IMPLEMENTASI PROGRAM SEDATI DI TK RUMAN ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

IMPLEMENTASI PROGRAM SEDATI DI TK RUMAN ACEH


Pengarang

NUR HALIZA YUSNI - Personal Name;

Dosen Pembimbing

Siti Naila Fauzia - 198910302019032012 - Dosen Pembimbing I



Nomor Pokok Mahasiswa

2006104210053

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / PG PAUD (S1) / PDDIKTI : 86207

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Fakultas KIP PG PAUD (S1)., 2024

Bahasa

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Program sehari berbudaya pasti Aceh (Sedati) merupakan upaya pengenalan dan pelestarian budaya dari daerah Aceh dalam sehari di sekolah. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan implementasi program sedati di TK Ruman Aceh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data berupa observasi dan wawancara dan. Subjek penelitian adalah 2 orang guru dan 1 orang kepala sekolah di TK Ruman Aceh. Objek dalam penelitian ini adalah implementasi program sedati di TK Ruman Aceh. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi program sedati di TK Ruman Aceh berupa penyediaan modul ajar ke-Acehan dan RPP ke Acehan. Persiapan sarana dan prasarana pendukung keberlangsungan program Sedati. Pelaksanaan program sedati berupa penggunaan bahasa Aceh sebagai alat komunikasi, penggunaan kerudung bermotif pucok reubong sementara anak dipakaikan kain batik panjang di kepala dan pinggang, serta pembuatan sapu lidi yang dapat meningkatkan keterampilan motorik anak.
Kata Kunci : Implementasi, Program sedati Aceh.

The daily cultural program of Aceh (Sedati) is an effort to introduce and preserve Acehnese culture within a day at school. The purpose of this study is to describe the implementation of the Sedati program at TK Ruman Aceh. This research uses a qualitative approach with a descriptive type of research. Data collection techniques include observation and interviews. The subjects of the study are 2 teachers and 1 principal at TK Ruman Aceh. The object of this research is the implementation of the Sedati program at TK Ruman Aceh. The results indicate that the implementation of the Sedati program at TK Ruman Aceh includes the provision of Acehnese teaching modules and Acehnese lesson plans. Preparations involve supporting facilities and infrastructure for the continuity of the Sedati program. The Sedati program implementation includes the use of the Acehnese language as a communication tool, the use of a traditional motif headscarf while children wear batik cloth on their heads and waists, and the creation of broomsticks to enhance children's motor skills. Keywords: Implementation, Sedati Aceh Program.

Citation



    SERVICES DESK