PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS X SMAN 4 BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS X SMAN 4 BANDA ACEH


Pengarang

SELVINA ELITA - Personal Name;

Dosen Pembimbing

Abdul Wahab - 195912311988031017 - Dosen Pembimbing I



Nomor Pokok Mahasiswa

1906101040041

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Geografi (S1) / PDDIKTI : 87202

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas KIP Pendidikan Geografi., 2024

Bahasa

Indonesia

No Classification

371.3

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK
Selvina Elita. (2024). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X SMA N 4 Banda Aceh. [Skripsi. Universitas Syiah Kuala]. Di bawah bimbingan Drs. Abdul Wahab Abdi M.Si., dan Ruliani S.Pd, M.Pd.

Pendidikan merupakan hal yang penting dalam kehidupan untuk membangun sumber daya manusia yang berkualitas dan berdaya saing. Sebagai upaya peningkatan mutu pendidikan, fungsi sekolah sangat penting melalui proses pembelajaran. Pembelajaran merupakan bantuan yang diberikan pendidik agar terjadi proses perolehan ilmu dan pengetahuan, penguasaan kemahiran, serta pembentukan sikap dan kepercayaan pada siswa. Dalam pembelajaran guru memiliki peran untuk mengembangakan potensi siswa semaksimal mungkin, tentunya diperlukan upaya dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa menggunakan model pembelajaran PBL. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran PBL terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas X SMAN 4 Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, dengan jenis penelitian eksperimen, jenis penelitian eskperimen yang digunakan adalah Quasi Eksperimental Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMAN 4 Banda Aceh Tahun ajaran 2023/2024 yang berjumlah 280 siswa dengan pengambilan sampel dua kelas ( kelas eksperimen dan kelas kontrol). Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPAS 2 sebagai kelas eksperimen dan X IPAS 1 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 86 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan isntrumen berupa tes, kemudian data dianalisis menggunakan uji normalitas, homogenitas, dan hipotesis. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh nilai thitung = 2,46 dan ttabel = 1,671. Sesuai dengan kriteria pengujiannya terima Ha jika thitung > ttabel atau 2,46 > 1,671 yang berarti Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif penerapan model pembelajaran PBL terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas X SMAN 4 Banda Aceh.

Kata Kunci: Pengaruh, Problem Based Learning, Berpikir Kritis

ABSTRACT Selvina Elita. (2024). The Influence of the Problem Based Learning Model on the Critical Thinking Ability of Class X Students of SMA N 4 Banda Aceh. [Skripsi. Universitas Syiah Kuala]. Under direction of Drs. Abdul Wahab Abdi M.Si., dan Ruliani S.Pd, M.Pd. Education is an important thing in life to build quality and competitive human resources. As an effort to improve the quality of education, the function of schools is very important through the learning process. Learning is assistance provided by educators so that the process of acquiring knowledge and knowledge, mastering skills, and forming attitudes and beliefs in students occurs. In learning, teachers have a role to develop students' potential as much as possible, of course efforts are needed to improve students' critical thinking skills using the PBL learning model. The aim of this research is to determine the effect of the PBL learning model on the critical thinking abilities of class X students at SMAN 4 Banda Aceh. This research uses quantitative methods, with a type of experimental research, the type of experimental research used is Quasi Experimental Design. The population in this study was all class The sample in this study was students of class X IPAS 2 as the experimental class and X IPAS 1 as the control class, totaling 86 students. Data collection was carried out using instruments in the form of tests, then the data was analyzed using normality, homogeneity and hypothesis tests. Based on the results of data analysis, the value of tcount = 2.46 and ttable = 1.671. In accordance with the test criteria, Ha is accepted if tcount > ttable or 2.46 > 1.671, which means Ha is accepted. It can be concluded that there is a positive influence of the application of the PBL learning model on the critical thinking abilities of class X students at SMAN 4 Banda Aceh. Keywords: Influence, Problem Based Learning, Critical Thinking

Citation



    SERVICES DESK