PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KESETIMBANGAN KIMIA | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KESETIMBANGAN KIMIA


Pengarang

Maini Sari - Personal Name;

Dosen Pembimbing

Rusman - 196509061993031006 - Dosen Pembimbing I



Nomor Pokok Mahasiswa

1906103040073

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Kimia (S1) / PDDIKTI : 84204

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Fakultas KIP Kimia., 2024

Bahasa

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Abstrak : Maini Sari (2024). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada Materi Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kesetimbangan Kimia
Penelitian yang berjudul “Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada Materi Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kesetimbangan Kimia”, bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas, menganalisis hasil belajar dan tanggapan peserta didik terhadap penerapan model pembelajaran Problem Based learning. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek pada penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPAS 2 SMA Negeri 2 Timang Gajah tahun ajaran 2023/2024 yang berjumlah 33 orang. Instrumen yang digunakan berupa lembar observasi aktivitas peserta didik, soal tes hasil belajar, dan lembar angket tanggapan peserta didik. Hasil analisis data diperoleh aktivitas peserta didik dengan persentase rata-rata pada pertemuan pertama sebesar 79% dan pada pertemuan kedua sebesar 93%. Rata-rata persentase ketuntasan hasil belajar yang diperoleh peserta didik yaitu sebesar 80% dengan kategor baik. Tanggapan peserta didik terhadap model pembelajaran Problem Based learning menunjukkan respon positif dengan persentase sebesar 86% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian ini maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based learning dapat meningkatkan aktivitas, menuntaskan hasil belajar serta mendapatkan tanggapan sangat baik dari peserta didik.
Kata Kunci : Model Pembelajaran, PBL.

Abstract :The research titled "Implementation of the Problem Based Learning (PBL) Model on Factors Affecting Chemical Equilibrium" aims to describe student activities, analyze learning outcomes, and gather student responses to the application of the Problem Based Learning model. This research uses a descriptive type of study with a qualitative approach. The subjects of this research were 33 students of class XI IPAS 2 at SMA Negeri 2 Timang Gajah in the 2023/2024 academic year. The instruments used in this study included student activity observation sheets, learning outcome test questions, and student response questionnaires. The data analysis results showed that the average percentage of student activity was 79% in the first meeting and 93% in the second meeting. The average percentage of students achieving learning mastery was 80%, categorized as good. Student responses to the Problem Based Learning model indicated a positive reaction, with a percentage of 86%, categorized as very good. Based on the results of this study, it can be concluded that the implementation of the Problem Based Learning model can enhance student activity, ensure learning mastery, and receive very good feedback from students. Keywords: Problem-Based Learning (PBL); Chemical Equilibrium; Student Activities.

Citation



    SERVICES DESK