PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ADVANCE ORGANIZER BERBANTUAN PETA KONSEP TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA SMP NEGERI 15 BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ADVANCE ORGANIZER BERBANTUAN PETA KONSEP TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA SMP NEGERI 15 BANDA ACEH


Pengarang

Reraliza Ulika Aulia - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1006103030064

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Fisika (S1) / PDDIKTI : 84203

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan., 2014

Bahasa

Indonesia

No Classification

371.3

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Kata Kunci: Hasil Belajar, Model Advance Organizer, Peta Konsep


Penelitian yang berjudul “Pengaruh Model Pembelajaran Advance Organizer Berbantuan Peta Konsep Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa di SMP Negeri 15 Banda Aceh” ini mengangkat masalah bagaimanakah pengaruh hasil belajar siswa yang diajarkan dengan Model Pembelajaran Advance Organizer berbantuan peta konsep terhadap pokok bahasan listrik statis pada kelas IX SMPN 15 Banda Aceh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Advance Organizer berbantuan peta konsep terhadap hasil belajar fisika siswa di SMP Negeri 15 Banda Aceh. Adapun yang menjadi hipotesis dalam penelitian ini adalah bahwa adanya pengaruh model pembelajaran Advance Organizer berbantuan peta konsep terhadap hasil belajar siswa di SMP Negeri 15 Banda Aceh. Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes dan pengolahan data menggunakan analisis statistik uji-t. Hasil pengolahan data didapat thitung = 7,7 dan ttabel dengan taraf signifikan ? = 0,05, dk = 33 diperoleh t(0,95) (33) = 1,68 sehingga thitung>ttabel ini berarti t berada pada daerah penolakan Ho dan Ha diterima pada taraf nyata 0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Advance Organizer berbantuan peta konsep lebih tinggi jika dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang diajarkan tanpa menggunakan model pembelajaran advance organizer berbantuan peta konsep.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK