KESULITAN GURU FISIKA DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN P5 BERDASARKAN KURIKULUM MERDEKA DI SMA SE ACEH BARAT | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

KESULITAN GURU FISIKA DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN P5 BERDASARKAN KURIKULUM MERDEKA DI SMA SE ACEH BARAT


Pengarang

CUT ALFI AKMALIA - Personal Name;

Dosen Pembimbing

Agus Wahyuni - 196208251988111001 - Dosen Pembimbing I
Ngadimin - 196203281990111001 - Dosen Pembimbing II
Nurulwati - 196607231991022001 - Penguji
Saminan - 196204231989031002 - Penguji



Nomor Pokok Mahasiswa

2006103030037

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Fisika (S1) / PDDIKTI : 84203

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Fakultas FKIP., 2024

Bahasa

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Projek penguatan profil pelajar pancasila diharapkan mampu menanamkan karakter profil pelajar pancasila kepada peserta didik. Namun, pada implementasi di sekolah banyak menimbulkan kesulitan bagi guru sehingga implementasi tidak berjalan secara optimal. Tujuan dari penelitian ini adalah mengidentifikasi kesulitan guru fisika dalam mengimplementasikan P5 di SMA kabupaten Aceh Barat. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan triangulasi teknik. yaitu dengan angket dan wawancara sebagai data pendukung angket. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru fisika di SMA kabupaten Aceh Barat. Sampel sebanyak 14 orang guru fisika dengan menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian diperoleh bahwa guru mengalami kesulitan pada tahap perencanaan, yaitu sulit dalam memahami definisi profil pelajar pancasila dan sulit dalam mempersiapkan desain P5, diperoleh persentase sebesar 46.61%. kesulitan guru pada tahap pelakasanaan, yaitu guru kesulitan dalam melaksanakan aksi nyata, diperoleh persentase kesulitan sebesar 49.70%. Pada tahap evaluasi guru mengalami kesulitan dalam memahami asesmen dan perbedaan jenis asesmen, dengan persentase kesulitan sebesar 51.39%.
Kata kunci : Implementasi P5, Triangulasi, Kesulitan Implementasi P5, Guru Fisika.

The Pancasila student profile reinforcement project is expected to be able to incorporate the character of the student profile to the pupils. However, implementation in schools poses a lot of difficulties for teachers so implementation does not run optimally. The aim of this study is to identify the difficulties of physics teachers in implementing P5 in West Aceh High School. This research uses quantitative methods with triangulation techniques, i.e. questionnaire,and interviews as supporting data for the questionnaire. The population in this study is the entire physics teacher in the West Aceh district high school. Samples of 14 physics teachers using purposive sampling techniques. The results of the study were obtained that the teacher had difficulty at the planning stage, i.e. difficulty in understanding the definition of the student's profile pancasila and difficult in preparing the P5 design, gained a percentage of 46.61%. Keywords: Implementation P5, Triangulation, Implementation Difficulty P5, Physics Teacher.

Citation



    SERVICES DESK