Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
THESES
PENGARUH KOMPETENSI GURU DAN SARANA PRASARANA PENDIDIKAN TERHADAP MOTIVASI MENGAJAR GURU SMP NEGERI KABUPATEN ACEH BESAR
Pengarang
Zulfia Rahmi - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Nomor Pokok Mahasiswa
2209200050026
Fakultas & Prodi
Fakultas Pasca Sarjana / Administrasi Pendidikan (S2) / PDDIKTI : 86104
Penerbit
Banda Aceh : Program Studi Magister Administrasi Pendidikan., 2024
Bahasa
Indonesia
No Classification
378.124
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
PENGARUH KOMPETENSI GURU DAN SARANA PRASARANA
PENDIDIKAN TERHADAP MOTIVASI MENGAJAR GURU
SMP NEGERI KABUPATEN ACEH BESAR
Oleh : Zulfia Rahmi
NPM: 2209200050026
Komisi Pembimbing:
Dr. Ismail, M. Pd.
Dr. Niswanto, M. Pd.
ABSTRAK
Peran kompetensi guru dan sarana prasarana pendidikan sangat penting pada proses peningkatan motivasi mengajar guru di sekolah. Kompetensi guru dan sarana prasarana pendidikan yang baik akan mampu memberi peningkatan motivasi kepada guru. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kompetensi guru dan sarana prasarana pendidikan terhadap motivasi mengajar Guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian kuantitatif korelasional. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reabilitas, analisis regresi linier berganda, uji signifikansi simultan, analisis koefisien determinasi dan uji t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan kompetensi guru terhadap motivasi mengajar dengan kecenderungan variabel kompetensi guru berada pada kategori tinggi sebesar 35%, tolak H0 karena nilai thitung (7,648) > ttabel (1,98969) dan nilai p-value (0,001) < α (0,05) dan kompetensi guru mengalami peningkatan sebesar 0,283 atau 28,3%; (2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan sarana prasarana terhadap motivasi mengajar, dibuktikan dengan kecenderungan variabel sarana prasarana pendidikan berada pada kategori sangat tinggi yaitu 71%, tolak H0 karena nilai thitung (4,352) > ttabel (1,98969) maka motivasi mengajar akan mengalami peningkatan sebesar 0,055 atau 5%; (3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan secara simultan kompetensi guru dan sarana prasarana pendidikan terhadap motivasi mengajar, dibuktikan dengan hasil signifikansi sebesar 0,001 lebih kecil dari pada 0,05, nilai Fhitung (30,082) > Ftabel (3,11) dan p-value (0,001) < α (0,05), koefisien determinasi menunjukkan nilai R square sebanyak 0,426 dan nilai persamaan dari notasi Y= 36,412 + 0,283X1 +0,055X2 maka nilai konstanta positif menunjukkan adanya pengaruh positif dari variabel independent yaitu kompetensi guru dan sarana prasarana pendidikan terhadap motivasi mengajar guru.
Kata Kunci: Kompetensi Guru, Sarana Prasarana dan Motivasi Mengajar
THE INFLUENCE OF TEACHER COMPETENCE AND EDUCATIONAL INFRASTRUCTURE FACILITIES ON TEACHING MOTIVATION OF STATE JUNIOR HIGH SCHOOL TEACHERS IN GREAT ACEH DISTRICT ABSTRACT (Zulfia Rahmi) Teacher competence and educational infrastructure are vital in increasing teacher motivation in schools. Good teacher competence and educational infrastructure facilities will provide increased motivation to teachers. This study aimed to determine the effect of teacher competence and educational infrastructure on teacher-teaching motivation. This study uses a quantitative approach with a type of correlational quantitative research. Data collection techniques using observation, questionnaires, and documentation. The data analysis techniques used are validity test, reliability test, multiple linear regression analysis, simultaneous significance test, coefficient of determination analysis, and t-test. The results of this study indicate that: (1) There is a positive and significant effect of teacher competence on teaching motivation with the tendency of teacher competence variables in the high category of 35%, reject H0 because the t-count value (7.648) > t-table (1.98969) and p-value (0.001) < α (0.05) and teacher competence has increased by 0.283 or 28.3%; (2) There is a positive and significant effect of infrastructure facilities on teaching motivation, as evidenced by the tendency of educational infrastructure variables to be in a very high category, namely 71%, reject H0 because the t-count value (4.352) > t-table (1.98969) then teaching motivation will increase by 0.055 or 5%; (3) There is a simultaneous positive and significant effect of teacher competence and educational infrastructure on teaching motivation, as evidenced by the significance result of 0.001 less than 0.05, the value of F-count (30.082) > F-table (3.11) and p-value (0.001) < α (0.05), The coefficient of determination shows the value of R square as much as 0.426 and the equation value of the notation Y = 36.412 + 0.283X1 + 0.055X2 then the positive constant value indicates a positive influence of the independent variables, which means teacher competence and educational infrastructure facilities on teacher teaching motivation. Keywords: Teacher Competence, Infrastructure, and Teaching Motivation
PENGARUH KOMPETENSI, MOTIVASI, IKLIM ORGANISASI DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KEPUASAN KERJA SERTA DAMPAKNYA TERHADAP KINERJA GURU SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI DI KOTA BANDA ACEH (IBNU SALDA, 2019)
KOMPETENSI MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH DALAM PENGELOLAAN SARANA DAN PRASARANA PENDIDIKAN SD NEGERI 2 TRIENGGADENG KABUPATEN PIDIE JAYA (JULIANTI, 2019)
PERSEPSI GURU PAMONG TERHADAP KOMPETENSI MENGAJAR MAHASISWA PPL PENDIDIKAN FISIKA DI SMA NEGERI SE-KOTA BANDA ACEH (SYARIFAH NABILLA YANDIRA, 2018)
HUBUNGAN KETERAMPILAN MENGAJAR GURU DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FISIKA DI SMA NEGERI 3 TAKENGON (Hartina, 2019)
PENGARUH MOTIVASI KECERDASAN SPIRITUAL DAN KOMPETENSI TERHADAP KINERJA GURU SMP DENGAN KEPUASAN KERJA SEBAGAI VARIABEL MEDIASI DI KABUPATEN PIDIE JAYA (Shahnaz Vebrina, 2024)