EFEKTIFITAS PENGGUNAAN MEDIA AUDIOVISUAL PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI MAN DARUSSALAM | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

EFEKTIFITAS PENGGUNAAN MEDIA AUDIOVISUAL PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI MAN DARUSSALAM


Pengarang

Juliska Kumalasari - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1006101060026

Fakultas & Prodi

Fakultas / / PDDIKTI :

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan., 2013

Bahasa

Indonesia

No Classification

371.33

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Kata Kunci: Efektifitas, media audiovisual
Penelitian ini berjudul “Efektifitas penggunaan media audiovisual pada mata pelajaran ekonomi di MAN Darussalam” mengangkat masalah proses belajar mengajar mata pelajaran ekonomi akuntansi menggunakan media audiovisual, hasil belajar setelah mendapat perlakukan terhadap media audiovisual, respon siswa terhadap media audiovisual, serta keefektifan penggunaan media audiovisual pada materi jurnal khusus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses belajar mengajar, hasil belajar siswa, respon siswa terhadap media audiovisual serta untuk melihat keefektifan penggunaan media ini. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas XII IPS MAN Darussalam berjumlah 44 orang, dikarenakan populasi berjumlah kurang dari 100 orang, maka peneliti mengambil seluruh populasi untuk dijadikan sampel dalam penelitian ini. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan data kepustakaan serta penelitian lapangan berupa observasi tes hasil belajar dan angket yang dibagikan kepada responden. Untuk mengetahui proses belajar-mengajar terhadap kemampuan guru, digunakan rumus skor rata-rata, untuk observasi terhadap aktivitas siswa digunakan rumus persentase, untuk melihat hasil belajar siswa dan respon siswa digunakan rumus persentase, untuk melihat keefektifannya dilihat pada ketuntasan klasikal terhadap test akhir siswa, lalu disesuaikan berdasarkan kriteria keefektifannya. Hasil analisis data menunjukkan bahwa kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran sudah baik dengan skor rata-rata 4,06, aktivitas siswa juga masuk kategori baik dengan persentase sebesar 75 %, hasil belajar siswa mengalami ketuntasan sebanyak 30 siswa dengan rata-rata 63,40, respon siswa terhadap penggunaan media ini adalah senang dengan skor rata-rata sebesar 3,80, serta keefektifan penggunaan media ini cukup efektif karena ketuntasan klasikal mencapai 68 %, dapat dikategorikan cukup efektif.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK