Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
THESES
MANAJEMEN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU BERBASIS DIGITAL DI MIN KOTA BANDA ACEH
Pengarang
Safranovi - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Nasir Usman - 196012311985111003 - Dosen Pembimbing I
Murniati AR - 196005071986022001 - Dosen Pembimbing II
Nomor Pokok Mahasiswa
2209200050004
Fakultas & Prodi
Fakultas Pasca Sarjana / Administrasi Pendidikan (S2) / PDDIKTI : 86104
Penerbit
Banda Aceh : Program Studi Magister Administrasi Pendidikan., 2024
Bahasa
Indonesia
No Classification
371.201 2
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
MANAJEMEN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN
KEMAMPUAN GURU BERBASIS DIGITAL
DI MIN KOTA BANDA ACEH
Oleh : Safranovi
NPM: 2209200050004
Komisi Pembimbing:
1. Dr. Nasir Usman, M. Pd.
2. Prof. Dr. Murniati AR, M. Pd.
ABSTRAK
Guru dituntut memiliki kompetensi digital dengan penguasaan yang optimal guna mengimbangi para siswa digital dengan berbagai karakteristiknya. Tujuannya adalah agar guru mampu mengajar lebih kreatif dengan menggunakan teknologi. Oleh karena itu, kepala sekolah memiliki pengaruh yang signifikan dalam mengelola peningkatan kemampuan guru dalam melakukan pembelajaran. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui secara mendalam mengenai manajemen kepala sekolah dalam meningkatkan kemampuan guru berbasis digital di MIN Kota Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dengan teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan temuan penelitian, didapati bahwa: (1) Program kepala sekolah dalam meningkatkan kemampuan guru berbasis digital, yaitu: Pelatihan digital bagi guru, seminar pendidikan berbasis digital, workshop guru, serta KKG berbasis digital; (2) Adapun strategi kepala sekolah dalam meningkatkan kemampuan guru berbasis digital yaitu: Memberikan pengarahan kepada guru mengenai kurikulum dan program pendidikan, melalui pengembangan tim teknis, mengintegrasikan teknologi dalam pembelajaran, melalui rapat tahunan dan rapat bulanan, melalui supervisi, memfasilitasi pendidikan dan pelatihan berbasis digital, lalu memberikan motivasi; (3) Pengawasan dilakukan oleh Kepala sekolah dibantu oleh wakabid kurikulum agar dapat terlaksananya program peningkatan kemampuan guru berbasis digital sesuai harapan; (4) Faktor pendukung kepala sekolah dalam meningkatkan kemampuan guru berbasis digital yaitu: kemampuan kepala sekolah dalam mengelola SDM, sarana prasarana, buku penunjang pembelajaran. Sedangkan hambatannya, yaitu: kurangnya motivasi guru, kendala waktu, kendala pembiayaan, kurangnya dukungan dari ahli, kurangnya laptop pribadi dan infokus sekolah, serta terdapat guru-guru yang mendekati purna bakti yang kesulitan untuk mengikuti pelatihan berbasis digital.
Kata Kunci: Manajemen Kepala sekolah dan Kemampuan Guru Berbasis Digital.
PRINCIPAL’S MANAGEMENT IN IMPROVING TEACHERS’ DIGITAL COMPETENCE IN ISLAMIC ELEMENTARY SCHOOLS IN BANDA ACEH ABSTRACT (Safranovi) Teachers must master digital competence to keep up with digital students with various characteristics. The goal is for teachers to be able to teach creatively using technology. Therefore, school principals have a significant role in improving these abilities. This study aimed to determine the principal's management to improve the digital competence of teachers of the Islamic Elementary School in Banda Aceh City. This research used a qualitative approach with a descriptive research type. The data was collected by observation, interviews, and documentation. The data analysis used descriptive qualitative analysis with data reduction techniques, data presentation, and conclusion drawing. The research found that: (1) The principal's programs in improving the ability of digital-based teachers were digital training for teachers, digital-based education seminars, teacher workshops, and digital-based KKG (Teacher Working Group); (2) The principal's strategy in improving digital-based teachers' abilities, namely briefing teachers about the curriculum and education program, technical team development, integrating technology in learning, implementing annual meetings and monthly meetings, conducting supervision, facilitating digital-based education and training, and providing motivation; (3) Supervision is carried out by the principal assisted by the vice principal of curriculum to implement the program to improve the ability of digital-based teachers; (4) The supporting factors for principals in improving the ability of digital-based teachers were the principal's ability to manage human resources, infrastructure facilities, learning support books. The obstacles were the lack of teacher motivation, time constraints, financing constraints, lack of support from experts, and lack of personal laptops and school projectors. Furthermore, some teachers are approaching retirement and have difficulty participating in digital-based training. Keywords: Principals’ management and digital-based competence
KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DI SD NEGERI 16 BANDA ACEH (IRAWATI, 2018)
KINERJA KEPALA MADRASAH DALAM IMPLEMENTASI MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH PADARNMAN 2 BANDA ACEH (NURAINA, 2014)
GAYA KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI KERJA GURU SDN 69 BANDA ACEH (ELIDAYATI, 2018)
STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU PADA SMA INSHAFUDDIN BANDA ACEH (NURLAILA, 2018)
KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM PENERAPAN MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH PADA SMA NEGERI 1 RNGEUMPANG KABUPATEN PIDIE (HINDUN, 2015)