Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
SKRIPSI
IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI DI KOTA BANDA ACEH
Pengarang
Utia Rahmah - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Mirza Desfandi - 198212132010121001 - Dosen Pembimbing I
Ahmad Nubli Gadeng - 199202082019031010 - Dosen Pembimbing II
Fitriani Yulianti - 198307132015012101 - Penguji
Daska Azis - 197701012006041003 - Penguji
Nomor Pokok Mahasiswa
1906101040025
Fakultas & Prodi
Fakultas KIP / Pendidikan Geografi (S1) / PDDIKTI : 87202
Subject
Kata Kunci
Penerbit
Banda Aceh : ., 2024
Bahasa
No Classification
-
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
Rahmah,Utia. (2024). Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Mata Pelajaran Geografi Di Kota Banda Aceh. [Skripsi. Universitas Syiah Kuala]. Dibawah bimbingan Dr. Mirza Desfandi, S.Pd, M.Soc.Sc., dan Dr. Ahmad Nubli Gadeng, S.Pd., M.Pd.
Program Implementasi Kurikulum Merdeka adalah salah satu program yang dirancang oleh pemerintahan dari Kemendikbudristek. Program ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan guru terhadap kurikulum merdeka. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana implementasi kurikulum merdeka terhadap mata pelajaran geografi di kota banda aceh. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi kurikulum merdeka pada mata pelajaran geografi di kota banda aceh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian survey. Populasi dalam penelitian ini adalah 10 guru geografi yang tersebar di 10 sekolah di kota banda aceh. Pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menyebarkan angket kepada responden dengan data dianalisis dengan skala likert menggunakan rumus statistik sederhana, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian implementasi kurikulum merdeka pada mata pelajaran geografi di kota banda aceh yaitu dengan kategori Netral/Cukup 38,75%, kategori Kurang Baik 27,9%, kategori Sangat Kurang Baik Sekali, dan kategori Sangat Kurang Baik Sekali 0,26%. Berdasarkan hasil penelitian implementasi kurikulum merdeka pada mata pelajaran geografi di kota banda aceh yang menjawab selalu dan sering yaitu 70,55% sesuai dengan kategori kriteria pada persentase interpretasi skor pada penelitian dapat disimpulkan bahwa guru telah berhasil menerapkan kurikulum merdeka pada mata pelajaran geografi di sekolah banda aceh dengan baik dan sudah berhasil diterapkan di sekolah seluruh aceh.
Kata Kunci : Implementasi, Kurikulum Merdeka, Mata Pelajaran Geografi, Guru
Rahmah,Utia. (2024). Implementation Of The Independent Curriculum In The Subject Of Geography In Banda Aceh. [Skripsi. Universitas Syiah Kuala]. Under direction of Dr. Mirza Desfandi, S.Pd, M.Soc.Sc., dan Dr. Ahmad Nubli Gadeng, S.Pd., M.Pd. The Independent Curriculum Implementation Program is one of the programs initiated by the government from the Ministry of Education and Culture. This program aims to increase the understanding of the implementation of the independent curriculum on geography learning in the city of Banda Aceh. The purpose of this research is to find out the implementation of the independent curriculum on geography learning in the city of Banda Aceh. This research uses a quantitative approach with survey research. The population in this study were 10 geography teachers from 10 schools in Banda Aceh. Data collection was carried out by distributing questionnaires using a Likert scale to measure statistics, perceptions, and documentation. The results of the research on the implementation of the independent curriculum on geography learning in Banda Aceh city are in the Moderate category 38.75%, the Less category 27.9%, the Enough category 27.9%, and the Very Less category 0.26%. This shows that the implementation of the independent curriculum on geography learning in Banda Aceh city is still in the moderate category and needs to be improved. Keywords: Implementation, Independent Curriculum, Geography Learning, Teachers
PERSEPSI GURU SEJARAH SMA NEGERI SEKOTA BANDA ACEH TERHADAP IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA (Hajar Rahmanita, 2024)
EFEKTIVITAS PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR PADA MATA PELAJARAN SENI BUDAYA DI SMP NEGERI 1 MATANGKULI (RAUDHATUL JANNAH, 2024)
PERSEPSI GURU MATEMATIKA TERHADAP IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI SMP NEGERI 3 MONTASIK (Inas Maghfira, 2024)
HUBUNGAN KEMAMPUAN LITERASI LINGKUNGAN DENGAN HASIL BELAJAR SISWA GEOGRAFI DALAM KURIKULUM MERDEKA PADA KELAS X DI SMAN 1 BAITUSSALAM (Zuhda Amalia, 2025)
ANALISIS KENDALA GURU DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DI SD NEGERI 2 MEUREUDU PIDIE JAYA (NADIA SHAVIRA, 2024)