Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
SKRIPSI
PENGARUH PELAYANAN DAN KEPATUHAN WAJIB PAJAK TERHADAP PENERIMAAN PAJAK PENGHASILAN (PPH) PADA KANTOR PELAYANAN PAJAK BANDA ACEH
Pengarang
Syarifah Reka Ade Kassyar - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Nomor Pokok Mahasiswa
0201103010118
Fakultas & Prodi
Fakultas Ekonomi dan Bisnis / Akuntansi (S1) / PDDIKTI : 62201
Penerbit
Banda Aceh : Fakultas Ekonomi., 2008
Bahasa
Indonesia
No Classification
336.24
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelayanan dan kepatuhan wajib pajak terhadap penerimaan pajak penghasilan pada Kantor Pelayanan Pajak Banda Aceh.
Peralatan analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda. Populasi dari
penelitian ini adalah wajib pajak badan yang terdaftar di Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Banda Aceh. Sedangkan pemilihan sampel ditentukan dengan teknik purposive sampling, dimana sampel yang dipilih adalah merupakan wajib pajak badan yang terdaftar pada KPP Banda Aceh, yang membayar pajak RP 100.000,- perbulan dan yang mengembalikan kuisioner paling lambat
30 hari sctelah pcnyebaran.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelayanan dan kepatuhan tidak berpengaruh signifikan terhadap penerimaan pajak penghasilan. Hal ini ditunjukkan oleh persarnaan regresi Y
= 11,263 + 0.007X, + 0,017X, + e. Hasil pengolahan data juga memperlihatkan nilai koefisien
korelasi (R) sebesar 0,080 dapat diartikan bahwa hubungan antara dua variabel independent
(variable bebas) yaitu pelayanan fiskus dan kepatuhan wajib pajak badan dengan variabel dependen (variable terikat) yaitu penerimaan pajak pcnghasilan hanya sebesar 0,080. Sedangkan nilai koefisien determinasi (R') sebesar 0,006, ini berarti pengaruh pelayanan fiskus dan kepatuhan WP badan terhadap penerimaan pajak penghasilan hanya sebesar 0,6%, selebihnya yaitu sebesar 99,4% clipengaruhi oleh variabel lain.
Hasil pengujian secara simuJtan diperoleh f-hitung sebesar 0, 114, sedangkan f-tabel pada tingkat signifikansi a = 5% adalah sebesar 3,251. Hal ini memperlihatkan bahwa funs fas»e nilai sig. 0,893. Dengan demikian dapat diartikan bahwa pelayanan dan kepatuhan tida.k secara
serempak (simultan) berpengaruh signifikan terhadap penerimaan pajak penghasilan. Atau dengan kata lain HaJ ditolak.
Hasil pengujian secara parsial menunjukkan nilai t-hitung untuk pelayanan perpajakan yang dilakukan oleh fiskus sebesar 0,151 dengan nilai signifikansi sebesar 0,881 dan ttabel 2,026 jadi tang lase. Dapat disimpulkan bahwa Hal ditolak, artinya secara parsial pelayanan tidak berpengaruh signifikan terhadap penerimaan pajak penghasilan. Selanjutnya, diperoleh nilai t• hitung untuk kepatuhan wp scbcsar 0,444 dengan nilai signifikansi 0,660 dan t-tabel 2,026. Dengan demikian dapat disimpulkan Ha2 ditolak, artinya secara parsial kepatuhan wajib pajak tidak berpengaruh signifikan terhadap penerimaan pajak penghasilan.
KesimpuJan yang dapat diambil dalam penelitian ini adalah pelayanan dan kepatuhan
wajib pajak berpengaruh kecil terhadap penerimaan pajak penghasilan. Untuk penelitian selanjutnya dapat dilakukan penelitian menggunakan variabel lain yang lebih berpengaruh terhadap penerimaan pajak penghasilan, seperti meningkatkan kesadaran wajib pajak, menerbitkan surat pak.sa dan melakukan penyitaan.
Tidak Tersedia Deskripsi
PENGARUH TINGKAT KEPATUHAN WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI TERHADAP PENINGKATAN PENERIMAAN PAJAK YANG DIMODERASI OLEH PEMERIKSAAN PAJAK (STUDI EMPIRIS PADA WP ORANG PRIBADI YANG TERDAFTAR DI KPP PRATAMA BANDA ACEH) (Nico Andhica, 2024)
KEPUASAN WAJIB PAJAK DALAM PAJAK SERTA PENGARUHNYA TERHADAP PENERIMAAN PAJAK PENGHASILAN (PPH) PASAL 25 DI KOTA BANDA ACEH (Faisal, 2024)
PENGARUH KEPATUHAN WAJIB PAJAK BADAN TERHADAP KINERJA PENERIMAAN PAJAK PENGHASILAN YANG DIMODERASI OLEH PELAYANAN PAJAK PADA KANTOR PELAYANAN PAJAK (KPP) PRATAMA RNKOTA BANDA ACEH (Ryan Novrian, 2024)
PENGARUH PENGETAHUAN WAJIB PAJAK, KESADARAN WAJIB PAJAK, KUALITAS PELAYANAN DAN SANKSI PERPAJAKAN TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI DI KPP PRATAMA PROVINSI ACEH (Hidayatussa Dhikin, 2023)
PENGARUH TARIF PAJAK, KUALITAS PELAYANAN, PEMERIKSAAN PAJAK DAN KESADARAN WAJIB PAJAK RNTERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK HOTEL DAN RESTORAN DI KOTA BANDA ACEH (Masykura, 2024)