Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
SKRIPSI
PERAN GURU PENGGERAK DALAM PROGRAM MERDEKA BELJAR DI SD NEGERI 2 MEUREUDU
Pengarang
MAULIDANI PUTRI - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Sulaiman - 195904131988031001 - Dosen Pembimbing I
Tursinawati - 198312122015042001 - Dosen Pembimbing II
Nomor Pokok Mahasiswa
2006104040095
Fakultas & Prodi
Fakultas KIP / Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) / PDDIKTI : 86206
Subject
Kata Kunci
Penerbit
Banda Aceh : Fakultas KIP Pendidikan Guru Sekolah Dasar.,
Bahasa
No Classification
-
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
Maulidani Putri (2024). Peran Guru Penggerak Dalam Program Merdeka Belajar di SD Negeri 2 Meureudu.
Guru penggerak diharapkan dapat menjadi peran penting dalam pencapaian membangun program merdeka belajar dalam menggerakkan sekolah. Pada program merdeka belajar guru diharapkan dapat memimpin inovasi pembelajaran sesuai dengan kebutuhan siswa, memanfaatkan teknologi dalam pembelajaran, mengembangkan kreativitas siswa, dan berkolaborasi antar guru dan pihak terkait untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Namun tidak semua guru memiliki pemahaman yang mendalam untuk mengimplementasikan program merdeka belajar yang efektif di sekolah. Guru penggerak memiliki pengetahuan dan pelatihan yang cukup dalam membimbing dan mendukung program merdeka belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru penggerak dalam program merdeka belajar di SD Negeri 2 Meureudu. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru penggerak dalam program merdeka belajar pada seluruh aspeknya yaitu mendorong peningkatan kepemimpinan siswa, mengelola pembelajaran dengan teknologi, menjadi penggerak komunitas belajar, menjadi pendamping pengembangan pembelajaran, dan membuka ruang diskusi dan kolaborasi di SD tersebut terlaksana dengan baik. Dengan demikian dapat disimpulkan peran guru penggerak dalam program merdeka belajar pada seluruh aspeknya berada pada kategori terlaksana dengan baik.
Kata Kunci: peran guru penggerak, program merdeka belajar
Maulidani Putri (2024). The Role of Driving Teachers in the Independent Learning Program at SD Negeri 2 Meureudu. It is hoped that driving teachers can play an important role in achieving the development of an independent learning program in moving schools. In the independent learning program, teachers are expected to be able to lead learning innovations according to student needs, utilize technology in learning, develop student creativity, and collaborate between teachers and related parties to improve the quality of learning. However, not all teachers have a deep understanding of implementing an effective independent learning program in schools. Driving teachers have sufficient knowledge and training to guide and support independent learning programs. This research aims to determine the role of driving teachers in the independent learning program at SD Negeri 2 Meureudu. The approach used in this research is a qualitative approach with descriptive research type. Based on the research results, it shows that the role of driving teachers in the independent learning program in all aspects, namely encouraging increased student leadership, managing learning with technology, being a driving force for the learning community, being a companion for learning development, and opening up space for discussion and collaboration in the elementary school is being implemented well. Thus, it can be concluded that the role of driving teachers in the independent learning program in all its aspects is in the well implemented category. Keywords: role of driving teacher, independent learning program
ANALISIS KENDALA GURU DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DI SD NEGERI 2 MEUREUDU PIDIE JAYA (NADIA SHAVIRA, 2024)
MANAJEMEN GURU PENGGERAK DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN DI SD NEGERI KABUPATEN BIREUEN (Syukratun Nufus, 2024)
PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENJALANKAN PROGRAM SEKOLAH PENGGERAK DI SMA NEGERI 3 BANDA ACEH (LISA FADILA, 2024)
FUNGSI KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU PENGGERAK DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI SMP NEGERI UNGGUL SIGLI (Nurliza Ismawati, 2025)
PERSEPSI GURU MATEMATIKA TERHADAP IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI SMP NEGERI 3 MONTASIK (Inas Maghfira, 2024)