PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI PENYAJIAN DATA MELALUI MODEL LEARNING CYCLE 5E (LC5E) DI SMPN 8 BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI PENYAJIAN DATA MELALUI MODEL LEARNING CYCLE 5E (LC5E) DI SMPN 8 BANDA ACEH


Pengarang

Noor Haslinda - Personal Name;

Dosen Pembimbing

Anwar - 196603221991021001 - Dosen Pembimbing I
Usman - 197412312001121003 - Dosen Pembimbing II
M. Hasbi - 196207091989031002 - m.hasbi@fkip.unsyiah.ac.id - - - Penguji
Bintang Zaura - 196311091991032001 - Penguji



Nomor Pokok Mahasiswa

1706103020010

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Matematika (S1) / PDDIKTI : 84202

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Fakultas FKIP., 2024

Bahasa

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Noor Haslinda. (2024). Pembelajaran Matematika Materi Penyajian Data melalui Model Learning Cycle 5E (LC5E) di SMPN 8 Banda Aceh. [Skripsi. Universitas Syiah Kuala]. Dibawah bimbingan Dr. Drs. Anwar, M.Pd., dan Dr. Usman, S.Pd., M.Pd.

Rendahnya ketuntasan belajar siswa pada materi penyajian data merupakan fenomena yang ditemukan oleh banyak guru. Salah satu model pembelajaran yang diterapkan untuk mencapai ketuntasan belajar pada materi penyajian data adalah Model Learning Cycle 5E (LC5E). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketuntasan belajar pada pembelajaran matematika materi penyajian data melalui model LC5E di SMPN 8 Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis Pre-Experiment Desain bentuk one shot study case. Populasi penelitian merupakan seluruh siswa kelas VII SMPN 8 Banda Aceh, melalui teknik purposive sampling didapatkan sampel seluruh siswa kelas VII-7 sebanyak 27 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan posttest dan dianalisis menggunakan uji t. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh bahwa nilai t hitung > t tabel yaitu 5,91 > 2,02. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika materi penyajian data melalui Model LC5E di SMPN 8 Banda Aceh mencapai ketuntasan belajar. Peneliti berharap penelitian ini dapat dilanjutkan dan dikembangkan dengan lebik baik dan kreatif pada konsep-konsep matematika lainnya.

Kata kunci: Ketuntasan Belajar, Model Learning Cycle 5E, Penyajian Data.

Noor Haslinda. (2024). Mathematics Learning of Data Presentation Material through the Learning Cycle 5E (LC5E) Model at SMPN 8 Banda Aceh. [Thesis. Syiah Kuala University]. Under the direction of Dr. Drs. Anwar, M.Pd., and Dr. Usman, S.Pd., M.Pd. The low level of student mastery of learning in data presentation material is a phenomenon found by many teachers. One learning model that can be applied to achieve mastery of learning in data presentation material is the Learning Cycle 5E (LC5E) Model. This research aims to determine the mastery of learning in mathematics learning of data presentation material through the LC5E model at SMPN 8 Banda Aceh. This research is based on a quantitative approach type Pre-Experiment Design in the form of a one-shot study case. The research population was all students of class VII at SMPN 8 Banda Aceh. The sample is all of the students of class VII-7 who obtained as many as 27 students through a purposive sampling technique. The data collection technique was done by giving a post-test and was analyzed by the t-test. Based on the results of data analysis, it was found that the value of t count > t table which is 5,91 > 2,02. So, it can be concluded that mathematics learning of data presentation material through the LC5E Model at SMPN 8 Banda Aceh achieves mastery of learning. Researcher hope this research can be continued and developed better and more creatively on other mathematical concepts. Keywords: Data Presentation, Learning Cycle 5E Model, Mastery of Learning.

Citation



    SERVICES DESK