PENGARUH MEDIA ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI SIKLUS HIDROLOGI SISWA SMA NEGERI 1 KRUENG BARONA JAYA | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

PENGARUH MEDIA ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI SIKLUS HIDROLOGI SISWA SMA NEGERI 1 KRUENG BARONA JAYA


Pengarang

IRWANSYAH PUTRA BERUTU - Personal Name;

Dosen Pembimbing

Abdul Wahab - 195912311988031017 - Dosen Pembimbing I
Daska Azis - 197701012006041003 - Penguji
Mirza Desfandi - 198212132010121001 - Penguji



Nomor Pokok Mahasiswa

1706101040026

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Geografi (S1) / PDDIKTI : 87202

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Falkultas KIP Pendidikan Geografi., 2024

Bahasa

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK

Irwansyah Putra Berutu (2024). Pengaruh Media Animasi Terhadap Hasil Belajar Materi Siklus Hidrologi Siswa SMA Negeri 1 Krueng Barona jaya.

Pencapaian hasil belajar siswa dapat dipengaruhi oleh media yang digunakan guru dalam proses pembelajaran. Animasi merupakan salah satu media yang dapat digunakan untuk pembelajaran geografi pada materi siklus hidrologi. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru Geografi SMA Negeri 1 Krueng Barona Jaya, diketahui bahwa media animasi belum pernah digunakan pada materi siklus hidrologi. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh Positif penerapan media animasi terhadap hasil belajar materi siklus hidrologi siswa SMA Negeri 1 Krueng Barona Jaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh positif penerapan media animasi terhadap hasil belajar materi siklus hidrologi siswa SMA Negeri 1 Krueng Barona Jaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian desain quasi experimental dengan metode nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Krueng Barona Jaya yang berjumlah 84 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dari tiga kelas X yang tersedia. Sampel penelitian adalah siswa kelas X 1 Teuku Umar (eksperimen) yang berjumlah 29 siswa dan kelas X 2 Malahayati (kontrol) yang berjumlah 27 siswa. Instrumen penelitian ini berupa lembar soal pilihan ganda. Pengumpulan data menggunakan tes berbentuk soal pilihan ganda (multiple choice). Data dianalisis menggunakan uji analisis kemampuan awal, uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Berdasarkan uji hipotesis menggunakan uji-t diperoleh nilai thitung > ttabel atau 3,86 > 1,67 artinya Ha diterima dan H0 ditolak. Disimpulkan terdapat pengaruh positif penerapan media animasi terhadap hasil belajar materi siklus hidrologi siswa SMA Negeri 1 Krueng Barona Jaya.

Kata Kunci: Pengaruh, Media Animasi, Hasil Belajar, Siklus Hidrologi.

ABSTRACT Irwansyah Putra Berutu (2024). The Influence of Animation Media on the Learning Outcomes of Hydrological Cycle Material for Students at SMA Negeri 1 Krueng Barona Jaya. Achievement of student learning outcomes can be influenced by the media used by teachers in the learning process. Animation is one of the media that can be used to learn geography on the hydrological cycle material. Based on the results of observations and interviews with the Geography teacher at SMA Negeri 1 Krueng Barona Jaya, it is known that animation media has never been used in hydrological cycle material. The problem in this research is whether there is a positive influence of the application of animation media on the learning outcomes of hydrological cycle material for students at SMA Negeri 1 Krueng Barona Jaya. This research aims to determine the positive influence of the application of animation media on the learning outcomes of hydrological cycle material for students at SMA Negeri 1 Krueng Barona Jaya. This research uses a quantitative approach with a quasi-experimental design research type with a nonequivalent control group design method. The population of this study was class X SMA Negeri 1 Krueng Barona Jaya, totaling 84 students. Sampling used a purposive sampling technique from the three available X classes. The research sample was class X 1 Teuku Umar (experimental) students, totaling 29 students and class This research instrument is a multiple choice question sheet. Data collection uses tests in the form of multiple choice questions. Data were analyzed using initial ability analysis tests, normality tests, homogeneity tests and hypothesis tests. Based on hypothesis testing using the t-test, the value obtained is tcount > ttable or 3.86 > 1.67, meaning that Ha is accepted and H0 is rejected. It was concluded that there was a positive influence of the application of animation media on the learning outcomes of hydrological cycle material for students at SMA Negeri 1 Krueng Barona Jaya. Keywords: Influence, Animation Media, Learning Outcomes, Hydrological Cycle.

Citation



    SERVICES DESK