HUBUNGAN KEPERCAYAAN DIRI DENGAN PENYESUAIAN AKADEMIK PADA MAHASISWA BARU ASAL GAYO LUES DI UNIVERSITAS SYIAH KUALA | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

HUBUNGAN KEPERCAYAAN DIRI DENGAN PENYESUAIAN AKADEMIK PADA MAHASISWA BARU ASAL GAYO LUES DI UNIVERSITAS SYIAH KUALA


Pengarang

Assyifa Mutia - Personal Name;

Dosen Pembimbing

Santi Julita - 198307312013012101 - Dosen Pembimbing I



Nomor Pokok Mahasiswa

2007101130083

Fakultas & Prodi

Fakultas Kedokteran / Psikologi (S1) / PDDIKTI : 73201

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Kedokteran (S1)., 2024

Bahasa

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Sistem pendidikan di perguruan tinggi sangat berbeda dengan sekolah menengah.
Perbedaan sistem pendidikan tersebut menyebabkan banyak mahasiswa baru asal Gayo
Lues di Universitas Syiah Kuala yang menghadapi permasalahan dalam penyesuaian
akademiknya. Mahasiswa baru asal Gayo Lues yang berhasil dalam penyesuaian
akademik di perguruan tinggi akan lebih mudah mendapatkan hasil akademik yang
memuaskan. Perubahan psikologis yang dapat mendorong individu untuk
menyeimbangkan tugas akademiknya yaitu dengan memiliki kepercayaan diri yang baik.
Kepercayaan diri merupakan keyakinan diri individu terhadap kemampuan yang dimiliki,
ketenangan dalam bertindak, memiliki kebebasan dalam melakukan sesuatu, tanggung
jawab dalam setiap tindakan, menyadari kekuatan dan kelemahan diri sendiri. Penelitian
ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kepercayaan diri dengan penyesuaian akademik
pada mahasiswa baru asal Gayo Lues di Universitas Syiah Kuala. Penelitian ini
menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis korelasi. Teknik penentuan sampel
menggunakan Purposive Sampling dengan jumlah sampel sebanyak 116 mahasiswa baru
asal Gayo Lues di Universitas Syiah Kuala. Instrumen penelitian yaitu Academic
Adjustment Scale (AAS) dan skala kepercayaan diri. Hasil analisis penelitian menunjukkan
bahwa terdapat hubungan yang positif antara kepercayaan diri dengan academic lifestyle
dengan nilai signifikansi (p)=0.000 dan nilai koefisien korelasi (r)=0.602, terdapat
hubungan yang positif antara kepercayaan diri dengan academic achievement dengan nilai
signifikansi (p)=0.000 dan nilai koefisien korelasi (r)=0.547, terdapat hubungan yang positif
antara kepercayaan diri dengan academic motivation dengan nilai signifikansi (p)=0.000
dan nilai koefisien korelasi (r)=0.43. Hal ini dapat diartikan bahwa semakin tinggi
kepercayaan diri maka semakin tinggi penyesuaian akademik.
Kata kunci: Kepercayaan Diri, Penyesuaian akademik, Mahasiswa baru

The education system at the university level is very different from that of high school. These differences in the education system cause many new students from Gayo Lues at Syiah Kuala University to face challenges in their academic adjustment. New students from Gayo Lues who succeed in their academic adjustment at the university will find it easier to achieve satisfactory academic results. A psychological change that can drive individuals to balance their academic tasks is having good self-confidence. Self-confidence is an individual's belief in their abilities, calmness in action, freedom in doing something, responsibility in every action, and awareness of their own strengths and weaknesses. This study aims to determine the relationship between self-confidence and academic adjustment among new students from Gayo Lues at Syiah Kuala University. The study uses a quantitative approach with a correlation type. The sampling technique used is Purposive Sampling, with a total sample of 116 new students from Gayo Lues at Syiah Kuala University. The research instruments are the Academic Adjustment Scale (AAS) and the self-confidence scale. The research analysis results show a positive relationship between self-confidence and academic lifestyle with a significance value (p)=0.000 and a correlation coefficient (r)=0.602, a positive relationship between self-confidence and academic achievement with a significance value (p)=0.000 and a correlation coefficient (r)=0.547, and a positive relationship between self-confidence and academic motivation with a significance value (p)=0.000 and a correlation coefficient (r)=0.43. This means that the higher the self-confidence, the higher the academic adjustment. Keywords: Self-Confidence, Academic Adjustment, New Students

Citation



    SERVICES DESK