PERAN GURU PENGGERAK DALAM PROGRAM MERDEKA BELJAR DI SD NEGERI 2 MEUREUDU | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

PERAN GURU PENGGERAK DALAM PROGRAM MERDEKA BELJAR DI SD NEGERI 2 MEUREUDU


Pengarang

MAULIDANI PUTRI - Personal Name;

Dosen Pembimbing

Sulaiman - 195904131988031001 - Dosen Pembimbing I
Tursinawati - 198312122015042001 - Dosen Pembimbing II



Nomor Pokok Mahasiswa

2006104040095

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) / PDDIKTI : 86206

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Fakultas KIP Pendidikan Guru Sekolah Dasar.,

Bahasa

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Maulidani Putri (2024). Peran Guru Penggerak Dalam Program Merdeka Belajar di SD Negeri 2 Meureudu.
Guru penggerak diharapkan dapat menjadi peran penting dalam pencapaian membangun program merdeka belajar dalam menggerakkan sekolah. Pada program merdeka belajar guru diharapkan dapat memimpin inovasi pembelajaran sesuai dengan kebutuhan siswa, memanfaatkan teknologi dalam pembelajaran, mengembangkan kreativitas siswa, dan berkolaborasi antar guru dan pihak terkait untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Namun tidak semua guru memiliki pemahaman yang mendalam untuk mengimplementasikan program merdeka belajar yang efektif di sekolah. Guru penggerak memiliki pengetahuan dan pelatihan yang cukup dalam membimbing dan mendukung program merdeka belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru penggerak dalam program merdeka belajar di SD Negeri 2 Meureudu. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru penggerak dalam program merdeka belajar pada seluruh aspeknya yaitu mendorong peningkatan kepemimpinan siswa, mengelola pembelajaran dengan teknologi, menjadi penggerak komunitas belajar, menjadi pendamping pengembangan pembelajaran, dan membuka ruang diskusi dan kolaborasi di SD tersebut terlaksana dengan baik. Dengan demikian dapat disimpulkan peran guru penggerak dalam program merdeka belajar pada seluruh aspeknya berada pada kategori terlaksana dengan baik.
Kata Kunci: peran guru penggerak, program merdeka belajar

Maulidani Putri (2024). The Role of Driving Teachers in the Independent Learning Program at SD Negeri 2 Meureudu. It is hoped that driving teachers can play an important role in achieving the development of an independent learning program in moving schools. In the independent learning program, teachers are expected to be able to lead learning innovations according to student needs, utilize technology in learning, develop student creativity, and collaborate between teachers and related parties to improve the quality of learning. However, not all teachers have a deep understanding of implementing an effective independent learning program in schools. Driving teachers have sufficient knowledge and training to guide and support independent learning programs. This research aims to determine the role of driving teachers in the independent learning program at SD Negeri 2 Meureudu. The approach used in this research is a qualitative approach with descriptive research type. Based on the research results, it shows that the role of driving teachers in the independent learning program in all aspects, namely encouraging increased student leadership, managing learning with technology, being a driving force for the learning community, being a companion for learning development, and opening up space for discussion and collaboration in the elementary school is being implemented well. Thus, it can be concluded that the role of driving teachers in the independent learning program in all its aspects is in the well implemented category. Keywords: role of driving teacher, independent learning program

Citation



    SERVICES DESK