PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DEEP DIALOGUE CRITICAL THINKING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA SISWA SMA NEGERI 1 SAWANG | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DEEP DIALOGUE CRITICAL THINKING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA SISWA SMA NEGERI 1 SAWANG


Pengarang

RIVA HUSNIL HARTINAH - Personal Name;

Dosen Pembimbing

Novia Zalmita - 198711152015042002 - Dosen Pembimbing I
Ahmad Nubli Gadeng - 199202082019031010 - Dosen Pembimbing II
Daska Azis - 197701012006041003 - Penguji
Mirza Desfandi - 198212132010121001 - Penguji



Nomor Pokok Mahasiswa

1706101040060

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Geografi (S1) / PDDIKTI : 87202

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Fakultas KIP Pendidikan Geografi., 2024

Bahasa

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)


Riva Husnil Hartinah. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Deep Dialogue Critical Thinking Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Pada Siswa SMA Negeri 1 Sawang
Materi geografi merupakan suatu kumpulan teori yang sistematis, penerapannya secara umum terbatas pada gelaja-gejala alam, lahir dan berkembang melalui metode ilmiah seperti observasi dan eksperimen serta menuntut sikap ilmiah seperti rasa ingin tahu, terbuka, jujur yang sangat berkaitan dengan penerapan berpikir kritis dalam memecahkan suatu masalah. guru geografi di SMA Negeri 1 Sawang masih belum menerapkan model pembelajaran yang berkaitan dalam berpikir kritis dalam pemecahan masalah. Oleh sebab itu, diperlukan adanya penerapan model pembelajaran Deep Dialogue Critical Thinking untuk berfokus pada siswa dalam berpikir kritis untuk memecahkan masalah. Adapun rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana pengaruh model pembelajaran Deep Dialogue Critical Thinking terhadap kemampuan berpikir kritis siswa SMA Negeri 1 Sawang maka tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Deep dialogue Critical Thinking terhadap kemampuan berpikir kritis siswa SMA Negeri 1 Sawang. Metode penelitian yang digunakan dengan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian pre-eksperimen. Populasi pada penelitian ini berjumlah 17 siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 1 sawang. Pengumpulan dilakukan dengan menggunakan tes essay. Hasil penelitain menunjukkan berdasarkan nilai rata-rata pre-test = 42,3 dan nilai rata-rata post-test = 71,67 dengan uji-t diperoleh ttabel = 1,69 dan thitung = 209,7. Berdasarkan nilai thitung dan ttabel diketahui bahwa thitung > ttabel sehingga Ha diterima. Oleh karena itu menunujukkan bahwa model pembelajaran Deep Dialogue Critical Thinking berpengaruh terhadap berpikir kritis pada siswa SMA Negeri 1 Sawang.
Kata kunci : Pengaruh, Deep Dialogue Critical Thinking, Berpikir Kritis

Riva Husnil Hartinah. (2024). The Influence of the Deep Dialogue Critical Thinking Learning Model on Critical Thinking Ability in Sawang 1 Public High School Students Geographic material is a systematic collection of theories, its application is generally limited to natural phenomena, born and developed through scientific methods such as observation and experimentation and demands scientific attitudes such as curiosity, openness, honesty which are closely related to the application of critical thinking in solving problems. a problem. Geography teachers at SMA Negeri 1 Sawang still have not implemented learning models related to critical thinking in problem solving. Therefore, it is necessary to apply the Deep Dialogue Critical Thinking learning model to focus on students in thinking critically to solve problems. The problem formulation in this research is how the Deep Dialogue Critical Thinking learning model influences the critical thinking abilities of students at SMA Negeri 1 Sawang. So the aim of this research is to determine the influence of the Deep Dialogue Critical Thinking learning model on the critical thinking abilities of students at SMA Negeri 1 Sawang. The research method used is a quantitative approach with a pre-experimental research type. The population in this study was 17 students in class XI IPS at SMA Negeri 1 Sawang. Collection is carried out using an essay test. The research results show that based on the average pre-test value = 42.3 and the average post-test value = 71.67 with the t-test, ttable = 1.69 and tcount = 209.7. Based on the tcount and ttable values, it is known that tcount > ttable so that Ha is accepted. Therefore, it shows that the Deep Dialogue Critical Thinking learning model has an influence on critical thinking in students at SMA Negeri 1 Sawang. Keywords: Influence, Deep Dialogue Critical Thinking, Critical Thinking

Citation



    SERVICES DESK