HUBUNGAN PSYCHOLOGICAL CAPITAL DENGAN WORK ENGAGEMENT GURU SEKOLAH ISLAM TERPADU | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

HUBUNGAN PSYCHOLOGICAL CAPITAL DENGAN WORK ENGAGEMENT GURU SEKOLAH ISLAM TERPADU


Pengarang

Farah Meutia - Personal Name;

Dosen Pembimbing

Eka Dian Aprilia - 198404082015042002 - Dosen Pembimbing I
Irin Riamanda - 198806062019032020 - Penguji
Santi Julita - 198307312013012101 - Penguji



Nomor Pokok Mahasiswa

2007101130047

Fakultas & Prodi

Fakultas Kedokteran / Psikologi (S1) / PDDIKTI : 73201

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Kedokteran., 2024

Bahasa

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Seorang guru dalam mengerjakan dan melaksanakan tugasnya mendidik siswa perlu dipenuhi dengan sikap positif dalam melakukan pekerjaannya, salah satunya adalah sikap work engagement (Schaufeli & Bakker, 2004). Ketika lingkungan kerja menuntut seorang guru untuk menambah beban kerja lalu menurunnya semangat serta penyerapan dalam pekerjaanya namun kurangnya sumber daya pekerjaan untuk mengatasi tuntutan, guru harus mencapai tujuan mereka melalui akomodasi psikologis salah satunya yaitu psychological capital. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara psychological capital dengan work engagement Guru Sekolah Islam Terpadu yang ada di kawasan Banda Aceh dan Aceh Besar. Subjek dalam penelitian ini melibatkan sebanyak 105 guru Sekolah Islam Terpadu yang ada di kawasan Banda Aceh dan Aceh Besar. Jenis Penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode korelasional dengan teknik pengambilan sampel Accidental Sampling. Data dikumpulkan menggunakan dua skala, yaitu Utrecht Work Engagement Scale 9 version (UWES-9) Schaufeli dan Baker yang telah diadaptasi oleh Kristiana, Fajrianthi, dan Purwono (2018) untuk mengukur work engagement dan psychological capital questionnaire (PCQ) Luthan (2007) untuk mengukur psychological capital. Hasil analisis uji normalitas variabel psychological capital menunjukkan bahwa data terdistribusi secara normal, variabel work engagement menunjukkan data juga terdistribusi secara normal, dan kedua variabel menunjukkan hubungan yang linear. Hasil penelitian menyatakan adanya hubungan positif yang signifikan antara psychological capital dengan work engagement, dengan diperolehnya nilai signifikansi 0.001

Teachers in carrying out duties to educate students needs to be filled with a positive attitude in doing their work, one of which is work engagement Schaufeli & Bakker, 2004). When the work environment demands a teacher to increase the workload and then decreases vigor and absorption in his work but there is a lack of work resources to cope with the demands, teachers must achieve their goals through psychological accommodation, one of which is psychological capital. The purpose of this study was to determine the relationship between psychological capital and work engagement of Integrated Islamic School Teachers. The subjects in this study involved 105 Integrated Islamic School teachers in Banda Aceh and Aceh Besar areas. The method of this research is accidental correlational research with a purposive sampling technique. Data were collected using two scales, namely the Utrecht Work Engagement Scale 9 version (UWES-9) Schaufeli and Baker which has been adapted by Kristiana, Fajrianthi, and Purwono (2018) to measure work engagement and the psychological capital questionnaire (PCQ) Luthan (2007) to measure psychological capital. The results of the normality test analysis of the psychological capital variable show that the data is normally distributed, the work engagement variable shows that the data is also normally distributed, and both variables show a linear relationship. The results of the study stated that there was a significant positive relationship between psychological capital and work engagement, with a significance value of 0.001

Citation



    SERVICES DESK