PERSEPSI, PREFERENSI DAN PERILAKU MASYARAKAT BANDA ACEH TERHADAP KEPUTUSAN MENGGUNAKAN PRODUK GADAI EMAS DI PT PEGADAIAN SYARIAH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

PERSEPSI, PREFERENSI DAN PERILAKU MASYARAKAT BANDA ACEH TERHADAP KEPUTUSAN MENGGUNAKAN PRODUK GADAI EMAS DI PT PEGADAIAN SYARIAH


Pengarang

MUBARAK MAULANA - Personal Name;

Dosen Pembimbing

Amri - 197507192006041001 - Dosen Pembimbing I
Muhammad Haris Riyaldi - 198406202014041001 - Penguji
Teuku Muhammad Syahrizal - 199004172019031013 - Penguji



Nomor Pokok Mahasiswa

1701104010048

Fakultas & Prodi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis / Ekonomi Islam (S1) / PDDIKTI : 60202

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Ekonomi Islam., 2024

Bahasa

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

PERSEPSI, PREFERENSI DAN PERILAKU MASYARAKAT BANDA
ACEH TERHADAP KEPUTUSAN MENGGUNAKAN PRODUK GADAI
EMAS DI PT PEGADAIAN SYARIAH

ABSTRAK

Gadai emas merupakan pemberian pinjaman dengan sistem gadai yang diberikan
ke seluruh golongan nasabah untuk kebutuhan konsumtif maupun produktif dengan
jaminan emas, baik emas batangan maupun perhiasan. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui pengaruh persepsi, preferensi, dan perilaku terhadap keputusan
masyarakat menggunakan produk gadai emas di pegadaian syariah di Kota Banda
Aceh. Data yang digunakan merupakan data primer yang diperoleh melalui
kuesioner. Populasi penelitian ini adalah nasabah pembiayaan gadai emas di
pegadaian syariah di Kota Banda Aceh. Penelitian ini melibatkan 39 responden
yang dijaring menggunakan rumus Slovin. Teknik pengambilan sampel dengan
menggunakan teknik simple random sampling. Data penelitian ini dianalisis
menggunakan metode regresi linier berganda. Hasil penelitian ini secara parsial
menunjukkan bahwa preferensi berpengaruh positif terhadap keputusan masyarakat
menggunakan produk gadai emas di pegadaian Syariah di Kota Banda Aceh,
berbanding terbalik dengan persepsi dan perilaku yang berpengaruh negatif
terhadap keputusan masyarakat menggunakan produk gadai emas di pegadaian
Syariah di Kota Banda Aceh. Sedangkan secara simultan persepsi, preferensi dan
perilaku berpengaruh positif terhadap keputusan menggunakan produk gadai emas
di pegadaian Syariah di Kota Banda Aceh.

Kata Kunci: Gadai emas, Keputusan, Persepsi, Preferensi, Perilaku

PERCEPTIONS, PREFERENCES AND BEHAVIOR OF THE BANDA ACEH COMMUNITY TOWARD THE DECISION TO USE GADAI GOLD PRODUCTS AT PT PEGADAIAN SYARIAH ABSTRACT Gold pawning is a loan with a pawning system that is given to all groups of customers for consumptive and productive needs with gold as collateral, both gold bullion and jewelry. This research aims to determine the influence of perceptions, preferences and behavior on people's decisions to use gold pawn products at sharia pawnshops in Banda Aceh City. The data used is primary data obtained through a questionnaire. The population of this research is gold pawn financing customers at sharia pawnshops in Banda Aceh City. This research involved 39 respondents who were selected using the Slovin formula. The sampling technique used simple random sampling technique. This research data was analyzed using the multiple linear regression method. The results of this study partially show that preference has a positive effect on people's decisions to use gold pawn products at Sharia pawnshops in Banda Aceh City, inversely proportional to perceptions and behaviors that negatively affect people's decisions to use gold pawn products at Sharia pawnshops in Banda Aceh City. Meanwhile, simultaneously perceptions, preferences and behaviors have a positive influence on the decision to use gold pawn products at Sharia pawnshops in Banda Aceh City. Keywords: Pawn gold, Decision, Perseption, Preference, Behavior

Citation



    SERVICES DESK