Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
SKRIPSI
EFEKTIFITAS PENGGUNAAN MEDIA AUDIOVISUAL PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI MAN DARUSSALAM
Pengarang
Juliska Kumalasari - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Nomor Pokok Mahasiswa
1006101060026
Fakultas & Prodi
Fakultas / / PDDIKTI :
Kata Kunci
Penerbit
Banda Aceh : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan., 2013
Bahasa
Indonesia
No Classification
371.33
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
Kata Kunci: Efektifitas, media audiovisual
Penelitian ini berjudul “Efektifitas penggunaan media audiovisual pada mata pelajaran ekonomi di MAN Darussalam” mengangkat masalah proses belajar mengajar mata pelajaran ekonomi akuntansi menggunakan media audiovisual, hasil belajar setelah mendapat perlakukan terhadap media audiovisual, respon siswa terhadap media audiovisual, serta keefektifan penggunaan media audiovisual pada materi jurnal khusus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses belajar mengajar, hasil belajar siswa, respon siswa terhadap media audiovisual serta untuk melihat keefektifan penggunaan media ini. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas XII IPS MAN Darussalam berjumlah 44 orang, dikarenakan populasi berjumlah kurang dari 100 orang, maka peneliti mengambil seluruh populasi untuk dijadikan sampel dalam penelitian ini. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan data kepustakaan serta penelitian lapangan berupa observasi tes hasil belajar dan angket yang dibagikan kepada responden. Untuk mengetahui proses belajar-mengajar terhadap kemampuan guru, digunakan rumus skor rata-rata, untuk observasi terhadap aktivitas siswa digunakan rumus persentase, untuk melihat hasil belajar siswa dan respon siswa digunakan rumus persentase, untuk melihat keefektifannya dilihat pada ketuntasan klasikal terhadap test akhir siswa, lalu disesuaikan berdasarkan kriteria keefektifannya. Hasil analisis data menunjukkan bahwa kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran sudah baik dengan skor rata-rata 4,06, aktivitas siswa juga masuk kategori baik dengan persentase sebesar 75 %, hasil belajar siswa mengalami ketuntasan sebanyak 30 siswa dengan rata-rata 63,40, respon siswa terhadap penggunaan media ini adalah senang dengan skor rata-rata sebesar 3,80, serta keefektifan penggunaan media ini cukup efektif karena ketuntasan klasikal mencapai 68 %, dapat dikategorikan cukup efektif.
Tidak Tersedia Deskripsi
PERBEDAAN MINAT BELAJAR IPA SISWA MENGGUNAKAN MEDIA VISUAL, AUDIO DAN AUDIOVISUAL DI SMP N 2 SEULIMEUM (Agusliana, 2018)
EFEKTIFITAS PENGGUNAAN MEDIA AUDIOVISUAL PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI MAN DARUSSALAM (Juliska Kumalasari, 2015)
PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN RESPON SISWA PADA MATERI VERTEBRATA DI KELAS X MAN DARUSSALAM, ACEH BESAR (Slamet Khalid Huda Pase, 2016)
MEDIA PEMBELAJARAN YANG DIGUNAKAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM PELAKSANAAN LAYANAN PEMINATAN (PENELITIAN PADA GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DI SMA NEGERI DALAM WILAYAH KOTA BANDA ACEH) (Putra Setiawan, 2018)
THE USE OF AUDIO VISUAL MEDIA IN TEACHING SPEAKINGRN(A PRE-EXPERIMENTAL STUDY AT SMP BUSTANUL ARIFIN BENER MERIAH) (Feri Kurniawan, 2015)