Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
THESES
PENERAPAN MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI SD NEGERI 62 KOTA BANDA ACEH
Pengarang
IHSAN - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Nomor Pokok Mahasiswa
1109200050030
Fakultas & Prodi
Fakultas Pasca Sarjana / Administrasi Pendidikan (S2) / PDDIKTI : 86104
Kata Kunci
Penerbit
Banda Aceh : Fakultas Pasca Sarjana., 2014
Bahasa
Indonesia
No Classification
371.2
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
PENERAPAN MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH
DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN
DI SD NEGERI 62 KOTA BANDA ACEH
Oleh : Ihsan
NIM : 1109200050030
Komisi Pembimbing:
1. Dr.Djailani AR,M.Pd.
2. Dr.Sakdiah Ibrahim,M.Pd.
ABSTRAK
Manajemenberbasissekolahmerupakansistempengelolaansekolah yang memberikankewenangandankekuasaankepadasekolahuntukmengaturkehidupannyasesuaidenganpotensi, tuntutandankebutuhansekolah yang bersangkutan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan, implementasi, dan kendala yang dihadapi kepala sekolah dalam menerapkan manajemen berbasis sekolah. Untuk mencapai tujuan tersebut, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Prosedur analisis data adalah reduksi data, display data, dan verifikasi.Sedangkan subjek penelitian adalah kepalasekolah, wakil kepala sekolah, dan guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan dilakukan dengan menyesuaikan aturan kebijakan dan tujuan pokok sekolah, memadukan sistem kerja dengan sumber daya sekolah agar memperoleh prestasi yang tinggi dengan fokus pada pengembangan mutu peserta didik; (2) Implementasi manajemen berbasis sekolah dalam pencapaian program pendidikan dilakukan dengan tahapan sosialisasi, merumuskan visi, misi dan tujuan sekolah, mengidentifikasi tantangan sekolah, dan melakukan Analisis SWOT; dan (3) Kendala yang dihadapi kepala sekolah dalam implementasi manajemen berbasis sekolah tidak memiliki kendala bila dilihat dari kondisi staf/karyawan sekolah, kondisi guru di sekolah masih terkendala dengan kedisiplinan dan tanggungjawab, sedangkan kondisi lingkungan sekolah terkendala dengan ketidaknyamanan kendaraan dan sarana transportasi pemerintah.
Kata kunci: Manajemen Berbasis Sekolah, dan Mutu Pendidikan.
Tidak Tersedia Deskripsi
KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN PADA SD GUGUS MANGGA KECAMATAN JAYA BARU BANDA ACEH (CASWO, 2018)
MANAJEMEN MUTU PENDIDIKAN PADA SMA NEGERI 1 RNMUTIARA KABUPATEN PIDIE (Suhaimi Bakri, 2014)
PENERAPAN MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI SD NEGERI 62 KOTA BANDA ACEH (IHSAN, 2015)
MANAJEMEN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN PADA SD NEGERI DAYAH GUCI KABUPATEN PIDIE. (Muhammad Nur, 2015)
KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM PENERAPAN MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH PADA SMA NEGERI 1 RNGEUMPANG KABUPATEN PIDIE (HINDUN, 2015)