IMPLEMENTASI SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH BERBASIS KOLABORASI DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU DI PESANTREN MUAMALAT SOLIDARITY BOARDING SCHOOL KABUPATEN ACEH BESAR | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    THESES

IMPLEMENTASI SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH BERBASIS KOLABORASI DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU DI PESANTREN MUAMALAT SOLIDARITY BOARDING SCHOOL KABUPATEN ACEH BESAR


Pengarang

Irma Suryani - Personal Name;

Dosen Pembimbing

Khairuddin - 195903111985031002 - Dosen Pembimbing I
Niswanto - 196203151987031003 - Dosen Pembimbing II



Nomor Pokok Mahasiswa

2209200050013

Fakultas & Prodi

Fakultas Pasca Sarjana / Administrasi Pendidikan (S2) / PDDIKTI : 86104

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Program Studi Magister Administrasi Pendidikan., 2024

Bahasa

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

IMPLEMENTASI SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH BERBASIS KOLABORASI DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU DI PESANTREN MUAMALAT SOLIDARITY BOARDING SCHOOL KABUPATEN ACEH BESAR

Oleh: Irma Suryani
NPM: 2209200050013
Komisi Pembimbing:
1. Dr. Khairuddin, M. Pd.
2. Dr. Niswanto, M. Pd.

ABSTRAK

Supervisi merupakan pelaksanaan pengawasan terhadap kegiatan akademik yang berupa proses belajar mengajar, pengawasan terhadap guru dalam mengajar, dan pengawasan terhadap murid yang belajar, serta pengawasan terhadap situasi yang menyebabkannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, program supervisi akademik kepala sekolah berbasis kolaborasi, pelaksanaan supervisi akademik kepala sekolah berbasis kolaborasi. evaluasi supervisi akademik kepala sekolah berbasis kolaborasi, hambatan supervisi akademik kepala sekolah berbasis kolaborasi untuk meningkatkan kompetensi guru pada Pesantren Muamalat Solidarity Boarding School Kabupaten Aceh Besar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan metode deskriptif. Subjek penelitian ini terdiri dari pengawas sekolah, kepala sekolah, dan guru pada Pesantren Muamalat Solidarity Boarding School Kabupaten Aceh Besar. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu reduksi data, display data dan menarik kesimpulan. Adapun hasil penelitian ini yaitu: 1) program supervisi akademik yang dilakukan oleh kepala sekolah berbasis kolaborasi di Pesantren Muamalat Solidarity Boarding School dapat membantu meningkatkan kompetensi sebagai guru dalam proses pembelajaran di kelas. 2) implementasi program supervisi akademik kepala sekolah berbasis kolaborasi pada Pesantren Muamalat Solidarity Boarding School sudah dilaksanakan sesuai dengan standar yang ada pada supervisi dan penilaian kinerja guru yang sudah dirancang oleh Kemendikbud, mulai dari proses perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi supervisi. 3) evaluasi kegiatan supervisi akademik kepala sekolah berbasis kolaborasi pada Pesantren Muamalat Solidarity Boarding School sudah memenuhi standar bagi guru, hal ini terlihat dengan diberikan penguatan berupa Pelatihan/Bintek/Wrokshop dan 4) pengawas dan kepala sekolah masih terkendala pada kurangnya waktu untuk melaksanakan supervisi akademik, serta masih terdapat guru belum siap dilakukan supervisi oleh pengawas dan kepala sekolah.

Kata kunci: Supervisi akademik, kompetensi guru, supervis berbasis kolaborasi

IMPLEMENTATION OF ACADEMIC SUPERVISION BY A SCHOOL PRINCIPAL IN IMPROVING TEACHER COMPETENCE AT MUAMALAT SOLIDARITY BOARDING SCHOOL IN ACEH BESAR DAYA REGENCY ABSTRACT (Irma Suryani) Supervision involves overseeing academic activities such as the teaching and learning process, monitoring teachers' instructional methods, assessing students' learning, and managing the associated environments. This study aimed to determine the extent to which the school principal's academic supervision program was collaboration-based, the implementation of this collaborative approach, the evaluation of the collaboration-based academic supervision, and the obstacles faced in improving teacher competency at the Muamalat Solidarity Boarding School in Aceh Besar Regency. Utilizing a qualitative approach and descriptive methods, this study examined the perspectives of school supervisors, principals, and teachers. The data collection techniques included observation, interviews, and documentation, while data analysis involved data reduction, data display, and conclusion-drawing. The findings revealed: 1) that the collaboration-based academic supervision program implemented by the school principal significantly enhanced the teacher competence in classroom instruction; 2) that the program's implementation was in accordance with the supervision and teacher performance assessment standards set by the Ministry of Education and Culture, encompassing planning, execution, and evaluation stages; 3) that the evaluation of these activities met teacher standards, evidenced by the provision of professional development opportunities such as training, workshops, and technical guidance; and 4) that the supervisors and the principal faced several challenges, such as insufficient time for academic supervision and teachers' lack of preparedness for the supervision. Keywords : Academic Supervision, Teacher Competency, Collaboration-Based Supervision

Citation



    SERVICES DESK