Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
SKRIPSI
STRATEGI SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA TERKAIT MAKNA BILANGAN (NUMBER SENSE) PADA MATERI PECAHAN SISWA KELAS VII MTSN MODEL BANDA ACEH
Pengarang
Nurul Amalia - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Nomor Pokok Mahasiswa
1006103020068
Fakultas & Prodi
Fakultas KIP / Pendidikan Matematika (S1) / PDDIKTI : 84202
Kata Kunci
Penerbit
Banda Aceh : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan., 2014
Bahasa
Indonesia
No Classification
1
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
ABSTRAK
Kata Kunci :strategi penyelesaian masalah, number sense
Berbagai macam soal dalam matematika mempunyai kekhasan dan memerlukan strategi yang khas pula untuk menyelesaikannya. Dalam menentukan strategi penyelesaian masalah tersebut, siswa diharapkan dapat memilih strategi yang fleksibel dan efektif, yaitu dengan melandaskan pemikirannya pada makna bilangan (number sense). Seseorang dengan pemahaman number sense yang baik akan memberikan pemahaman yang baik pula tentang arti dan hubungan bilangan sehingga membantu memfleksibelkan pemikiran dalam mengembangkan strategi yang efektif untuk menyelesaikan masalah dan operasi bilangan. Mengingat kenyataan tersebut, peneliti melakukan penelitian dengan judul “Strategi Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Terkait Makna Bilangan (Number Sense) pada Materi Pecahan Siswa Kelas VII MTsN Model Banda Aceh”. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui strategi yang digunakan siswa dalam menyelesaikan masalah matematika pada materi pecahan siswa kelas VII MTsN Model Banda Aceh; dan (2) untuk mendeskripsikan kemampuan memahami makna bilangan (number sense) siswa dalam menyelesaikan masalah matematika pada materi pecahan siswa kelas VII MTsN Model Banda Aceh. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII9 MTsN Model Banda Aceh yang berjumlah 34 orang siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes dalam bentuk pilihan ganda yang disertai alasan. Peneliti memilih sepuluh subjek yang representatif terhadap gambaran umum strategi dari seluruh siswa untuk mengukur kemampuan number sense mereka dengan analisis secara mendalam. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan rumus persentase untuk melihat tingkatan number sense subjek. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 34 siswa yang diteliti pada kelas VII9 MTsN Model Banda Aceh terdapat sebanyak 15% siswa yang menjawab dengan menggunakan strategi berbasis number sense serta 76% yang menjawab dengan menggunakan strategi yang tidak berbasis number sense. Tingkat kemampuan number sense yang dimiliki oleh 10 siswa yang diwawancarai pun masih tergolong sangat rendah, yaitu hanya 25%. Hal ini dilatarbelakangi kebiasaan siswa yang menggunakan strategi penyelesaian masalah sesuai algoritma pada umumnya sebagaimana yang diwajibkan pada proses belajar mengajar di sekolah.
Tidak Tersedia Deskripsi
PENGARUH PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI PECAHAN DI KELAS IV SD NEGERI 1 LAMBHEU ACEH BESAR (AYU RAHMAH SINAGA, 2023)
PEMBELAJARAN REMEDIAL DENGAN PENEKANAN PADA NUMBER SENSE UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA TENTANG BILANGAN (Nurmusyidati fajri Helmy, 2020)
KESALAHAN SISWA MEMAHAMI OPERASI BILANGAN PECAHANRNDI KELAS VII MTSN KUTA BARO ACEH BESARRNTAHUN PELAJARAN 2013 (Azizah, 2014)
PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA PADA MATERI RELASI DAN FUNGSI MELALUI REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) DI MTSS SEULIMEUM (Rairita, 2023)
KEMAMPUAN PEMODELAN MATEMATIKA SISWA SMP DALAM MATERI STATISTIKA DENGAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) (T MUHAMMAD MIRSHADIL ULYA, 2022)