KINERJA KEPALA SEKOLAH DAN DISIPLIN KERJA GURU DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN TK DI ACEH BESAR | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    THESES

KINERJA KEPALA SEKOLAH DAN DISIPLIN KERJA GURU DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN TK DI ACEH BESAR


Pengarang

Elly Yuliana - Personal Name;

Dosen Pembimbing

Murniati AR - 196005071986022001 - Dosen Pembimbing I
Nasir Usman - 196012311985111003 - Dosen Pembimbing II



Nomor Pokok Mahasiswa

2209200050014

Fakultas & Prodi

Fakultas Pasca Sarjana / Administrasi Pendidikan (S2) / PDDIKTI : 86104

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Program Studi Magister Administrasi Pendidikan., 2024

Bahasa

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

KINERJA KEPALA SEKOLAH DAN DISIPLIN KERJA GURU DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN TK DI ACEH BESAR

Oleh: Elly Yuliana
NPM: 2209200050014

Komisi Pembimbing:
1. Prof. Dr. Murniati AR, M. Pd.
2. Dr. Nasir Usman, M. Pd.

ABSTRAK

Kinerja dapat diartikan sebagai prestasi kerja atau pelaksanaan kerja yang berupa tindakan yang dapat diukur dalam menentukan tingkat keberhasilan untuk menjalankan program yang sudah direncanakan sebelumnya. Peran kinerja kepala sekolah dan disiplin kerja guru merupakan salah satu faktor yang menentukan tingkat keberhasilan proses pembelajaran yang berlangsung di sekolah, serta layanan, yang berfokus pada peserta didik yang memenuhi kebutuhan dan harapan warga sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, 1) peran kepala sekolah di TK Aceh Besar dalam meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah, 2) disiplin kerja guru dalam meningkatkan mutu pembelajaran TK di Aceh Besar, dan 3) Kinerja guru dalam meningkatkan mutu pembelajaran TK Aceh Besar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan metode deskriptif. Adapun subjek penelitian ini terdiri dari kepala sekolah, dan guru TK Kabupaten Aceh Besar. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, display data dan menarik kesimpulan. Adapun hasil penelitian ini yaitu: 1) peran kepala sekolah di TK Aceh Besar dalam meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah, karena kepala sekolah menjalankan tugas dan fungsinya dengan baik, sehingga setiap kegiatan dilaksanakan secara terarah dan terstruktur, 2) disiplin kerja guru dalam menjalankan tugas pokok dan kewajibannya terdapat pengaruh terhadap mutu pembelajaran TK di Aceh Besar, dan 3) Kinerja guru TK Aceh Besar sebahagian besar sudah terlaksana dengan baik, dengan melaksanakan semua tugas dan fungsinya sesuai dengan kompentensi yang dimiliki, dalam upaya meningkatkan mutu pembelajaran di TK di Aceh Besar.
Kata kunci: Kinerja kepala sekolah, Disiplin Kinerja guru, Mutu Pembelejaran

PRINCIPAL PERFORMANCE AND TEACHER WORK DISCIPLINE IN ENHANCING KINDERGARTEN EDUCATION QUALITY IN ACEH BESAR DAYA REGENCY ABSTRACT (Elly Yuliana) Performance can be interpreted as work achievement or the execution of tasks in measurable actions that determine the success of previously planned programs. The performance of the principal and the work discipline of teachers are crucial factors in the success of a school's learning process and services, focusing on meeting the needs and expectations of the school community. The objective of this study was to determine: 1) the role of principal performance and teacher work discipline on the quality of kindergarten education in Aceh Besar Regency; 2) the implementation of school principal performance and teacher work discipline on the quality of kindergarten education in Aceh Besar Regency; and 3) the evaluation of the implementation of school principal performance and teacher work discipline on the quality of kindergarten education in Aceh Besar Regency. This study employed a qualitative approach and descriptive methods, with the school principal and the teachers at a kindergarten in Aceh Besar Regency as the subjects. The data collection techniques included observation, interviews, and documentation studies, while data analysis techniques involved data reduction, data display, and conclusion-drawing. The findings of this study revealed: 1) that the principal's role in the kindergarten significantly improved the quality of the kindergarten education, as the principal effectively carried out duties and functions, ensuring that every activity was conducted in a structured and directed manner; 2) that the teachers' work discipline in performing their main duties and obligations positively affected the quality of the kindergarten education; and 3) that the performance of the school principal and the work discipline of the teachers have been largely effective, with duties and functions carried out according to their competencies, thereby enhancing the kindergarten education quality. Keywords : Principal Performance, Teacher Work Discipline, Education Quality

Citation



    SERVICES DESK