KORELASI KECERDASAN SPASIAL DAN NATURALIS DENGAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS X IPAS SMA NEGERI 4 BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

KORELASI KECERDASAN SPASIAL DAN NATURALIS DENGAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS X IPAS SMA NEGERI 4 BANDA ACEH


Pengarang

Marsya Arwita Putri - Personal Name;

Dosen Pembimbing

Novia Zalmita - 198711152015042002 - Dosen Pembimbing I
Cut Vita Rajiatul Jummi - 199101182019032021 - Dosen Pembimbing II



Nomor Pokok Mahasiswa

1906101040028

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Geografi (S1) / PDDIKTI : 87202

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Fakultas FKIP., 2024

Bahasa

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Multiple Intelligences merupakan teori kecerdasan ganda yang dimiliki
seseorang ketika memecahkan suatu persoalan. Setiap individu tidak bisa
mengandalkan satu kecerdasan saja melainkan menggunakan seluruh macam
kecerdasan, namun setiap orang memiliki multiple intelligences dalam tingkatan
yang berbeda-beda. Dari sembilan jenis teori kecerdasan ganda, terdapat dua jenis
kecerdasan yang erat kaitannya dengan geografi yaitu kecerdasan spasial dan
naturalis. Hasil belajar geografi siswa di SMA Negeri 4 Banda Aceh memiliki
nilai yang rata-rata tinggi. Oleh karena itu, perlu diketahui apakah dua unsur
kecerdasan tersebut dapat mempengaruhi pemahaman siswa dalam pembelajaran
geografi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui korelasi antara kecerdasan
spasial dan kecerdasan naturalis dengan hasil belajar geografi siswa kelas X IPAS
SMAN 4 Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan
jenis penelitian korelasi. Sampel penelitian diambil sebanyak 15% dari
keseluruhan populasi (270 siswa). Teknik pengambilan sampel menggunakan
simple random sampling. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu
berupa soal pilihan ganda sebanyak 20 butir soal dan angket dengan 32 butir
pernyataan yang telah teruji validitas dan reliabilitasnya. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa kecerdasan spasial dan kecerdasan naturalis memberikan
pengaruh positif terhadap hasil belajar. Hal ini dibuktikan dengan nilai koefisien
korelasi sebesar 0,619 yang berarti tingkat hubungan antara dua variabel bebas
dengan variabel terikat adalah kuat. Berdasarkan hasil perhitungan, diketahui
bahwa 38,3% hasil belajar ditentukan oleh kecerdasan spasial dan kecerdasan
naturalis.
Kata Kunci : Kecerdasan Spasial, Kecerdasan Naturalis, Hasil Belajar.

Multiple Intelligences is a theory of multiple intelligences that a person has when solving a problem. Each individual cannot rely on just one intelligence but uses all kinds of intelligence, but each person has multiple intelligences in different levels. Of the nine types of multiple intelligence theory, there are two types of intelligence that are closely related to geography, namely spatial and naturalist intelligence. The geography learning outcomes of students at SMA Negeri 4 Banda Aceh have high average scores. Therefore, it is necessary to know whether these two elements of intelligence can affect students' understanding in learning geography. This research aims to determine the correlation between spatial intelligence and naturalist intelligence with the geography learning outcomes of students in class X IPAS SMAN 4 Banda Aceh. This research uses quantitative methods with a correlation research type. The research sample was taken as 15% of the total population (270 students). The sampling technique uses simple random sampling. The data collection technique used is in the form of multiple choice questions with 20 questions and a questionnaire with 32 statement items that have been tested for validity and reliability. The results showed that spatial intelligence and naturalistic intelligence have a positive influence on learning outcomes. This is proven by the correlation coefficient value of 0.619, which means that the level of relationship between the two independent variables and the dependent variable is strong. Based on the calculation results, it is known that 38.3% of learning outcomes are determined by spatial intelligence and naturalist intelligence. Keywords : Spatial Intelligence, Naturalist Intelligence, Learning Outcomes.

Citation



    SERVICES DESK