IMPLEMENTASI PROYEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA PADA KURIKULUM MERDEKA DI SMA KOTA BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

IMPLEMENTASI PROYEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA PADA KURIKULUM MERDEKA DI SMA KOTA BANDA ACEH


Pengarang

HERMA MIFTAHUL SAHILA - Personal Name;

Dosen Pembimbing

Mirza Desfandi - 198212132010121001 - Dosen Pembimbing I
Cut Vita Rajiatul Jummi - 199101182019032021 - Dosen Pembimbing II



Nomor Pokok Mahasiswa

1806101040053

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Geografi (S1) / PDDIKTI : 87202

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Fakultas FKIP., 2024

Bahasa

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Herma Miftahul Sahila. (2024). Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Pada Kurikulum Merdeka di SMA Kota Banda Aceh. [Skripsi, Universitas Syiah Kuala]. Dibawah bimbingan Dr. Mirza Desfandi, S.Pd., M.Pd., M.Soc.Sc dan Cut Vita Rajiatul Jummi, S.Pd., M.Pd

Profil Pelajar Pancasila merupakan salah satu usaha dalam meningkatkan kualitas di Indonesia yang mana mengedepankan pada pembentukan karakter. Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila adalah pembelajaran lintas disiplin ilmu untuk mengamati dan memikirkan solusi terhadap permasalahan di lingkungan sekitarnya. Pada pembelajaran berbasis proyek ini peserta didik banyak diberi kesempatan untuk belajar dalam kondisi formal, struktur belajar lebih fleksibel, sehingga proses pembelajaran menjadi lebih interaktif. Rumusan masalah dalam penelitian ini ialah bagaimana implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di SMA Kota Banda Aceh. Penelitian ini bertujuan untuk melihat implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di SMA Kota Banda Aceh. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu survei dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh SMA Negeri Kota Banda Aceh dengan mengambil sampel 10 responden melalui teknik Random Sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan wawancara, dan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan persentase. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa (1) Tahapan perencanaan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila telah dilakukan secara sistematis dan menyeluruh (2) Tahapan pelaksanaan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dapat diketahui bahwa tingkat pelaksanaan berada pada kategori sangat baik dengan persentase >80% (3) Tahapan evaluasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dapat diketahui bahwa SMA Negeri Kota banda Aceh telah melaksakan evaluasi yang guru berikan kepada siswa terhadap Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila.

Kata Kunci: Implementasi, Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, Kurikulum Merdeka

Herma Miftahul Sahila. (2024). Implementation Of the Project to Strengthen the Pancasila Student Profile in The Independent Curriculum in Banda Aceh City High School. [Skripsi, Universitas Syiah Kuala]. Under direction of Dr. Mirza Desfandi, S.Pd., M.Pd., M.Soc.Sc and Cut Vita Rajiatul Jummi, S.Pd., M.Pd. The Pancasila Student Profile is one of the efforts to improve quality in Indonesia which emphasizes character building. The Pancasila Student Profile Strengthening Project is cross-disciplinary learning to observe and think of solutions to problems in the surrounding environment. In this project-based learning, students are given many opportunities to learn in formal conditions, the learning structure is more flexible, so that the learning process becomes more interactive. The formulation of the problem in this study is how the implementation of the Pancasila Student Profile Strengthening Project in SMA Banda Aceh City. This research aims to see the implementation of the Pancasila Student Profile Strengthening Project in Banda Aceh City High School. The type of research used in this study is a survey with a quantitative descriptive approach. The population in this study were all public high schools in Banda Aceh City by taking a sample of 10 respondents through the Random Sampling technique. Data collection was carried out using interviews, and questionnaires. Data analysis techniques using descriptive statistical analysis and percentages. Based on the results of the study it is known that (1) The planning stage of the Pancasila Student Profile Strengthening Project has been carried out systematically and thoroughly (2) The implementation stage of the Pancasila Student Profile Strengthening Project can be seen that the level of implementation is in the very good category with a percentage of >80% (3) The evaluation stage of the Pancasila Student Profile Strengthening Project can be seen that the Banda Aceh City State High School has carried out an evaluation that the teacher gives to students on the Pancasila Student Profile Strengthening Project. Keywords: Implementation, Pancasila Student Profile Strengthening Project, Independent Curriculum

Citation



    SERVICES DESK