Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
SKRIPSI
PENGGUNAAN MULTIMEDIA INTERAKTIF PADA PEMBELAJARAN INTEGRAL KELAS XII MAN DARUSSALAM ACEH BESAR TAHUN PELAJARAN 2014/2015
Pengarang
Irsa Fitra Nuzulia - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Nomor Pokok Mahasiswa
1006103020047
Fakultas & Prodi
Fakultas KIP / Pendidikan Matematika (S1) / PDDIKTI : 84202
Subject
Kata Kunci
Penerbit
Banda Aceh : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan., 2015
Bahasa
Indonesia
No Classification
371.33
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
ABSTRAK
Kata Kunci: media pembelajaran, multimedia interaktif, integral
Keberhasilan suatu proses pembelajaran dapat diketahui dari tingkat penguasaan siswa terhadap materi yang diajarkan. Salah satu alternatif yang dapat dilakukan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa adalah dengan menggunakan media pembelajaran multimedia interaktif berbantuan komputer. Pembelajaran multimedia interaktif adalah proses pembelajaran menggunakan media yang menggabungkan dua unsur atau lebih media, terdiri dari teks, grafis, gambar, foto, audio, video, dan animasi secara terintegrasi. Pembelajaran multimedia berguna untuk menyalurkan pesan yang dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian, dan kemauan belajar sehingga secara sengaja proses belajar terjadi, bertujuan dan terkendali. Integral merupakan salah satu materi penting yang harus dikuasai siswa, namun kenyataannya masih ada masalah dalam memahami materi ini. Untuk menanggulangi masalah tersebut pembelajaran dengan menggunakan multimedia interaktif merupakan salah satu solusinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa dalam materi integral tak tentu dengan menggunakan multimedia interaktif berbantuan komputer di MAN Darussalam Aceh Besar. Rancangan penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah bersifat eksperimen semu dengan model rancangan the one group pretest-posttest design. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas XII MAN Darussalam Aceh Besar, sampel yang diambil berdasarkan asas pertimbangan adalah kelas XII IPA-3 yang berjumlah 23 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes tertulis yang terdiri dari tes awal dan tes akhir. Data yang diperoleh dari hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan statistik uji-t (uji kesamaan dua rata-rata pihak kanan) pada taraf signifikan ? = 0,05 dan derajat kebebasan (dk) = 22, maka didapat thitung = 1,95 dan ttabel = 1,72 dimana kriteria penolakan Ho adalah tolak Ho jika thitung
? ttabel sehingga berdasarkan perhitungaan thitung ? ttabel yaitu 1,95 ? 1,72, dengan
demikian Ho ditolak dan hipotesis Ha diterima. Hal ini menunjukkan bahwa
pembelajaran dengan menggunakan multimedia interaktif dapat meningkatkan hasil
belajar pada materi integral di kelas XII MAN Darussalam Aceh Besar.
Tidak Tersedia Deskripsi
PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF PADA MATERI BANGUN RUANG DI KELAS V SD NEGERI 1 BANDA ACEH (Nura Safrina, 2021)
MEDIA PEMBELAJARAN DASAR TAJWID UNTUK PEMBINANAAN MENTORING MAHASISWA UP3AI UNSYIAH MENGGUNAKAN ADOBE FLASH 6 PROFESSIONAL (Amar Yazid Zofa, 2016)
IMPLEMENTASI MULTIMEDIA INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 8 BANDA ACEH (Syarifah Raisa, 2015)
PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS SYSTEM THINKING PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA UNTUK SMA MENGGUNAKAN ADOBE FLASH CS6 PROFESSIONAL (Ulpa Amalia, 2021)
PENGGUNAAN MULTIMEDIA BERBASIS POWER POINT INTERAKTIFRNUNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEMA 9 SUBTEMA 1 RNDI KELAS V SD NEGERI 71 BANDA ACEH (YARA DWI HUSNA, 2022)