PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN SOFTWARE GEOGEBRA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    THESES

PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN SOFTWARE GEOGEBRA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP


Pengarang

Firaq Akbar - Personal Name;

Dosen Pembimbing

M. Ikhsan - 196407221989031002 - Dosen Pembimbing I
Mailizar - 198105252006041002 - Dosen Pembimbing II



Nomor Pokok Mahasiswa

2006203020006

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Matematika (S2) / PDDIKTI : 84102

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Program Studi Magister Pendidikan Matematika., 2024

Bahasa

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Firaq Akbar. (2024). Penerapan Model Discovery Learning Berbantuan Software Geogebra untuk
Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP.
Peningkatan kemampuan berpikir kritis merupakan faktor penting terhadap keberhasilan
pembelajaran. Namun, kemampuan berpikir kritis siswa Indonesia masih dalam kategori rendah.
Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan berpikir kritis siswa yaitu melalui
pembelajaran dengan model discovery learning berbantuan software geogebra pada materi
transformasi geometri. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui kemampuan berpikir
kritis siswa dengan menggunakan model discovery learning berbantuan software geogebra, serta
untuk mengetahui interaksi antara pembelajaran dengan level siswa terhadap peningkatan
kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis
penelitian eksperimen. Desain penelitian ini adalah pretest-posttest control group design. Populasi
dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMP Negeri 1 Seunagan tahun pelajaran 2022/2023
dengan sampel penelitian adalah siswa kelas X1 1 dan XI 2 yang dipilih secarak acak. Instrument
penelitian yang digunakan berupa instrument tes subyektif berbentuk essay. Teknik analisis data
dalam penelitian ini menggunakan ANOVA satu jalur dan ANOVA dua jalur. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa yang diajarkan dengan
menggunakan model discovery learning berbantuan software geogebra lebih baik daripada siswa
yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional. Selanjutnya hasil penelitian ini juga
mengidentifikasi bahwa tidak terdapat interaski anatra pembelajaran dengan level siswa terhadap
peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa.
Kata Kunci: Software Geogebra, Kemampuan Berpikir Kritis, Discovery Learning

Firaq Akbar. (2024). Application of the Discovery Learning Model Assisted by Geogebra Software to Improve Junior High School Students' Critical Thinking Ability. Increasing critical thinking skills is an important factor in learning success. However, Indonesian students' critical thinking skills are still in the low category. One effort that can be made to improve students' critical thinking is through learning with the discovery learning model assisted by Geogebra software on geometric transformation material. The aim of this research is to determine students' critical thinking abilities by using the discovery learning model assisted by Geogebra software, as well as to determine the interaction between learning and student level to increase students' critical thinking abilities. This research uses a quantitative approach with an experimental type of research. The design of this research is a pretest-posttest control group design. The population in this study were class The research instrument used was a subjective test instrument in the form of an essay. The data analysis technique in this research uses one-way ANOVA and two-way ANOVA. The results of the research show that the improvement in critical thinking skills of students taught using the discovery learning model assisted by Geogebra software is better than students taught using conventional learning. Furthermore, the results of this research also identified that there was no interaction between learning and student level on increasing students' critical thinking abilities. Keywords: Geogebra Software, Critical Thinking Ability, Discovery Learning

Citation



    SERVICES DESK