Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
SKRIPSI
PERSEPSI MAHASISWA AKUNTANSI TERHADAP PENGETAHUANRNTEKNOLOGI INFORMASI YANG HARUS DIKUASAI AKUNTAN (STUDI PADA MAHASISWA JURUSAN AKUNTANSI YANG ADA DI KOTA BANDA ACEH DAN ACEH BESAR)
Pengarang
Darlina - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Nomor Pokok Mahasiswa
0201103020022
Fakultas & Prodi
Fakultas Ekonomi dan Bisnis / Akuntansi (S1) / PDDIKTI : 62201
Subject
Kata Kunci
Penerbit
Banda Aceh : Fakultas Ekonomi., 2009
Bahasa
No Classification
-
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
Pengetahuan teknologi informasi sangat penting artinye bagi setiap profesi termasuk profesi akuntan. Karena teknologi informasi dapat mendukung kelancaran pelaksanaan tugas yang berhubungan engan profesi tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi akuntansi terhadap pengetahuan teknologi informasi yang harus dikuasai oleh akuntan, dan ada atau tidaknya perbedaan persepsi mahasiswa akuntansi yang dibedakan berdasarkan jenis profesi akuntansi (akuntan publik dan akuntan pendidik) terhadap pengetahuan sistem teknologi informasi yang harus dikuasai akutan.
Responden penelitian adalah 91 orang mahasiswa jurusan akuntansi yang diambil secara proporsional sampling dari Universitas Syiah Kuala. Universitas Serambi Mekah, Unversitas Muhamadiyah di Kota Banda Aceh dan Universitas Abulyatama di Aceh Besar. Pengumpulan data dilakukan dengan mengedarkan kuesioner. Pengetahuan teknologi informasi yang dimaksudkan adalah Pengetahuan personal computer (PC), Pengetahuan desain dan pengembangan, Pengetahuan paket akuntansi, Pengetahuan elektronic data processing (EDP), dan Pengetahuan babasa pemograman. Selanjutnya data dianalisis dengan peralatan statistik uji beda rata-rata (paired-two sample t test).
Penelitian ini menemukan umumnya mahasiswa memiliki persepsi bahwa akuntan publik dan akuntan pendidik harus menguasai teknologi informasi yang berhubungan
dengan personal computer (PC), desain dan pengembangan sistem, paket akuntansi, pengetahuan EDP auditing dan pengetahuan yang berhubungan dengan bahasa pemograman. Persepsi mahasiswa terhadap keharusan dua kelompok akuntan tcrsebut menguasai kelima jenis pengetahuan teknologi informasi, tidak berbeda secara signifikan. Dengan demikian, mereka tidak melihat adanya perbedaan keharusan penguasaan teknologi informasi bagi kedua kelompok akuntan tersebut. Hal ini ditunjukkan oleh nilai t hitung sebesar -0,561 lebih kecil bila dibandingkan dengan nilai t tabel sebesar 1,987.
Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah, menu.rut persepsi mahasiswa, baik akuntan pendidik maupun akuntan publik dinilai perlu unruk menguasai teknologi informasi. Baik yang berhubungan dengan personel computer (PC), desain dan pengembangan sistem, paket akuntansi, EDP auditing maupun pengetahuan tentang bahasa pemograman.
Tidak Tersedia Deskripsi
PERSEPSI MAHASISWA AKUNTANSI TERHADAP PENGETAHUANRNTEKNOLOGI INFORMASI YANG HARUS DIKUASAI AKUNTAN (STUDI PADA MAHASISWA JURUSAN AKUNTANSI YANG ADA DI KOTA BANDA ACEH DAN ACEH BESAR) (Darlina, 2024)
PERSEPSI MAHASISWA AKUNTANSI TERHADAP PENGETAHUAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI YANG HARUS DIKUASAI OLEH AKUNTANRN(STUDI EMPIRIS PADA MAHASISWA AKUNTANSI FAKULTAS EKONOMI UNSYIAH BANDA ACEH) (Mursyidah, 2024)
PERBEDAAN PERSEPSI ANTARA PRAKTISI AKUNTAN DAN MAHASISWA AKUNTANSI TERHADAP KODE ETIK AKUNTAN DI BANDA ACEH (Fifi Yusmita, 2025)
PERSEPSL MAHASISWA JURUSAN AKUNTANSI TERHADAP AKUNTANSI SYARIAH (STUDI EMPIRIS PADA PERGURUAN TINGGI NEGERI DAN PERGURUAN TINGGI SWASTA DI KOTA BANDA ACEH) (Rusmi Indah Listianty, 2024)
PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN KECERDASAN ' SPIRITUAL TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN AKUNTANSI (STUDI EMPIRIS MAHASISWA AKUNTANSI UNIVERSITAS SYIAH KUALA DARUSALAM BANDA ACEH) (Sri Devianti Mj, 2024)