PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TREFFINGER TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA SMA NEGERI 1 KRUENG BARONA JAYA PADA MATERI PERSEBARAN FLORA DAN FAUNA INDONESIA | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TREFFINGER TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA SMA NEGERI 1 KRUENG BARONA JAYA PADA MATERI PERSEBARAN FLORA DAN FAUNA INDONESIA


Pengarang

RIZKY TRIMUNANDAR - Personal Name;

Dosen Pembimbing

Abdul Wahab - 195912311988031017 - Dosen Pembimbing I
Cut Vita Rajiatul Jummi - 199101182019032021 - Dosen Pembimbing II



Nomor Pokok Mahasiswa

1706101040047

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Geografi (S1) / PDDIKTI : 87202

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Fakultas KIP., 2024

Bahasa

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Pengembangan potensi siswa menjadi manusia yang memiliki pemikiran kreatif haruslah menjadi fokus dalam pembelajaran. Dari hasil observasi tindakan awal yang dilakukan dengan guru geografi di SMA Negeri 1 Krueng Barona Jaya mengatakan bahwa siswa kelas XI IPS memiliki kemampuan berpikir kreatif yang masih rendah. Dilihat dari rendahnya tingkat pemahaman siswa dalam menganalisi suatu masalah, kurang berpartisipasi dalam membuat kesimpulan dan siswa kurang aktif dalam pembelajaran yang sedang berlansung. Oleh sebab itu dalam mengembangkan kemampuan untuk mendukung siswa berpikir kreatif serta mampu memecahkan permasalahan dengan menggunakan metode pembelajaran treffinger. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh positif model pembelajaran treffinger terhadap kemampuan berpikir kreatif Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Krueng Barona Jaya pada materi persebaran flora dan fauna Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperiment dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Sampel penelitian penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Krueng Barona Jaya. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling yaitu kelas XI IPS 1 dan kelas XI IPS 2. Pengumpulan data menggunakan tes esai. Teknik analisis data yang digunakan berupa analisis kemampuan awal, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Pengujian hipotesis menggunakan uji-t dengan taraf signifikansi 5%. Dari hasil uji-t diperoleh thitung > ttabel yaitu 2,07 > 1,69. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif penerapan model pembelajaran treffinger terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Krueng Barona Jaya pada materi Persebaran Flora dan Fauna Indonesia.

Kata Kunci : Treffinger, Kemampuan Berpikir Kreatif, Persebaran Flora dan Fauna Indonesia.

Developing students' potential to become humans who have creative thinking must be the focus of learning. From the results of initial action observations carried out with the geography teacher at SMA Negeri 1 Krueng Barona Jaya, it was said that class XI IPS students had low creative thinking abilities. Judging from the low level of students' understanding in analyzing a problem, they do not participate enough in making conclusions and students are less active in ongoing learning. Therefore, in developing the ability to support students to think creatively and be able to solve problems using the treffinger learning method. The aim of this research is to determine the positive influence of the Treffinger learning model on the creative thinking abilities of Class XI IPS students at SMA Negeri 1 Krueng Barona Jaya on the distribution of Indonesian flora and fauna. This research uses a quantitative approach with a quasi-experimental research type with a nonequivalent control group design. The research sample for this research was class XI students of SMA Negeri 1 Krueng Barona Jaya. Sampling used purposive sampling technique, namely class XI IPS 1 and class XI IPS 2. Data collection used essay tests. The data analysis techniques used are initial ability analysis, normality test, homogeneity test, and hypothesis test. Hypothesis testing uses the t-test with a significance level of 5%. From the results of the t-test, tcount > ttable, namely 2.07 > 1.69. It can be concluded that there is a positive influence of the application of the treffinger learning model on the creative thinking abilities of class XI IPS students at SMA Negeri 1 Krueng Barona Jaya on the material Distribution of Indonesian Flora and Fauna. Keywords: Treffinger, Creative Thinking Ability, Distribution of Indonesian Flora and Fauna.

Citation



    SERVICES DESK