Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
SKRIPSI
IMPLEMENTASI MODEL PROJECT BASED LEARNING DIPADU LKPD TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN MANUSIA DI MTSN 1 BANDA ACEH
Pengarang
URIDIA ULYA - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Andi Ulfa Tenri Pada - 198304212008122003 - Dosen Pembimbing I
Nomor Pokok Mahasiswa
2006103010027
Fakultas & Prodi
Fakultas KIP / Pendidikan Biologi (S1) / PDDIKTI : 84205
Penerbit
Banda Aceh : Fakultas KIP Biologi., 2024
Bahasa
Indonesia
No Classification
371.3
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
Rendahnya keterampilan berpikir kreatif peserta didik dalam merepresentasikan pengembangan ide-ide dan membuat hipotesis dari sebuah permasalahan dalam pembelajaran merupakan fenomena yang ditemukan oleh guru. Salah satu model pembelajaran yang dapat menjadi solusi adalah model Project Based Learning. PjBL mampu mengembangkan kreativitas dalam merancang dan membuat proyek untuk mengatasi permasalahan dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan keterampilan berpikir kreatif peserta didik setelah implementasi model pembelajaran Project Based Learning dipadu LKPD pada materi sistem pernapasan manusia di MTsN 1 Banda Aceh. Penelitian ini merupakan studi eksperimen dengan pre-test post-test non-equivalent control group design. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas VIII MTsN 1 Banda Aceh dengan mengambil sampel dua kelas (kelas eksperimen dan kelas kontrol) melalui teknik purpossive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen tes (pretest dan posttest). Untuk menguji perbedaan keterampilan berpikir kreatif peserta didik kelas eksperimen dan kelas kontrol digunakan uji-t. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa terdapat perbedaan keterampilan berpikir kreatif peserta didik setelah implementasi model pembelajaran Project Based Learning dipadu LKPD pada materi sistem pernapasan manusia di MTsN 1 Banda Aceh.
The low creative thinking skills of students in representing the development of ideas and making hypotheses from a problem in learning is a phenomenon found by teachers. One of the learning models that can be a solution is the Project Based Learning model. PjBL is able to develop creativity in designing and creating projects to overcome problems in learning. This study aims to determine the differences in students' creative thinking skills after the implementation of the Project Based Learning learning model combined with LKPD on the material of the human respiratory system at MTsN 1 Banda Aceh. This research is an experimental study with pre-test post-test non-equivalent control group design. The study population was all students of class VIII MTsN 1 Banda Aceh by sampling two classes (experimental class and control class) through purposive sampling technique. Data collection was carried out using test instruments (pretest and posttest). To test the difference in creative thinking skills of experimental and control class students, t-test was used. Based on the results of the study, it is known that there are differences in the creative thinking skills of students after the implementation of the Project Based Learning learning model combined with LKPD on the material of the human respiratory system at MTsN 1 Banda Aceh.
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT-BASED LEARNING PADA MATA PELAJARAN PRAKARYA DAN KEWIRAUSAHAAN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF DAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK (Aprilia Rizqina Nuramalina, 2022)
TEACHING SPEAKING SKILL BY USING CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) FOR SENIOR HIGH SCHOOL STUDENTS (Khairun Nisa, 2021)
PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DIPADU MEDIA FLASHCARD TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN DI MAN KOTA BANDA ACEH (Khairun Nisa, 2022)
THE IMPLEMENTATION OF CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) IN TEACHING LISTENING SKILL TO SENIOR HIGH SCHOOOL STUDENTS (lia maisyarah, 2013)
THE USE OF VIDEO-BASED LEARNING FOR THE IMPROVEMENT OF STUDENTS’ WRITING ACHIEVEMENT (Riski Agustina, 2014)