Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
SKRIPSI
PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS X SMAN 4 BANDA ACEH
Pengarang
SELVINA ELITA - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Abdul Wahab - 195912311988031017 - Dosen Pembimbing I
Nomor Pokok Mahasiswa
1906101040041
Fakultas & Prodi
Fakultas KIP / Pendidikan Geografi (S1) / PDDIKTI : 87202
Penerbit
Banda Aceh : Fakultas KIP Pendidikan Geografi., 2024
Bahasa
Indonesia
No Classification
371.3
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
ABSTRAK
Selvina Elita. (2024). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X SMA N 4 Banda Aceh. [Skripsi. Universitas Syiah Kuala]. Di bawah bimbingan Drs. Abdul Wahab Abdi M.Si., dan Ruliani S.Pd, M.Pd.
Pendidikan merupakan hal yang penting dalam kehidupan untuk membangun sumber daya manusia yang berkualitas dan berdaya saing. Sebagai upaya peningkatan mutu pendidikan, fungsi sekolah sangat penting melalui proses pembelajaran. Pembelajaran merupakan bantuan yang diberikan pendidik agar terjadi proses perolehan ilmu dan pengetahuan, penguasaan kemahiran, serta pembentukan sikap dan kepercayaan pada siswa. Dalam pembelajaran guru memiliki peran untuk mengembangakan potensi siswa semaksimal mungkin, tentunya diperlukan upaya dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa menggunakan model pembelajaran PBL. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran PBL terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas X SMAN 4 Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, dengan jenis penelitian eksperimen, jenis penelitian eskperimen yang digunakan adalah Quasi Eksperimental Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMAN 4 Banda Aceh Tahun ajaran 2023/2024 yang berjumlah 280 siswa dengan pengambilan sampel dua kelas ( kelas eksperimen dan kelas kontrol). Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPAS 2 sebagai kelas eksperimen dan X IPAS 1 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 86 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan isntrumen berupa tes, kemudian data dianalisis menggunakan uji normalitas, homogenitas, dan hipotesis. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh nilai thitung = 2,46 dan ttabel = 1,671. Sesuai dengan kriteria pengujiannya terima Ha jika thitung > ttabel atau 2,46 > 1,671 yang berarti Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif penerapan model pembelajaran PBL terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas X SMAN 4 Banda Aceh.
Kata Kunci: Pengaruh, Problem Based Learning, Berpikir Kritis
ABSTRACT Selvina Elita. (2024). The Influence of the Problem Based Learning Model on the Critical Thinking Ability of Class X Students of SMA N 4 Banda Aceh. [Skripsi. Universitas Syiah Kuala]. Under direction of Drs. Abdul Wahab Abdi M.Si., dan Ruliani S.Pd, M.Pd. Education is an important thing in life to build quality and competitive human resources. As an effort to improve the quality of education, the function of schools is very important through the learning process. Learning is assistance provided by educators so that the process of acquiring knowledge and knowledge, mastering skills, and forming attitudes and beliefs in students occurs. In learning, teachers have a role to develop students' potential as much as possible, of course efforts are needed to improve students' critical thinking skills using the PBL learning model. The aim of this research is to determine the effect of the PBL learning model on the critical thinking abilities of class X students at SMAN 4 Banda Aceh. This research uses quantitative methods, with a type of experimental research, the type of experimental research used is Quasi Experimental Design. The population in this study was all class The sample in this study was students of class X IPAS 2 as the experimental class and X IPAS 1 as the control class, totaling 86 students. Data collection was carried out using instruments in the form of tests, then the data was analyzed using normality, homogeneity and hypothesis tests. Based on the results of data analysis, the value of tcount = 2.46 and ttable = 1.671. In accordance with the test criteria, Ha is accepted if tcount > ttable or 2.46 > 1.671, which means Ha is accepted. It can be concluded that there is a positive influence of the application of the PBL learning model on the critical thinking abilities of class X students at SMAN 4 Banda Aceh. Keywords: Influence, Problem Based Learning, Critical Thinking
PERBANDINGAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DALAM PELAJARAN GEOGRAFI KELAS X DI SMAN 5 BANDA ACEH (NOVRA RIZKIA, 2020)
PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DIPADU MINDMAP TERHADAP MOTIVASI, KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN DI SMA NEGERI BANDA ACEH (KHARINA AREEISTY, 2019)
PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS VI SDN 51 BANDA ACEH. (Dewi Sahfitri,S, 2023)
PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIR MATEMATIS SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DI SMPN 10 BANDA ACEH (Suci Putri Meilita, 2016)
KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA MEMALUI MODEL PROBLEM BESED LEARNING PADA MATERI TURUNAN DI KELAS XI SMAN UNGGUL TUNAS BANGSA ACEH BARAT DAYA (Retna Suci Wulandari, 2017)