PENERAPAN METODE TUTOR SEBAYA DALAM PEMBELAJARAN SENI TARI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN GERAK TARI MEUSAREE-SAREE PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 SABANG | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

PENERAPAN METODE TUTOR SEBAYA DALAM PEMBELAJARAN SENI TARI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN GERAK TARI MEUSAREE-SAREE PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 SABANG


Pengarang

Rayda Muna Sharah - Personal Name;

Dosen Pembimbing

Tengku Hartati - 197108122006042001 - Dosen Pembimbing I
Nurlaili - 197506102006042001 - Dosen Pembimbing II
Cut Zuriana - 197801142006042002 - Penguji
Yuli Astuti - 199007202019032019 - Penguji



Nomor Pokok Mahasiswa

1906102030039

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik (S1) / PDDIKTI : 88209

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Fakultas FKIP., 2024

Bahasa

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK


Penelitian yang berjudul “Penerapan Metode Tutor Sebaya Dalam Pembelajaran Seni Tari Untuk Meningkatkan Kemampuan Gerak Tari Meusaree-Saree Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Sabang”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan metode tutor sebaya terhadap peningkatakan pembelajaran seni tari tradisional siswa kelas VII SMP 1 Sabang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak lima puluh sembilan orang siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil observasi aktivitas belajar siswa, pre-test, post-test, dan nilai statistik uji wilcoxon, diketahui Asympd. Sig. (2-tailed) kelas eskperimen 0,000 dan nilai Asymp. Sig (2-tailed) kelas kontrol 0,074. Karena nilai kelas kontrol 0,074 lebih besar dari 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa pada kelas kontrol hipotesis ditolak. Sedangkan pada kelas eksperimen nilai 0,000 lebih kecil dari 0,05 maka hipotesis diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa adanya peningkatan hasil pada kemampuan belajar siswa dengan penerapan metode pembelajaran tutor sebaya di SMP Negeri 1 Sabang.
Kata Kunci: Metode Pembelajaran, Tutor Sebaya, Seni Tari Tradisional

Citation



    SERVICES DESK