itu, sebaiknya pimpinan instansi tersebut memberikan perhatian pada kedua faktor tersebut agar kerja pegawai dapat meningkat yang pada akhirnya dapat meningkatkan kinerja si secara keseluruhan.
Tidak Tersedia Deskripsi
PENGARUH DISIPLIN DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP MOTIVASI KERJA SERTA IMPLIKASINYA PADA KINERJA PEGAWAI KANTOR PUSAT ADMINISTRASI UNIVERSITAS SYIAH KUALA (Rini Yulia Sari, 2018)
PENGARUH KOMPETENSI, INOVASI ORGANISASI DAN BEBAN KERJA TERHADAP KEPUASAN KERJA DAN IMPLIKASINYA TERHADAP KINERJA PEGAWAI KANTOR WILAYAH BPN PROVINSI ACEH (Teuku Fazrul Afrizal, 2021)
PENGARUH KNOWLEDGE SHARING DAN KNOWLEDGE MANAGEMENT TERHADAP KINERJA PEGAWAI STAIN GAJAH PUTIH ACEH TENGAH YANG DIMEDIASI OLEH KEPUASAN KERJA (HARSONO, 2020)
PENGARUH MANAJEMEN PENGETAHUAN, PEMBELAJARAN ORGANISASI DAN KEPUASAN KERJATERHADAP KOMITMEN ORGANISASI DAN DAMPAKNYA PADA KINERJA PEGAWAI PADA KANTOR SEKRETARIAT DAERAH KABUPATEN NAGAN RAYA (DIMAS BAGUS SUSANTO, 2018)
PENGARUH FAKTOR-FAKTOR KEPUASAN KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI KANTOR BADAN PUSAT STATISTIK PROVINSI NANGGROE ACEH DARUSSALAM (Faisal, 2024)