ANALISIS SOAL EKSPONEN DAN LOGARITMA DALAM BUKU TEKS MATEMATIKA SISWA KELAS X KURIKULUM MERDEKA BERDASARKAN TAKSONOMI BLOOM REVISI | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

ANALISIS SOAL EKSPONEN DAN LOGARITMA DALAM BUKU TEKS MATEMATIKA SISWA KELAS X KURIKULUM MERDEKA BERDASARKAN TAKSONOMI BLOOM REVISI


Pengarang

SALSABIILA SINA - Personal Name;

Dosen Pembimbing

Cut Morina Zubainur - 197208182002122001 - Dosen Pembimbing I
Dewi Annisa - 198802152019032015 - Dosen Pembimbing II



Nomor Pokok Mahasiswa

1906103020075

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Matematika (S1) / PDDIKTI : 84202

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Fakultas KIP Pendidikan Matematika., 2024

Bahasa

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Sebaran tingkat kognitif soal berdasarkan taksonomi Bloom pada buku teks matematika yang tersedia selama ini belum seimbang. Belum ditemukan informasi mengenai tingkatan kognitif soal dalam buku teks matematika Kurikulum Merdeka, khususnya pada materi eksponen dan logaritma kelas X. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proporsi tingkat kognitif soal latihan dan uji kompetensi pada materi eksponen dan logaritma yang terdapat dalam buku teks Matematika siswa kelas X Kurikulum Merdeka berdasarkan taksonomi Bloom revisi. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan dengan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Sumber data yang digunakan yaitu soal latihan dan uji kompetensi materi eksponen dan logaritma pada buku teks Matematika SMA kelas X Kurikulum Merdeka yang diterbitkan oleh Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, dan Kemendikbud. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi. Instrumen penelitian pada penelitian ini yaitu catatan lapangan berupa lembar validasi deskripsi jawaban dan kesesuaian soal dengan tingkat kognitif taksonomi Bloom revisi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa level kognitif pada soal latihan dan uji kompetensi pada materi eksponen dan logaritma dalam buku teks matematika siswa kelas X Kurikulum Merdeka bervariasi, kategori kognitif mengingat (C1) dan memahami (C2) tidak ada, kategori kognitif menerapkan (C3) berjumlah 39 soal (68,42%), kategori kognitif menganalisis (C4) berjumlah 16 soal (28,07%), kategori mengevaluasi (C5) berjumlah 2 soal (3,51%), kategori mencipta (C6) tidak ada, dengan total keseluruhan soal adalah 57 soal. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, guru diharapkan memiliki kepekaan untuk membuat soal agar semua tingkatan kognitif dalam taksonomi Bloom revisi terpenuhi.

The distribution of cognitive levels of questions based on Bloom's taxonomy in the mathematics textbooks available so far has not been balanced. Information has not been found regarding the cognitive level of questions in the Merdeka Curriculum mathematics textbooks, especially in the material on exponents and logarithms for class Class X students of the Independent Curriculum based on the revised Bloom's taxonomy. This research is library research with a qualitative approach and descriptive research type. The data sources used were practice questions and competency tests on exponent and logarithm material in the Independent Curriculum class The data collection technique used is the documentation method. The research instrument in this study was field notes in the form of validation sheets describing answers and suitability of questions to the cognitive level of the revised Bloom's Taxonomy. The data analysis techniques used are data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The results of the research show that the cognitive level in practice questions and competency tests on exponents and logarithms material in the mathematics textbooks for class questions (68.42%), the cognitive analyzing category (C4) amounted to 16 questions (28.07%), the evaluating category (C5) amounted to 2 questions (3.51%), the creating category (C6) did not exist, with a total of questions are 57 questions. Based on the results of this research, teachers are expected to have the sensitivity to create questions so that all cognitive levels in the revised Bloom's taxonomy are met.

Citation



    SERVICES DESK