Penggunaan Media Kartu dalam Pembelajaran Menulis Pantun Di Kelas VII SMP Negeri 1 Panton Reu Aceh Barat | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

Penggunaan Media Kartu dalam Pembelajaran Menulis Pantun Di Kelas VII SMP Negeri 1 Panton Reu Aceh Barat


Pengarang

Nofiani - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

0806102010076

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1) / PDDIKTI : 88201

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan., 2013

Bahasa

Indonesia

No Classification

371.33

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK

Kata Kunci : media kartu, pembelajaran menulis pantun

Penelitian ini berjudul “Penggunaan Media Kartu dalam Pembelajaran Menulis Pantun di Kelas VII SMP Negeri 1 Panton Reu Aceh Barat”, mengkaji masalah penggunaan media kartu dalam pembelajaran menulis pantun. Rumusan masalahnya adalah (1) Bagaimanakah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) penggunaan media kartu dalam pembelajaran menulis pantun di kelas VII SMP Negeri 1 Panton Reu Aceh Barat, (2) Bagaimanakah penggunaan media kartu dalam pembelajaran menulis pantun di kelas VII SMP Negeri 1 Panton Reu Aceh Barat, (3) Bagaimanakah evaluasi kegiatan pembelajaran dengan penggunaan media kartu dalam pembelajaran menulis pantun di kelas VII SMP Negeri 1 Panton Reu Aceh Barat. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan wawancara. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan analisis kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah guru bahasa Indonesia SMP Negeri 1 Panton Reu Aceh Barat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru telah membuat RPP untuk pembelajaran menulis pantun dengan media kartu. RPP yang dibuat guru belum seluruhnya sesuai dengan standar pembuatan RPP. Guru tidak membuat indikator pembelajaran dalam RPP. Pembelajaran menulis pantun dengan menggunakan media kartu berjalan dengan terorganisasi dan telah sesuai dengan RPP yang telah dibuat guru serta dapat membuat siswa menjadi aktif dan antusias dalam proses pembelajaran menulis pantun. Evaluasi yang dilakukan guru dalam pembelajaran menulis pantun dengan menggunakan media kartu melipui evaluasi proses dan evaluasi hasil belajar. Evaluasi proses yang dilakukan guru mencakup ketekunan siswa, keberanian, rasa tanggung jawab, rasa hormat dan perhatian, dapat dipercaya, dan kerja individu untuk melaksanakan tugas yang diberikan. Evaluasi hasil belajar diberikan guru dalam bentuk tes yakni berupa soal yang harus dikerjakan secara individu.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK