PENGARUH ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN DAN ORIENTASI PASAR TERHADAP KINERJA USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (UMKM) TEMPE DI KOTA LANGSA | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    THESES

PENGARUH ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN DAN ORIENTASI PASAR TERHADAP KINERJA USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (UMKM) TEMPE DI KOTA LANGSA


Pengarang

Iskandar Saputra - Personal Name;

Dosen Pembimbing

Dr. Ir. Fajri Jakfar, M.Sc - - - Dosen Pembimbing I
Lukman Hakim - 197811032006041001 - Dosen Pembimbing II



Nomor Pokok Mahasiswa

2205202010001

Fakultas & Prodi

Fakultas Pertanian / Agribisnis (S2) / PDDIKTI : 54101

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Program Studi Magister Agribisnis., 2024

Bahasa

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh orientasi kewirausahaan dan orientasi pasar terhadap Kinerja Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Tempe di Kota Langsa. Penelitian dilakukan di Kota Langsa, waktu penelitian berlangsung selama 2 bulan mulai bulan Februari sampai dengan Maret tahun 2024. Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah pelaku usaha UMKM tempe yang terdapat di Kota Langsa. Jumlah populasi UMKM Tempe di Kota Langsa berjumlah 118 UMKM dan jumlah sampel yang digunakan berjumlah 54 UMKM. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer, data primer adalah sumber data penelitian yang diperoleh secara langsung dari sumber aslinya berupa wawancara, kuesioner, atau angket dan jejak pendapat dari individu atau kelompok serta hasil observasi dari suatu objek, kejadian atau hasil pengujian. Hasil penelitian dan pembahasan dari pengaruh orientasi kewirausahaan dan orientasi pasar terhadap kinerja UMKM tempe di Kota Langsa maka dari penelitian tersebut dapat ditarik kesimpulan yaitu nilai thitung untuk variabel orientasi kewirausahaan yaitu (-1,145). Jadi thitung < ttabel atau (-1,145 < 0,228). Hal ini menunjukkan bahwa H1 ditolak dan H2 diterima. Jadi orientasi kewirausahaan berpengaruh negatif terhadap kinerja UMKM tempe di Kota Langsa. Nilai thitung untuk variabel orientasi pasar yaitu 0,959. Jadi thitung > ttabel atau (0,959 > 0,228). Hal ini menunjukkan bahwa H1 diterima dan H2 ditolak. Jadi orientasi pasar berpengaruh positif terhadap kinerja UMKM tempe di Kota Langsa. Variabel kewirausahaan dan orientasi pasar menghasilkan nilai F hitung 0,954 < 3,18 sehingga dapat disimpulkan bahwa pengaruh orientasi kewirausahaan dan orientasi pasar tidak berpengaruh terhadap kinerja UMKM Tempe di Kota Langsa.


Kata Kunci : Orientasi kewirausahaan, orientasi pasar, kinerja, UMKM tempe

This research aims to determine the influence of entrepreneurial orientation and market orientation on the performance of Tempe Micro, Small and Medium Enterprises (UMKM) in Langsa City. The research was conducted in Langsa City, the research period lasted for 2 months from February to March 2024. The approach taken in this research is a quantitative approach. The population of this research is tempe UMKM business actors in Langsa City. The total population of Tempe UMKM in Langsa City is 118 UMKM and the number of samples used is 54. The data used in this research is primary data, primary data is a source of research data obtained directly from the original source in the form of interviews, questionnaires, or questionnaires and opinion polls from individuals or groups as well as observation results from an object, event or test results. The results of the research and discussion of the influence of entrepreneurial orientation and market orientation on the performance of tempe UMKM in Langsa City can be concluded from this research, namely the t-count value for the entrepreneurial orientation variable is (-1.145). So tcount < ttable or (-1.145 < 0.228). This shows that H1 is rejected and H2 is accepted. So entrepreneurial orientation has a negative effect on the performance of tempeh UMKM in Langsa City. The calculated value for the market orientation variable is 0.959. So tcount > ttable or (0.959 > 0.228). This shows that H1 is accepted and H2 is rejected. So market orientation has a positive effect on the performance of tempe UMKM in Langsa City. The variables entrepreneurship and market orientation produce a calculated F value of 0.954 < 3.18 so it can be concluded that the influence of entrepreneurial orientation and market orientation has no effect on the performance of Tempe UMKM in Langsa City. Keyword : Entrepreneurial Orientation, Market Orientation, Performance, Tempe UMKM

Citation



    SERVICES DESK