Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
SKRIPSI
PENGUASAAN MATERI PECAHAN DAN HUBUNGANNYA DENGAN KEMAMPUAN SISWA PADA MATERI PRASYARAT DI KELAS VII SMP NEGERI 1 BANDA ACEH TAHUN PELAJARAN 2014/2015
Pengarang
Ridha Yuniara - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Nomor Pokok Mahasiswa
1106103020054
Fakultas & Prodi
Fakultas KIP / Pendidikan Matematika (S1) / PDDIKTI : 84202
Kata Kunci
Penerbit
Banda Aceh : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan., 2015
Bahasa
Indonesia
No Classification
1
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
ABSTRAK
Kata kunci: Penguasaan Materi Pecahan dan Kemampuan Prasyarat
Penelitian yang berjudul “Penguasaan Materi Pecahan dan Hubungannya dengan Kemampuan Siswa pada Materi Prasyarat di Kelas VII SMP Negeri 1 Banda Aceh Tahun Pelajaran 2014/2015” ini mengangkat masalah: 1) Apakah penguasaan siswa pada materi pecahan di kelas VII SMP Negeri 1 Banda Aceh telah mencapai ketuntasan? 2) Apakah kemampuan siswa pada materi prasyarat di kelas VII SMP Negeri 1 Banda Aceh telah mencapai ketuntasan? 3) Apakah ada hubungan penguasaan materi pecahan dengan kemampuan siswa pada materi prasyarat di kelas VII SMP Negeri 1 Banda Aceh? Tujuan penelitian adalah: 1) Untuk mengetahui ketuntasan siswa pada materi pecahan di kelas VII SMP Negeri 1 Banda Aceh; 2) Untuk mengetahui ketuntasan siswa pada materi prasyarat di kelas VII SMP Negeri 1 Banda Aceh; 3) Untuk mengetahui hubungan penguasaan materi pecahan dengan kemampuan siswa pada materi prasyarat di kelas VII SMP Negeri 1 Banda Aceh. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Banda Aceh, sedangkan sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII yang dipilih secara acak sebanyak 50 siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dan inferensial dengan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes dan pengolahan data menggunakan analisis statistik dan uji korelasi product moment. Hasil pengolahan data dari tes materi pecahan dengan rata-rata: = 51,86 dan ?0 = 82, didapat thitung= -10,65 dan ttabel= 1,6755 sehingga thitung < ttabel. Maka H0 diterima, artinya penguasaan siswa pada materi pecahan di kelas VII SMP Negeri 1 Banda Aceh belum mencapai ketuntasan. Hasil pengolahan data dari tes materi prasyarat dengan rata-rata: = 56,98 dan ?0 = 82, didapat thitung= -7,169 dan ttabel= 1,6755 sehingga thitung < ttabel. Maka H0 diterima, artinya kemampuan siswa pada materi prasyarat di kelas VII SMP Negeri 1 Banda Aceh belum mencapai ketuntasan. Kemudian terdapat hubungan yang signifikan antara penguasaan materi pecahan dengan kemampuan siswa pada materi prasyarat yang dapat dilihat dari korelasi = 0,62 dengan koefisien determinasi sebesar 38,44% (cukup) dan analisis regresi .
Tidak Tersedia Deskripsi
KEMAMPUAN SISWA DALAM PENGUASAAN MATERI PASAR PADA PELAJARAN IPS DI KELAS VIII SMP NEGERI 8 LHOKSEUMAWE (Sri Mulyani, 2014)
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM RNASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) PADA MATERI PECAHANRNDI KELAS VII SMP NEGERI 3 BANDA ACEHRNTAHUN PELAJARAN 2014/2015 (ROZALIA, 2015)
PENGUASAAN SISWA PADA MATERI PERSAMAAN KUADRAT DI KELAS X SMA NEGERI 7 BANDA ACEH TAHUN PELAJARAN 2012-2013 (Nurul Intan M, 2017)
PENGARUH PENGUASAAN MATERI PECAHAN TERHADAP KEMAMPUAN
PERHITUNGAN HARTA WARIS DALAM ILMU FARAIDH SISWA MAS DARUZZAHIDIN
ACEH BESAR (Robisa Putra, 2013)
GAME EDUKASI MATEMATIKA TINGKAT SEKOLAH DASAR (Bengimi Bensu, 2019)