PERENCANAAN BUNDARAN PADA SIMPANG BERLENGAN TUJUH DENGAN MENGGUNAKAN SOFTWARE SIDRA INTERSECTION 5.I (STUDI KASUS PADA SIMPANG TUJUH ULEE KARENG, BANDA ACEH) | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

PERENCANAAN BUNDARAN PADA SIMPANG BERLENGAN TUJUH DENGAN MENGGUNAKAN SOFTWARE SIDRA INTERSECTION 5.I (STUDI KASUS PADA SIMPANG TUJUH ULEE KARENG, BANDA ACEH)


Pengarang

Khudri Yansari - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

0704101020047

Fakultas & Prodi

Fakultas Teknik / Teknik Sipil (S1) / PDDIKTI : 22201

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Teknik., 2012

Bahasa

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Simpang Tujuh Ulee Kareng merupakan simpang dengan pertemuan sebanyak tujuh ruas jalan tanpa adanya pengaturan lalu lintas dan tanpa petuniuk yang jelas dalam mengarahkan arus lalu lintas. Pada simpang ini sering teriadi konflik, yang mengakibatkan pengguna kenderaan dari tiap-tiap ruas tidak memiliki prioritas dalam menentukan arah perjalanannya, sehingga sering teriadi tundaan dan kemacetan. Lokasi penelitian pada Simpang Tujuh Ulee Kareng, Kota Banda Aceh yang beda jarak 5 km dari Mesjjd Raya Baiturrahman. Tujuan dari penelitian ini ialah merencanakan Simpang Tujuh Ulee Kareng menjadi sebuah persimpangan dengan bundaran. Data yang dikumpulkan berupa data geometrik simpang, data volume lalu-liutas dan data kecepatan perialanan. Data volume lalu lintas diambil pada hari Rabu tanggal 23 Mei dengan 3 periode, yaitu pada waktu pada pukul 07.00-08.00 WIB, siang 13.00-14.00 WIB, dan sore 17.30-18.30 WIB. Data-data tersebut kemudian diolah dengan sofrware SIDRA Intersection 5.1 untuk mendapatkan ukuran kineria simpang. Hasil perhitungan kondisi eksisting diperoleh demand flow 2178 smp/jam. kapasitas 1906 smp4am, derajat kejenuhan (DS) 0,954, tundaan rota-rota 11.6 detik dan tingkat pelayanan (Lovel of service, LOS simpang adalah NA (Not Applicable). Hasil perhitungan setelah dilakukan perubahan geometrik simpang dengan bundaran dan pelebaran beberapa lengan, diperoleh kapasitas 1012 smp/jam, derajat kejenuhan (DS) simpang sebesar 0,851. Nilai tundaan rata-rata simpang sebesar 9,6 detik dan tingkat pelayanan simpang (Level Of service, LOS). yaitu A

Kata kunci : kineria simpang, volume lalu-lintas, kapasitas, derajat kejenuhan,
tundaan. level Of service (LOS).

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK