Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
LAPORAN KERJA PRAKTEK
PEMBUATAN GAME 3D PETUALANGAN MATEMATIKA EDUKASI MENGGUNAKAN SOFTWARE UNITY
Pengarang
Dziya Ulhaq Defa - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Nomor Pokok Mahasiswa
2108001010017
Fakultas & Prodi
Fakultas MIPA / Manajemen Informatika (D3) / PDDIKTI : 57401
Penerbit
Banda Aceh : Fakultas MIPA (D3)., 2024
Bahasa
Indonesia
No Classification
371.33
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
PEMBUATAN GAME 3D PETUALANGAN MATEMATIKA EDUKASI MENGGUNAKAN SOFTWARE UNITY
ABSTRAK
Di zaman digital yang sedang berlangsung saat ini, pendidikan semakin banyak
mengalami transformasi melalui integrasi teknologi dalam proses pembelajaran. Game
edukatif terbukti efektif dalam meningkatkan minat belajar dan pemahaman konsep.
Game ini adalah petualangan matematika interaktif yang dimulai dengan tampilan
main menu yang mencakup opsi "Start", "Instruction", dan "Quit". Pemain
mengendalikan karakter utama yang terperangkap di hutan dan harus berinteraksi
dengan berbagai NPC (Non-playable Character) untuk menemukan jalan keluar.
Setiap NPC memberikan tantangan matematika yang harus diselesaikan untuk
mendapatkan petunjuk penting atau objek lainnya. Pemain juga harus mengumpulkan
tiga batu angka yang tersembunyi di lokasi seperti gua, gunung, dan air terjun, dan
menyelesaikan tugas akhir untuk membuka portal dan keluar dari hutan. Game ini
menggabungkan elemen edukatif dan hiburan, mendorong pemain untuk
meningkatkan keterampilan matematika mereka melalui petualangan yang menantang
dan menarik. Dengan demikian, game ini diharapkan dapat memberikan kontribusi
positif dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan di era digital.
Kata kunci : Game edukatif, petualangan matematika, NPC (Non-playable Character),
tantangan matematika, Batu angka tersembunyi
DEVELOPMENT OF 3D EDUCATIONAL ADVENTURE MATHEMATICS GAME USING UNITY SOFTWARE ABSTRACT In today's digital era, education is increasingly undergoing transformation through the integration of technology in the learning process. Educational games have proven to be effective in enhancing interest in learning and understanding concepts. This game is an interactive math adventure that begins with a main menu featuring "Start," "Instruction," and "Quit" options. Players control a main character trapped in a forest and must interact with various NPCs (Non-playable Characters) to find a way out. Each NPC provides math challenges that must be solved to obtain crucial clues or other items. Players also need to collect three number stones hidden in locations such as caves, mountains, and waterfalls, and complete a final task to open a portal and exit the forest. This game combines educational and entertainment elements, encouraging players to improve their math skills through a challenging and engaging adventure. Thus, this game is expected to make a positive contribution to improving the quality of education in the digital era. Keywords: Educational game, math adventure, NPC (Non-Playable Character), math Challenges, hidden number stones
PEMBUATAN GAME 3D PETUALANGAN MATEMATIKA EDUKASI MENGGUNAKAN SOFTWARE UNITY (Dziya Ulhaq Defa, 2024)
PENGEMBANGAN SERIOUS GAME “MRG BRIDGE” SEBAGAI PENERAPAN DARI KONSEP EULERIAN CIRCUIT DENGAN TAMPILAN TEKNOLOGI GRAFIK 3D (ALINA DWI IKNATIA, 2019)
PEBUATAN GAME DRAG AND DROP MENCOCOKKAN NAMA HEWAN MENGGUNAKAN SOFTWARE UNITY 3D (Ulil Azmi, 2023)
THE IMPLEMENTATION OF CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) THROUGH COMPUTER ASSISTANCE IN TEACHING READING COMPREHENSION (Nurhafnita, 2021)
TECHNIQUES IN TEACHING ENGLISH FOR ESP STUDENTS (A DESCRIPTIVE STUDY AT STATE POLYTECHNIC LHOKSEUMAWE) (FATMAWATI, 2018)