PEMBUATAN GAME 3D PETUALANGAN MATEMATIKA EDUKASI MENGGUNAKAN SOFTWARE UNITY | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    LAPORAN KERJA PRAKTEK

PEMBUATAN GAME 3D PETUALANGAN MATEMATIKA EDUKASI MENGGUNAKAN SOFTWARE UNITY


Pengarang

Dziya Ulhaq Defa - Personal Name;

Dosen Pembimbing

Junidar - 197806102006042001 - Dosen Pembimbing I
Muslim - 197311181999031001 - Dosen Pembimbing II
Husaini - 198806242022031006 - Penguji



Nomor Pokok Mahasiswa

2108001010017

Fakultas & Prodi

Fakultas MIPA / Manajemen Informatika (D3) / PDDIKTI : 57401

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas MIPA (D3)., 2024

Bahasa

Indonesia

No Classification

371.33

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

PEMBUATAN GAME 3D PETUALANGAN MATEMATIKA EDUKASI MENGGUNAKAN SOFTWARE UNITY

ABSTRAK
Di zaman digital yang sedang berlangsung saat ini, pendidikan semakin banyak
mengalami transformasi melalui integrasi teknologi dalam proses pembelajaran. Game
edukatif terbukti efektif dalam meningkatkan minat belajar dan pemahaman konsep.
Game ini adalah petualangan matematika interaktif yang dimulai dengan tampilan
main menu yang mencakup opsi "Start", "Instruction", dan "Quit". Pemain
mengendalikan karakter utama yang terperangkap di hutan dan harus berinteraksi
dengan berbagai NPC (Non-playable Character) untuk menemukan jalan keluar.
Setiap NPC memberikan tantangan matematika yang harus diselesaikan untuk
mendapatkan petunjuk penting atau objek lainnya. Pemain juga harus mengumpulkan
tiga batu angka yang tersembunyi di lokasi seperti gua, gunung, dan air terjun, dan
menyelesaikan tugas akhir untuk membuka portal dan keluar dari hutan. Game ini
menggabungkan elemen edukatif dan hiburan, mendorong pemain untuk
meningkatkan keterampilan matematika mereka melalui petualangan yang menantang
dan menarik. Dengan demikian, game ini diharapkan dapat memberikan kontribusi
positif dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan di era digital.

Kata kunci : Game edukatif, petualangan matematika, NPC (Non-playable Character),
tantangan matematika, Batu angka tersembunyi

DEVELOPMENT OF 3D EDUCATIONAL ADVENTURE MATHEMATICS GAME USING UNITY SOFTWARE ABSTRACT In today's digital era, education is increasingly undergoing transformation through the integration of technology in the learning process. Educational games have proven to be effective in enhancing interest in learning and understanding concepts. This game is an interactive math adventure that begins with a main menu featuring "Start," "Instruction," and "Quit" options. Players control a main character trapped in a forest and must interact with various NPCs (Non-playable Characters) to find a way out. Each NPC provides math challenges that must be solved to obtain crucial clues or other items. Players also need to collect three number stones hidden in locations such as caves, mountains, and waterfalls, and complete a final task to open a portal and exit the forest. This game combines educational and entertainment elements, encouraging players to improve their math skills through a challenging and engaging adventure. Thus, this game is expected to make a positive contribution to improving the quality of education in the digital era. Keywords: Educational game, math adventure, NPC (Non-Playable Character), math Challenges, hidden number stones

Citation



    SERVICES DESK