STRATEGI SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA TERKAIT MAKNA BILANGAN (NUMBER SENSE) PADA MATERI PECAHAN SISWA KELAS VII MTSN MODEL BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

STRATEGI SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA TERKAIT MAKNA BILANGAN (NUMBER SENSE) PADA MATERI PECAHAN SISWA KELAS VII MTSN MODEL BANDA ACEH


Pengarang

Nurul Amalia - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1006103020068

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Matematika (S1) / PDDIKTI : 84202

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan., 2014

Bahasa

Indonesia

No Classification

1

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK
Kata Kunci :strategi penyelesaian masalah, number sense
Berbagai macam soal dalam matematika mempunyai kekhasan dan memerlukan strategi yang khas pula untuk menyelesaikannya. Dalam menentukan strategi penyelesaian masalah tersebut, siswa diharapkan dapat memilih strategi yang fleksibel dan efektif, yaitu dengan melandaskan pemikirannya pada makna bilangan (number sense). Seseorang dengan pemahaman number sense yang baik akan memberikan pemahaman yang baik pula tentang arti dan hubungan bilangan sehingga membantu memfleksibelkan pemikiran dalam mengembangkan strategi yang efektif untuk menyelesaikan masalah dan operasi bilangan. Mengingat kenyataan tersebut, peneliti melakukan penelitian dengan judul “Strategi Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Terkait Makna Bilangan (Number Sense) pada Materi Pecahan Siswa Kelas VII MTsN Model Banda Aceh”. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui strategi yang digunakan siswa dalam menyelesaikan masalah matematika pada materi pecahan siswa kelas VII MTsN Model Banda Aceh; dan (2) untuk mendeskripsikan kemampuan memahami makna bilangan (number sense) siswa dalam menyelesaikan masalah matematika pada materi pecahan siswa kelas VII MTsN Model Banda Aceh. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII9 MTsN Model Banda Aceh yang berjumlah 34 orang siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes dalam bentuk pilihan ganda yang disertai alasan. Peneliti memilih sepuluh subjek yang representatif terhadap gambaran umum strategi dari seluruh siswa untuk mengukur kemampuan number sense mereka dengan analisis secara mendalam. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan rumus persentase untuk melihat tingkatan number sense subjek. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 34 siswa yang diteliti pada kelas VII9 MTsN Model Banda Aceh terdapat sebanyak 15% siswa yang menjawab dengan menggunakan strategi berbasis number sense serta 76% yang menjawab dengan menggunakan strategi yang tidak berbasis number sense. Tingkat kemampuan number sense yang dimiliki oleh 10 siswa yang diwawancarai pun masih tergolong sangat rendah, yaitu hanya 25%. Hal ini dilatarbelakangi kebiasaan siswa yang menggunakan strategi penyelesaian masalah sesuai algoritma pada umumnya sebagaimana yang diwajibkan pada proses belajar mengajar di sekolah.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK