PENGARUH PROMOSI DAN KUNJUNGAN WISATAWAN TERHADAP PENDAPATAN PELAKU UMKM DI OBJEK WISATA DANAU LUT TAWAR | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

PENGARUH PROMOSI DAN KUNJUNGAN WISATAWAN TERHADAP PENDAPATAN PELAKU UMKM DI OBJEK WISATA DANAU LUT TAWAR


Pengarang

WULAN AGUSTINNA - Personal Name;

Dosen Pembimbing

Irma Anggraini - 198201092005012001 - Dosen Pembimbing I
Alfi Syahril Fuadi Jaya - 197807102005011004 - Dosen Pembimbing II



Nomor Pokok Mahasiswa

2006101030026

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Ekonomi (S1) / PDDIKTI : 87203

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Fakultas KIP Ekonomi., 2024

Bahasa

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Wulan Agustinna (2024). Pengaruh Promosi dan Kunjungan Wisatawan Terhadap Pendapatan Pelaku UMKM di sekitar Objek Wisata Danau Lut Tawar [Skripsi. Universitas Syiah Kuala]. Dibawah bimbingan Irma Anggraini, S.Pd., M.Pd., dan Alfi Syahril FJ, S.Pd., M.Si.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh promosi terhadap pendapatan pelaku UMKM di objek wisata sekitar Danau Lut Tawar pada Kabupaten Aceh Tengah, selain itu juga mengetahui pengaruh kunjungan wisatawan terhadap pendapatan pelaku UMKM di objek wisata sekitar Danau Lut Tawar pada Kabupaten Aceh Tengah, dan untuk mengetahui pengaruh promosi dan kunjungan wisatawan terhadap pendapatan pelaku UMKM di objek wisata sekitar Danau Lut Tawar pada Kabupaten Aceh Tengah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah pelaku UMKM yang berada disekitar objek wisata Danau Lut Tawar berjumlah 1.506 pelaku UMKM, dengan sampel berjumlah 94 UMKM yang mengetahui dan melakukan kegiatan promosi. Teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling. Pengumpulan data yaitu penelitian keperpustakaan, lapangan berupa observasi dan membagikan kuesioner kepada responden dengan menggunakan google form. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji asumsi klasik, analisis regeresi linear berganda dan uji hipotesis dengan menggunakan bantuan SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara promosi terhdap pendapatan pelaku UMKM dibuktikan dengan nilai thitung 2.191 > ttabel 1.8638 dan nilai sig. 0.031 < 0.05 (2) terdapat pengaruh signifikan antara kunjungan wisatawan terhadap pendapatan pelaku UMKM dibuktikan dengan nilai thitung 3.0170 > ttabel 1.8638 dan nilai sig. 0.002 < 0.005: (3) terdapat pengaruh signifikan antara promosi dan kunjungan wisatawan terhadap pendapatan pelaku UMKM dibuktikan dengan nilai fhitung 8.754 > ftabel 3.097 dan nilai sig. 0.000 < 0.005. Dengan nilai koefisien determinasi sebesar 0.526 atau 52,6%. Maka 52.6% pendapatan pelaku UMKM dapat dipengaruhi oleh promosi dan kunjungan wisatawan sedangkan sisanya 47,4% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini.

Kata Kunci: Promosi, Kunjungan Wisatawan, Pendapatan, UMKM

Wulan Agustinna (2024). The Effect of Promotion and Tourist Visits on the Income of MSME Actors around Lake Lut Tawar Tourism Object [Thesis. Syiah Kuala University]. Under the guidance of Irma Anggraini, S.Pd., M.Pd., and Alfi Syahril FJ, S.Pd., M.Si. This study aims to determine the effect of promotion on the income of MSME actors in tourist attractions around Lake Lut Tawar in Central Aceh Regency, in addition to knowing the effect of tourist visits on the income of MSME actors in tourist attractions around Lake Lut Tawar in Central Aceh Regency, and to determine the effect of promotion and tourist visits on the income of MSME actors in tourist attractions around Lake Lut Tawar in Central Aceh Regency. This research uses a quantitative approach and descriptive research type. The population in this study were MSME actors around the Lake Lut Tawar tourist attraction totaling 1,506 MSME actors, with a sample of 94 MSMEs who knew and carried out promotional activities. The sampling technique is purposive sampling. Data collection is library research, field research in the form of observation and distributing questionnaires to respondents using google form. The data analysis technique used is the classical assumption test, multiple linear regression analysis and hypothesis testing using the help of SPSS version 25: (1) there is a positive and significant influence between promotion on the income of MSME actors as evidenced by the tcount value 2.191 > ttable 1.8638 and sig value. 0.031 < 0.05 (2) there is a significant influence between tourist visits on the income of MSME actors as evidenced by the value of tcount 3.0170> ttable 1.8638 and sig value. 0.002 < 0.005: (3) there is a significant influence between promotion and tourist visits on the income of MSME actors as evidenced by the fcount value of 8,754 > ftabel 3,097 and sig value. 0.000 < 0.005. With a coefficient of determination of 0.526 or 52.6%. Then 52.6% of the income of MSME actors can be influenced by promotions and tourist visits while the remaining 47.4% is explained by other variables not included in this study. Keywords: Promotion, Tourist Visits, Revenue, MSMEs

Citation



    SERVICES DESK