Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
THESES
UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN MEMECAHKAN MASALAH PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN MELALUI MODEL PROJECT BASED LEARNING PADA SISWA MAN MODEL BANDA ACEH
Pengarang
fatemah rosma - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Nomor Pokok Mahasiswa
1109200150052
Fakultas & Prodi
Fakultas / / PDDIKTI :
Kata Kunci
Penerbit
Banda Aceh : Prog. Studi Megister Pendidikan Biologi., 2015
Bahasa
Indonesia
No Classification
1
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
ABSTRAK
Telah dilakukan penelitian tentang Upaya Peningkatan Hasil Belajar dan Keterampilan Memecahkan Masalah pada Materi Pencemaran Lingkungan Melalui pembelajaran berbasis proyek pada bulan Mei 2014 di MAN Model Banda Aceh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran berbasis proyek dengan model pembelajaran konvensional dan perbandingan keterampilan siswa dalam memecahkan masalah sebelum dan sesudah diajarkan dengan model pembelajaran berbasis proyek. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain kontrol grup tes awal dan tes akhir. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X yang berjumlah 240 siswa, sampelnya dipilih secara acak sebanyak 60 siswa yang dibagi menjadi dua kelas, yaitu kelas eksperimen dan kontrol. Instrumen yang digunakan adalah soal tes berupa tes pilihan ganda untuk hasil belajar dan tes uraian untuk keterampilan memecahkan masalah. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan tes kemampuan awal (pretes) dan tes kemampuan akhir (postes). Pengolahan data dilakukan dengan mencari gain ternormalisasi dan membandingkan kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Data dianalisis menggunakan uji-t. Hasil penelitian hasil belajar siswa menunjukkan thitung 10,74 > ttabel 1,645, sedangkan untuk keterampilan memecahkan masalah menunjukkan thitung 18,89 > ttabel 2,045. Kesimpulan dari penelitian ini adalah model pembelajaran berbasis proyek berpengaruh secara signifikan terhadap peningkatan hasil belajar dan keterampilan memecahkan masalah pada materi pencemaran lingkungan pada siswa MAN Model Banda Aceh.
Kata kunci : Model Pembelajaran Berbasis Proyek, Hasil Belajar, Keterampilan
Memecahkan Masalah.
Tidak Tersedia Deskripsi
IMPLEMENTASI MODEL PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS X SMAN 11 BANDA ACEH (Aulia Nur, 2016)
UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN MEMECAHKAN MASALAH PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN MELALUI MODEL PROJECT BASED LEARNING PADA SISWA MAN MODEL BANDA ACEH (fatemah rosma, 2015)
PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN MEMECAHKAN MASALAH DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PADA PERKULIAHAN PENGETAHUAN LINGKUNGAN DAN KEPENDUDUKAN (SAFRYADI A., 2014)
KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA DAN KETERAMPILAN KOLABORASI SISWA SMP PADA MATERI PERSAMAAN GARIS MELALUI PROJECT-BASED LEARNING (Sela Nur Shadiqah, 2022)
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHINGRNUNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA RNMATA PELAJARAN FISIKA KELAS VIII3 MTSN RNBANDA ACEH (Siti Nurjihan, 2015)