IMPLEMENTASI GERAKAN LITERASI TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS IV SDN 2 MATA IE | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

IMPLEMENTASI GERAKAN LITERASI TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS IV SDN 2 MATA IE


Pengarang

USWATUN HASANAH - Personal Name;

Dosen Pembimbing

M. Yamin - 195912311985031025 - Dosen Pembimbing I
Hasniyati - 198801042022032007 - Dosen Pembimbing II



Nomor Pokok Mahasiswa

2006104040119

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) / PDDIKTI : 86206

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Fakultas FKIP.,

Bahasa

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Gerakan literasi merupakan keterampilan yang mencakup membaca, menulis, berbicara dan menyimak. Maka dari itu, kegiatan literasi sangat berhubungan dengan kehidupan sehari-hari, salah satunya pada kegiatan berbicara di lingkungan rumah, sekolah dan lingkungan sekitar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimana implementasi Gerakan Literasi terhadap keterampilan berbicara melalui tahapan pembelajaran siswa kelas IV SDN 2 Mata Ie”. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan Gerakan Literasi terhadap keterampilan berbicara melalui tahap pembelajaran siswa kelas IV SDN 2 Mata Ie. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis pendekatan deskriptif. Penelitian ini dilakukan di SDN 2 Mata Ie dengan subjek 49 siswa, dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan tes. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan kategori keterampilan berbicara siswa. Berdasarkan analisis data, dapat disimpulkan bahwa keterampilan berbicara siswa kelas IV mengenai merangkai cerita berdasarkan gambar kemudian membacakan ceritanya di depan kelas berada pada kategori baik. Dari 49 siswa, terdapat 12 orang berada pada kategori sangat baik, siswa yang berada pada kategori baik berjumlah 19 orang, siswa yang berada pada kategori cukup berjumlah 17 orang, siswa yang berada pada kategori kurang berjumlah 1 orang dan tidak ada yang berada pada kategori gagal.

Literacy movements are skills that include reading, writing, speaking and listening. Therefore, literacy activities are closely related to everyday life, one of which is speaking activities at home, school and the surrounding environment. The formulation of the problem in this research is "How is the implementation of the Literacy Movement towards speaking skills through the learning stages of class IV students at SDN 2 Mata Ie". This research aims to describe the implementation of the Literacy Movement on speaking skills through the learning stages of class IV students at SDN 2 Mata Ie. The approach used in this research is a qualitative approach with a descriptive approach. This research was conducted at SDN 2 Mata Ie with 49 students as subjects, with data collection techniques using observation, interviews and tests. The data obtained was then analyzed using categories of students' speaking skills. Based on data analysis, it can be concluded that fourth grade students' speaking skills regarding composing stories based on pictures and then reading the story in front of the class are in the good category. Of the 49 students, there are 12 people in the very good category, 19 students in the good category, 17 students in the fair category, 1 student in the poor category and no one in the failing category. .

Citation



    SERVICES DESK