METODE GURU PJOK DALAM PENANGANAN PENCEGAHAN KENAKALAN SISWA SMA NEGERI 1 PANGA | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

METODE GURU PJOK DALAM PENANGANAN PENCEGAHAN KENAKALAN SISWA SMA NEGERI 1 PANGA


Pengarang

Murdani - Personal Name;

Dosen Pembimbing

Amiruddin - 196308171992031003 - Dosen Pembimbing I
Dr. Drs. Mansur, M.Kes - - - Dosen Pembimbing II
Razali - 196510021992031001 - Penguji
Zahara - 198602082015012101 - Penguji



Nomor Pokok Mahasiswa

2006104020020

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi (S1) / PDDIKTI : 85201

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Fakultas KIP., 2024

Bahasa

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Murdani. (2024). Metode Guru PJOK Dalam Penanganan Pencegahan Kenakalan Siswa SMA Negeri 1 Panga. [Skripsi. Universitas Syiah Kuala]. Dibawah bimbingan Dr. Drs. Amiruddin, M.Kes, AIFO., dan Dr. Drs. Mansur, M.Kes.
Pendidikan memliki istilah Pedagogik yang artinya bimbingan atau pertolongan yang diberikan dengan sengaja oleh orang dewasa atau pendidik kepada yang di didik untuk mencapai tujuan hidupnya. Namun dalam dunia Pendidikan yang namanya kenakalan siswa itu tentu ada dan membuat keresahan akan guru di sekolah, dan disini guru PJOK menjadi orang yang disegani oleh siswa nakal tersebut. Rumusan masalah dalam penlitian ini adalah: Metode pendekatan dan tindakan apa yang digunakan guru PJOK dalam penanganan pencegahan kenakalan siswa di SMA Negeri 1 Panga?. Dengan tujuan penelitian: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode guru PJOK dalam penanganan pencegahan kenakalan siswa SMA Negeri 1 Panga. Penelitian ini menggunakan Pendekatan Kualitatif dengan metode penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi dilakukan di SMA Negeri 1 Panga dengan alamat JL. Harun Gadeng No.04 Keude Panga, Keude Panga, Kec. Panga, Kab. Aceh Jaya, Prov. Aceh. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, guru PJOK, komite sekolah serta peserta didik SMA Negeri 1 Panga yang berjumlah 30 orang dan dilakukan pada hari Sabtu 18 Mei. Subjek penelitian ini memberikan informasi tentang suatu fakta atau pendapat yang berkaitan tentang metode guru PJOK dalam penanganan pencegahan kenakalan siswa SMA Negeri 1 Panga dengan pertanyaan wawancara yang telah disusun oleh peneliti. Sedangkan observasi ditinjau dari aspek perencanaan, kegiatan pembelajaran dan evaluasi pembelajaran yang dilakukan guru PJOK saat mengajar dikelas. Metode yang digunakan oleh guru PJOK di SMA Negeri 1 Panga dalam penanganan dan pencegahan kenakalan siswa efektif dan menarik. Guru PJOK menggunakan metode personal, mengintegrasikan nilai-nilai moral dan etika, serta berperan aktif dalam kegiatan bimbingan dan konseling. Metode ini menciptakan lingkungan yang aman, mendukung, dan memungkinkan siswa merasa dihargai dan didengar, sehingga mengurangi kecenderungan mereka untuk terlibat dalam perilaku negatif. Dan mengunakan tindakan privektif, dengan cara membuat nyaman dan tenang untuk bercerita kenapa berbuat kenakalan dan pada akhirnya dibimbing dan varu diberikan hukuman bedasarkan jenis kenakalan yang dibuat.

Kata kunci: Metode Guru Pjok Dalam Mengatasi Kenakalan siswa SMA Negeri 1 Panga

ABSTRACT Murdani. (2024). PJOK Teacher Methods in Handling Delinquency Prevention for Panga 1 Public High School Students. [Thesis. Syiah Kuala University]. Under the guidance of Dr. Drs. Amiruddin, M. Kes, AIFO., and Dr. Drs. Mansur, M. Kes. Education has the term Pedagogy, which means guidance or assistance provided deliberately by adults or educators to those being educated to achieve their life goals. However, in the world of education, student delinquency certainly exists and causes anxiety for teachers at school, and here PJOK teachers become people who are respected by these naughty students. The formulation of the problem in this research is: What approaches and actions do PJOK teachers use in handling student delinquency prevention at SMA Negeri 1 Panga? With research objectives: This research aims to determine the methods of PJOK teachers in handling the prevention of delinquency at SMA Negeri 1 Panga students. This research uses a qualitative approach with qualitative descriptive research methods. Data collection techniques through observation, interviews and documentation were carried out at SMA Negeri 1 Panga at the address JL. Harun Gadeng No.04 Keude Panga, Keude Panga, Kec. Panga, Kab. Aceh Jaya, Prov. Aceh. The research subjects were the principal, PJOK teachers, school committee and 30 students of SMA Negeri 1 Panga and was carried out on Saturday 18 May. The subject of this research provides information about a fact or opinion related to the PJOK teacher's method in handling delinquency prevention for students at SMA Negeri 1 Panga with interview questions that have been prepared by the researcher. Meanwhile, observations are viewed from the aspects of planning, learning activities and learning evaluation carried out by PJOK teachers when teaching in class. The methods used by PJOK teachers at SMA Negeri 1 Panga in handling and preventing student delinquency are effective and interesting. PJOK teachers use personal methods, integrate moral and ethical values, and play an active role in guidance and counseling activities. This method creates a safe, supportive environment and allows students to feel valued and heard, thereby reducing their tendency to engage in negative behavior. And using private actions, by making it comfortable and calm to tell why you have committed a mischief and in the end you will be guided and given a punishment based on the type of mischief you have done. Keywords: Corner Teacher Method in Overcoming Delinquency at SMA Negeri 1 Panga students

Citation



    SERVICES DESK