PENGARUH KOMPETENSI GURU DAN SARANA PRASARANA PENDIDIKAN TERHADAP MOTIVASI MENGAJAR GURU SMP NEGERI KABUPATEN ACEH BESAR | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    THESES

PENGARUH KOMPETENSI GURU DAN SARANA PRASARANA PENDIDIKAN TERHADAP MOTIVASI MENGAJAR GURU SMP NEGERI KABUPATEN ACEH BESAR


Pengarang

Zulfia Rahmi - Personal Name;

Dosen Pembimbing

Ismail - 197507062006041007 - Dosen Pembimbing I
Niswanto - 196203151987031003 - Dosen Pembimbing II



Nomor Pokok Mahasiswa

2209200050026

Fakultas & Prodi

Fakultas Pasca Sarjana / Administrasi Pendidikan (S2) / PDDIKTI : 86104

Penerbit

Banda Aceh : Program Studi Magister Administrasi Pendidikan., 2024

Bahasa

Indonesia

No Classification

378.124

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

PENGARUH KOMPETENSI GURU DAN SARANA PRASARANA
PENDIDIKAN TERHADAP MOTIVASI MENGAJAR GURU
SMP NEGERI KABUPATEN ACEH BESAR

Oleh : Zulfia Rahmi
NPM: 2209200050026

Komisi Pembimbing:
Dr. Ismail, M. Pd.
Dr. Niswanto, M. Pd.

ABSTRAK

Peran kompetensi guru dan sarana prasarana pendidikan sangat penting pada proses peningkatan motivasi mengajar guru di sekolah. Kompetensi guru dan sarana prasarana pendidikan yang baik akan mampu memberi peningkatan motivasi kepada guru. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kompetensi guru dan sarana prasarana pendidikan terhadap motivasi mengajar Guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian kuantitatif korelasional. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reabilitas, analisis regresi linier berganda, uji signifikansi simultan, analisis koefisien determinasi dan uji t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan kompetensi guru terhadap motivasi mengajar dengan kecenderungan variabel kompetensi guru berada pada kategori tinggi sebesar 35%, tolak H0 karena nilai thitung (7,648) > ttabel (1,98969) dan nilai p-value (0,001) < α (0,05) dan kompetensi guru mengalami peningkatan sebesar 0,283 atau 28,3%; (2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan sarana prasarana terhadap motivasi mengajar, dibuktikan dengan kecenderungan variabel sarana prasarana pendidikan berada pada kategori sangat tinggi yaitu 71%, tolak H0 karena nilai thitung (4,352) > ttabel (1,98969) maka motivasi mengajar akan mengalami peningkatan sebesar 0,055 atau 5%; (3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan secara simultan kompetensi guru dan sarana prasarana pendidikan terhadap motivasi mengajar, dibuktikan dengan hasil signifikansi sebesar 0,001 lebih kecil dari pada 0,05, nilai Fhitung (30,082) > Ftabel (3,11) dan p-value (0,001) < α (0,05), koefisien determinasi menunjukkan nilai R square sebanyak 0,426 dan nilai persamaan dari notasi Y= 36,412 + 0,283X1 +0,055X2 maka nilai konstanta positif menunjukkan adanya pengaruh positif dari variabel independent yaitu kompetensi guru dan sarana prasarana pendidikan terhadap motivasi mengajar guru.
Kata Kunci: Kompetensi Guru, Sarana Prasarana dan Motivasi Mengajar

THE INFLUENCE OF TEACHER COMPETENCE AND EDUCATIONAL INFRASTRUCTURE FACILITIES ON TEACHING MOTIVATION OF STATE JUNIOR HIGH SCHOOL TEACHERS IN GREAT ACEH DISTRICT ABSTRACT (Zulfia Rahmi) Teacher competence and educational infrastructure are vital in increasing teacher motivation in schools. Good teacher competence and educational infrastructure facilities will provide increased motivation to teachers. This study aimed to determine the effect of teacher competence and educational infrastructure on teacher-teaching motivation. This study uses a quantitative approach with a type of correlational quantitative research. Data collection techniques using observation, questionnaires, and documentation. The data analysis techniques used are validity test, reliability test, multiple linear regression analysis, simultaneous significance test, coefficient of determination analysis, and t-test. The results of this study indicate that: (1) There is a positive and significant effect of teacher competence on teaching motivation with the tendency of teacher competence variables in the high category of 35%, reject H0 because the t-count value (7.648) > t-table (1.98969) and p-value (0.001) < α (0.05) and teacher competence has increased by 0.283 or 28.3%; (2) There is a positive and significant effect of infrastructure facilities on teaching motivation, as evidenced by the tendency of educational infrastructure variables to be in a very high category, namely 71%, reject H0 because the t-count value (4.352) > t-table (1.98969) then teaching motivation will increase by 0.055 or 5%; (3) There is a simultaneous positive and significant effect of teacher competence and educational infrastructure on teaching motivation, as evidenced by the significance result of 0.001 less than 0.05, the value of F-count (30.082) > F-table (3.11) and p-value (0.001) < α (0.05), The coefficient of determination shows the value of R square as much as 0.426 and the equation value of the notation Y = 36.412 + 0.283X1 + 0.055X2 then the positive constant value indicates a positive influence of the independent variables, which means teacher competence and educational infrastructure facilities on teacher teaching motivation. Keywords: Teacher Competence, Infrastructure, and Teaching Motivation

Citation



    SERVICES DESK