KOMPETENSI KEPALA SEKOLAH SEBAGAI SUPERVISOR DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI SD RNNEGERI GEUMPANG KABUPATEN PIDIE | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    THESES

KOMPETENSI KEPALA SEKOLAH SEBAGAI SUPERVISOR DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI SD RNNEGERI GEUMPANG KABUPATEN PIDIE


Pengarang

ASMAUL HUSNA - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1209200050008

Fakultas & Prodi

Fakultas Pasca Sarjana / Administrasi Pendidikan (S2) / PDDIKTI : 86104

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Pasca Sarjana., 2014

Bahasa

Indonesia

No Classification

371.200 92

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

KOMPETENSI KEPALA SEKOLAH SEBAGAI SUPERVISOR DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI SD
NEGERI GEUMPANG KABUPATEN PIDIE

Oleh : Asmaul Husna
NIM : 1209200050008

Komisi Pembimbing:
1. Prof. Dr. Murniati. AR, M. Pd
2. Dr. Niswanto, M. Pd

ABSTRAK

Kegiatan supervisi pengajaran sangat penting dilakukan dalam rangka menertibkan administrasi, peningkatan kualitas pengelolaan proses pembelajaran, serta peningkatan kualitas kinerja guru, sehingga tujuan pembelajaran yang diharapkan dapat tercapai sesuai dengan tujuan yang ditetapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui program kerja kepala sekolah dalam melaksanakan supervisi pengajaran, tehnik supervisi pengajaran yang dilakukan oleh kepala sekolah, kendala kepala sekolah sebagai supervisor dalam meningkatkan kinerja guru, dan tindak lanjut kepala sekolah dalam meningkatkan supervisi pengajaran. Untuk mencapai tujuan tersebut, penelitian ini mengunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Prosedur analisis data adalah reduksi data, display data, dan verifikasi. Sedangkan subjek penelitian adalah ketua komite sekolah, kepala sekolah, wakil kepala sekolah, dan guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Program kerja kepala sekolah dalam melaksanakan supervisi pengajaran memiliki rancangan kegiatan untuk jangka waktu satu tahun ke depan dan dirumuskan kembali di tahun yang akan datang; (2) Teknik supervisi pengajaran yang dilakukan oleh kepala sekolah dilakukan dengan pendekatan langsung dan tidak langsung; (3) Kendala yang dihadapi kepala sekolah sebagai supervisor dalam meningkatkan kinerja guru antara lain sedikitnya waktu yang dimiliki oleh kepala sekolah sehingga pelaksanaan supervisi sulit untuk diagendakan, lebih memperhatikan pada aspek psikologis guru, sehingga pelaksanaan supervisi pengajaran disesuaikan dengan kondisi guru, dan perilaku guru sangat variatif dan menyulitkan kepala sekolah menyesuaikan dengan keadaan sekolah; dan (4) Tindak lanjut kepala sekolah dalam meningkatkan supervisi pengajaran dilakukan dengan cara melaksanakan kegiatan supervisi pengajaran sesuai dengan perencanaan kerja yang tepat sasaran dan tidak terkendala dengan kegiatan rutin kepala sekolah, mengupayakan strategi pelaksanaan supervisi pengajaran dengan strategi yang baik, dan menyesuaikan teknik pelaksanaan supervisi pengajaran dengan perilaku guru-guru di sekolah.

Kata kunci: Kompetensi Kepala Sekolah, Supervisi Pengajaran, dan Kinerja Guru


Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK