Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
SKRIPSI
Penggunaan Media Kartu dalam Pembelajaran Menulis Pantun Di Kelas VII SMP Negeri 1 Panton Reu Aceh Barat
Pengarang
Nofiani - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Nomor Pokok Mahasiswa
0806102010076
Fakultas & Prodi
Fakultas KIP / Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1) / PDDIKTI : 88201
Kata Kunci
Penerbit
Banda Aceh : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan., 2013
Bahasa
Indonesia
No Classification
371.33
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
ABSTRAK
Kata Kunci : media kartu, pembelajaran menulis pantun
Penelitian ini berjudul “Penggunaan Media Kartu dalam Pembelajaran Menulis Pantun di Kelas VII SMP Negeri 1 Panton Reu Aceh Barat”, mengkaji masalah penggunaan media kartu dalam pembelajaran menulis pantun. Rumusan masalahnya adalah (1) Bagaimanakah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) penggunaan media kartu dalam pembelajaran menulis pantun di kelas VII SMP Negeri 1 Panton Reu Aceh Barat, (2) Bagaimanakah penggunaan media kartu dalam pembelajaran menulis pantun di kelas VII SMP Negeri 1 Panton Reu Aceh Barat, (3) Bagaimanakah evaluasi kegiatan pembelajaran dengan penggunaan media kartu dalam pembelajaran menulis pantun di kelas VII SMP Negeri 1 Panton Reu Aceh Barat. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan wawancara. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan analisis kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah guru bahasa Indonesia SMP Negeri 1 Panton Reu Aceh Barat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru telah membuat RPP untuk pembelajaran menulis pantun dengan media kartu. RPP yang dibuat guru belum seluruhnya sesuai dengan standar pembuatan RPP. Guru tidak membuat indikator pembelajaran dalam RPP. Pembelajaran menulis pantun dengan menggunakan media kartu berjalan dengan terorganisasi dan telah sesuai dengan RPP yang telah dibuat guru serta dapat membuat siswa menjadi aktif dan antusias dalam proses pembelajaran menulis pantun. Evaluasi yang dilakukan guru dalam pembelajaran menulis pantun dengan menggunakan media kartu melipui evaluasi proses dan evaluasi hasil belajar. Evaluasi proses yang dilakukan guru mencakup ketekunan siswa, keberanian, rasa tanggung jawab, rasa hormat dan perhatian, dapat dipercaya, dan kerja individu untuk melaksanakan tugas yang diberikan. Evaluasi hasil belajar diberikan guru dalam bentuk tes yakni berupa soal yang harus dikerjakan secara individu.
Tidak Tersedia Deskripsi
THE INFLUENCE OF LEARNING ENGLISH AT ELEMENTARY SCHOOL TO GET GOOD WRITING PERFORMANCE OF JUNIOR HIGH SCHOOL STUDENTS (A CASE STUDY OF SECOND YEAR STUDENTS AT SMPN I JANTHO) (Nira Erdiana, 2021)
THE USE OF VIDEO-BASED LEARNING FOR THE IMPROVEMENT OF STUDENTS’ WRITING ACHIEVEMENT (Riski Agustina, 2014)
KEMAMPUAN SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 BAKONGAN TIMUR MENULIS PANTUN (Mardiani, 2013)
KEMAMPUAN SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 SAMPOINIET MENULIS PANTUN DALAM BAHASA ACEH (Maisarah, 2014)
THE IMPLEMENTATION OF CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TO IMPROVE WRITING SKILL IN DESCRIPTIVE TEXT (Budiman, 2021)